Obat Tradisional Sakit Kuning Untuk Dewasa Dan Anak



Masyarakat umumya menyebut penyakit kuning, dalam bahasa medis disebut hepatitis. Sakit kuning merupakan radang pada jaringan hati, dimana penderita bisa saja tidak merasakan gejalanya. Gejala pada umumnya akan tampak pada perubahan warna kuning pada kulit dan mata berwarna putih. Walaupun sudah banyak obat-obatan medis, beberapa orang masih memilih untuk menggunakan obat tradisional sakit kuning pada orang dewasa dan anak-anak.


Gajala sakit kuning mudah dirasakan, diantaranya kurang nafsu makan, muntah dan sering lelah, bahkan sakit perut ataupun diare. Sakit kuning bisa saja bersifat sementara ataupun berakibat kronis, ada pula dalam jangka panjang. Beberapa orang diantaranya bisa sembuh sendiri tanpa perlu pengobatan maksimal. Tetapi jika dibiarkan berlarut-larut, sakit kuning bisa menjadi hepatitis kronis. Paling sering mengakibatkan gagal hati yang dapat berkembang menjadi jaringan parut hati dan kanker.

Mengapa seseorang bisa mengidap penyakit kuning? Bebebapa penyebabnya karena virus dan terlalu banyak mengkonsumsi alkohol. Juga dapat disebabkan oleh obat-obatan, toksin dan infeksi, penyakit autoimun, steatohepatitis non-alkohol. Sebagian orang tidak menyadari munculnya sakit kuning, membiarkannya terlalu lama sehingga sama sekali tidak bisa diatasi dengan ramuan herba tradisional. Sehingga tidak ada pilihan lain, pengobatan kronis dengan cara transplantasi hati.


Lebih dari 1 juta orang telah meninggal dalam setahun disebabkan penyakit hepatitis. Sebagian besar kasus terjadi secara tidak langsung dari jaringan parut hati ataupun karena kanker hati. Saat ini sakit kuning yang tergolong hepatitis A, B, dan D dapat dicegah dengan cara imunisasi. Juga dapat digunakan untuk mengobati penderita kronis. Hepatitis autoimun dapat diobati dengan cara menekan sistem kekebalan tubuh. 

Obat Tradisional Sakit Kuning


Buah mengkudu (Morinda Citrifolia L) memang sudah tidak asing lagi di tanah air sebagai salah satu tanaman herba. Tanaman ini dianggap memiliki ratusan manfaat untuk menyembuhkan dan menjaga stabilitas kesehatan. Termasuk untuk mengatasi sakit kuning dan kanker. Senyawa kimia yang terkandung didalamnya antara lain adalah Morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil. Asam kapril, sorandiyiol, alkalaoid, antrakuinon, dan alzarin.

Adapun cara membuat obat tradisional sakit kuning, hepatitis dari tanaman mengkudu sebagai berikut:
  1. Ambil 2 buah Mengkudu yang masak di pohon, kemudian dicuci bersih.
  2. Potong kecil-kecil kemudian dihaluskan, peras airnya dan saring.
  3. Campur dengan sepotong gula batu dan madu, aduk hingga merata.
  4. Ramuan ini diminum 2 hari sekali hingga sembuh.


Ramuan obat tradisional penyakit kuning pada orang dewasa dan anak-anak diatas aman digunakan. Hampir tidak ada efek samping dalam penggunaannya, sehingga bisa digunakan sebagai konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Referensi

  • Hepatitis (Hepatitis A, B, and C) ACG Patients. Publish by patients.gi.org, 2017.
  • Fatty Liver Disease (Nonalcoholic Steatohepatitis). Publish by NIDDK, May 2014.
  • The ocean-going noni, or Indian Mulberry (Morinda citrifolia, Rubiaceae) and some of its "colorful" relatives. Publish by Economic Botany, 1992. DOI:10.1007/BF02866623
Obat Tradisional Sakit Kuning Untuk Dewasa Dan Anak Obat Tradisional Sakit Kuning Untuk Dewasa Dan Anak Reviewed by Musa Al-Khawarizmi on 3/19/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.