Manfaat Daun Kari Untuk Kesehatan Rambut, Obat Diabetes Dan Lambung

Tanaman yang satu ini memang sudah ngga asing lagi buat ibu-ibu yang hobi masak. Dibalik cita rasa yang sedap dalam masakan Kari, ternyata rempah yang digunakan dalam masakan ini mempunyai manfaat daun kari yang luar biasa. Diantaranya untuk mengobati penyakit anemia, diabetes, sakit ginjal, dan penyakit lambung. Tanaman ini mengandung Alkaloid Karbazol yang berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel leukimia atau kanker darah.

Manfaat Daun Kari

Pohon kari ini bahasa latinnya disebut Murraya Koenigii. Penduduk kita akrab memanggilnya pohon daun Kari yang umumnya tumbuh diwilayah tropis dan berasal dari India. Jadi ngga heran, masakan kari terkenal di seluruh wilayah India karena dulu penduduknya membudidayakan tanaman ini.Di Indonesia juga menggunakan daun kari yang bisa kita lihat dalam masakan-masakan tradisional.

Baca juga: 10 Ramuan Tradisional Susah Buang Air Kecil, Pria Wanita


Tanaman kari termasuk jenis pohon kecil yang tumbuh setinggi 4–6 meter. Daun ini berasa aromatik yang bentuknya menyirip, panjang daun sekitar 2-4 cm dan lebar sekitar 1-2 cm. Tanaman ini berbunga putih kecil, kemudian akan membantuk buah berbiji tunggal yang warnanya hitam dan rasanya manis.

Manfaat Daun Kari

Nah, bagaimana cara memanfaatkan daun ini untuk mengobati penyakit atau sekedar menjaga kesehatan tubuh kita? Untuk menyembuhkan penyakit diabetes dan obesitas, caranya dengan merebus kulit batang yang kering dan minum airnya. Tapi cara ini tampaknya kurang efisien yang membuat tanaman Kari berumur singkat. Sebaiknya cukup dengan mengkonsumsi 10 lembar daun Kari setiap hari selama 3 bulan.

Baca juga: Obat Tradisional Sakit Mata Merah, Bengkak Dan Belekan

Buat kalian yang rambutnya kurang subur, ramuan daun kari bisa membantu untuk menyehatkan dan menguatkan rambut. Dipercaya bisa mengatasi ketombe, mencegah uban, mencegah kerontokan rambut dan bercabang. Caranya dengan menghaluskan segenggam daun kari dan dicampur dengan satu sendok makan minyak kelapa. Kemudian daun ini dimasak sampai hangus. Ramuan yang sudah hitam dioleskan ke kepala sehari sekali.

Untuk yang ingin punya momongan, cukup dengan memakan pucuk daun kari sebagai lalapan setiap hari. Dan untuk yang mengalami gangguan perut seperti maag, kembung, cukup dengan meng-ekstrak 10 gram daun kari kedalam air mendidih selama 15 menit. Mirip dengan pembuatan teh, jadi daunnya diiris-iris dulu, diseduh dan diminum selagi hangat. Minuman ini juga bisa meningkatkan nafsu makan, mencegah anemia dan membersihkan ginjal.

Daun Kari ini sudah lama digunakan nenek moyang Asia, terutama dipraktekkan dalam pengobatan Ayurvedic dan Siddha di India. Nah, buat kalian yang menanam daun kari mulai sekarang sudah bisa mensyukuri manfaat daun Kari ini lebih berguna dibandingkan sebelumnya hanya untuk bumbu masakan gulai dan kari.
Manfaat Daun Kari Untuk Kesehatan Rambut, Obat Diabetes Dan Lambung Manfaat Daun Kari Untuk Kesehatan Rambut, Obat Diabetes Dan Lambung Reviewed by Jamaluddin on 5/11/2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.