Cara Merawat Kaki Putih Bersih Atasi Kulit Kering Menghitam



Setiap wanita mendambakan kulit putih bersih, terutama pada bagian tubuh yang tidak tertutupi pakaian. Berbagai cara bisa dilakukan untuk membuat kulit tampak bersih, salah satunya dengan cara tradisional. Sejak dahulu, cara merawat kaki putih bersih dan menghilangkan kulit kering menghitam hanya menggunakan bahan alami. Salah satunya dengan buah mengkudu (Morinda Citrifolia L), yang mudah ditemukan disekitar kita.

Cara Merawat Kaki Putih Bersih

Pada wanita yang sering menggunakan setelan diatas lutut, kaki merupakan hal yang sangat sensitif. Kulit kaki yang tampak kusam dan bersisik bisa menghilangkan kepercayaan diri, sehingga memutuskan untuk menutupinya. Pada umumnya, kulit kering akan tampak bersisik dan mudah dihilangkan dengan cara mengoleskan pelembap. Cara lain dengan mandi air hangat dan memakai pakaian yang terbuat dari serat alami. Bagaimana jika tetap ingin menggunakan setelan diatas lutut? Tentunya perawatan kaki harus dilakukan ekstra tanpa harus melibatkan pelembab dari bahan kimia, cukup dengan herba.

Ada beberapa penyebab kulit kaki bersisik dan menghitam, diantaranya karena eksim seperti dermatitis kontak. Sejenis eksim yang menyebabkan kulit menjadi iritasi dan kering, paling karena iritasi dari bahan kimia. Termasuk deterjen, sabun mandi dan pelarut. Kulit kering juga bisa disebabkan oleh Tinea Pedis, gejala ruam yang disebabkan oleh jamur. Tinea pedis biasanya tidak serius, tetapi jika dibiarkan maka menyebar ke bagian tubuh lain.


Ada juga yang disebabkan oleh penyakit Psoriasis, gejalanya berupa bercak tebal, sakit, gatal, kemerahan, dan bersisik. Psoriasis bisa muncul di kaki, tangan, wajah, punggung, kulit kepala, lutut, siku, dan bagian tubuh lainnya. Selain itu, penyebab kulit bersisik karena Hypoparathyroidism, yaitu kondisi langka yang terjadi ketika kelenjar paratiroid di leher tidak menghasilkan cukup hormon paratiroid (PTH). Kelainan kulit Ichthyosis vulgaris, juga bisa membuat kulit menjadi kering dan bersisik. 

Cara Merawat Kaki Putih Bersih


Buah mengkudu memang sudah tidak asing lagi di Indonesia, bahkan beberapa produk herbal terbuat dari buah ini. Kebanyakan orang tidak menyukai aroma buahnya yang tidak sedap, sehingga jarang digunakan walaupun khasiatnya banyak. Beberapa senyawa kimia yang terkandung didalamnya antara lain adalah Morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil. Asam kapril,
sorandiyiol, alkalaoid, antrakuinon, dan alzarin.


Adapun cara merawat kaki putih bersih untuk mengatasi kulit kering, bersisik dan menghitam sebagai berikut:
  1. Ambil 1 buah Mengkudu yang masak di pohon, kemudian dicuci bersih.
  2. Belah buah menjadi beberapa potongan tipis, kemudian gosokkan pada kulit kaki sampai merata. 
  3. Biarkan serat mengkudu di kulit kaki selama 15 menit.
  4. Kemudian bersihkan dengan kain atau kapas yang dibasahi air hangat.
  5. Untuk kulit kering, bersisik dan menghitam, lakukan cara diatas setiap hari sebelum tidur.
  6. Untuk perawatan, bisa berselang setidaknya seminggu sekali.


Walaupun kulit bersisik jarang menyebabkan kondisi kesehatan parah, tetapi jika dibiarkan bisa menimbulkan gejala lain. Seperti gatal, melepuh dan iritasi kulit. Buah mengkudu juga dipercaya bisa mengatasi penyakit Psoriasis, sehingga pengobatan ini aman digunakan.

Referensi
  • Guidelines of care for the management of psoriasis and psoriatic arthritis: Section 1. Overview of psoriasis and guidelines of care for the treatment of psoriasis with biologics. Publish by J Am Acad Dermatol, 2008.
  • Fitzpatrick's Dermatology in General Medicine. By McGraw-Hill, 2003.
Cara Merawat Kaki Putih Bersih Atasi Kulit Kering Menghitam Cara Merawat Kaki Putih Bersih Atasi Kulit Kering Menghitam Reviewed by Musa Al-Khawarizmi on 3/16/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.