Obat Tradisional Sakit Mata Merah, Bengkak Dan Belekan

Beberapa orang pernah mengalami sakit mata yang tentunya mengganggu aktifitas sehari-hari. Pada umumnya seseorang akan mengenakan kacamata berwarna untuk melindungi mata dari kotoran. Walaupun pengobatan sakit mata sudah tersedia dalam bentuk obat medis, tetapi bisa juga diatasi secara tradisional. Orang tua kita telah menyiapkan obat tradisional sakit mata merah dan bengkak untuk anak dan dewasa.

Obat Tradisional Sakit Mata Merah, Bengkak

Gangguan pada mata seringkali membuat rasa sakit pada penderitanya. Penyakit ini disebabkan gangguan konjunctivitis, skleritis, uveitis, glaucoma, dan karena serangan serangga. Pada umumnya sakit mata merupakan bentuk gangguan conjunctivitis akibat peradangan atau infeksi pada conjuntiva (selaput mata). Selaput mata tampak transparan yang melapisi bola mata dan kelopak bagian dalam.

Bisa saja sakit mata disebabkan oleh virus yang sangat menular, dan umumnya sembuh dengan sendirinya dengan perawatan sederhana dirumah. Ciri-cirinya, mata akan tampak mengeluarkan cairan bening, dimana kasus ini termasuk gangguan viral conjunctivitis. Ada juga sakit mata yang disebabkan bakteri, bisa saja dibawa melalui hewan peliharaan dan serangga. Jenis sakit mata seperti ini jika dibiarkan bisa menyebabkan penyakit serius dan menular. Ciri-cirinya menghasilkan kerak atau belek berwarna kuning.

Uniknya, beberapa orang mengalami sakit mata karena alergi terhadap sesuatu, misalnya bulu hewan dan serbuk sari. Tetapi penyakit yang tergolong alergi umumnya tidak menular seperti serangan virus dan bakteri. Gejala bisa ditandai dengan rasa gatal pada mata, atau bahkan menyebabkan flu serius. Dan yang terakhir, sakit mata karena iritasi karena unsur tidak sengaja, termasuk akibat serangga. Gejala ini paling cepat sembuh, dimana iritasi terjadi pada selaput mata dan menjaganya agar terhindar dari bakteri.

Obat Tradisional Sakit Mata


Orang tua kita sejak dahulu telah mempersiapkan segala bentu herba untuk pengobatan penyakit ringan hingga penyakit kronis. Ketergantungan akan obat medis tampaknya terus meningkat sehingga resep dan rahasia terdahulu terlupakan. Dalam meracik obat tradisional sakit mata merah dan bengkak tidak terlalu sulit, cukup mempersiapkan herba alami. Salah satunya dengan ramuan herba daun Pegagan (Centella Asiatica).


Tanaman pegagan bersifat manis dan sejuk, digunakan sebagai anti infeksi, anti racun. Efek tanaman dapat menurunkan panas, sebagai asiaticoside dan vellarine. Daun pegagan bersifat sebagai Atringen dan tonikum, dikenal sebagai oabt untuk revitalisasi tubuh dan otak. Juga mampu memperbaiki sirkulasi dengan cara revitalisasi pembuluh darah. 

Adapun cara membuat obat tradisional sakit mata merah, bengkak, dan belekan dari tanaman pegagan sebagai berikut:
  1. Ambil segenggam daun pegagan yang masih segar.
  2. Cuci bersih dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel.
  3. Haluskan herba ini, kemudian saring airnya.
  4. Gunakan air yang telah disaring halus untuk diteteskan pada mata.
  5. Lakukan pengobatan rutin 3-4 kali sehari hingga sembuh.


Tak jarang sakit mata yang diderita mengalami pembengkakan karena tidak menjaga kebersihan. Perawatan sakit mata karena virus dan bakteri harus rajin dibersihkan, jika tidak mata akan membengkak dan sakit. Ramuan ini bisa digunakan untuk anak dan dewasa tanpa efek samping.

Referensi

Pharmacological Review on Centella Asiatica: A Potential Herbal Cure-all. Indian J Pharm Sci, 2010.
Obat Tradisional Sakit Mata Merah, Bengkak Dan Belekan Obat Tradisional Sakit Mata Merah, Bengkak Dan Belekan Reviewed by Musa Al-Khawarizmi on 4/19/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.