Cara Mengobati Amandel Meradang Dengan Buah Mengkudu



Beberapa orang pernah mengalami radang pada tenggorokan atau sakit pada amandel yang menyebabkan kesulitan menelan. Penyakit ini memang sangat mengganggu aktifitas, apalagi penyakit ini menimbulkan gejala demam. Peradangan amandel atau tonsilitis biasanya berlangsung cepat dan termasuk jenis faringitis. Adapun cara mengobati amandel meradang bisa dilakukan secara medis, dam bisa menggunakan ramuan tradisional.

Cara Mengobati Amandel Meradang

Penyakit raang amandel sering disebabkan karen infeksi virus dan bakteri. Jika penyebabnya bakteri A streptococcus maka termasuk radang tenggorokan. Dan infeksi bakteri diantaranya N gonorrhoeae, C diphtheriae atau H influenzae. Gejala radang amandel biasanya meliputi sakit pada tenggorokan, demam tinggi, amandel membengkak. Sakit bisa dirasakan ketika menelan makanan, dan kelenjar getah bening besar terasa sakit di sekitar leher. Ada juga beberapa penderita mengalami komplikasi abses peritonsillar, tetapi jarang ditemukan. 

Infeksi virus dan bakteri paling umum menyebar melalui udara, dan pengobatannya meliputi perbaikan gejala dan penurunan komplikasi. Biasanya penyakit ini sering menyerang saat pergantian musim, terutama pada anak-anak. Obat medis yang paling umum digunakan adalah parasetamol dan ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit. Radang tenggorokan dan amandel bisa diatasi dengan antibiotik seperti penisilin, sefalosporin atau makrolida. Sedangkan cara mengobati amandel meradang dengan ramuan tradisional bisa menggunakan mengkudu.

Cara Mengobati Amandel Meradang


Mengkudu (Morinda Citrifolia) sejak zaman kuno telah digunakan sebagai salah satu bahan herba pengobatan tradisional. Termasuk buah, daun, dan akar pernah digunakan dalam tradisi Polinesia sebagai tonik umum dan dianggap sebagai makanan. Sementara dalam pengobatan tradisional Tiongkok, akar digunakan untuk mengatasi nyeri perut, impotensi, dan gangguan menstruasi. 

Buah mengkudu mengandung karbohidrat, serat makanan, vitamin C, vitamin A, niasin, besi dan kalium. Buah mengkudu juga mengandung senyawa kimia termasuk lignan, oligo dan polisakarida, flavonoid. Iridoid, asam lemak, scopoletin, catechin, beta sitosterol, damnacanthal, dan alkaloid. Adapun cara mengobati amandel meradang dengan mengkudu sebagai berikut:
  1. Ambil buah mengkudu yang sudah matang atau berwarna kuning.
  2. Cuci bersih, kemudian parut dan dicampur dengan 100ml air matang.
  3. Biarkan selama 30 menit, kemudian saring airnya.
  4. Tambahkan air yang telah disaring dengan satu sendok teh madu.
  5. Gunakan ramuan ini untuk berkumur, lakukan sehari 3 kali.
  6. Ramuan ini tidak berbahaya dan tanpa efek samping jika tertelan. 


Ramuan sari mengkudu diatas juga bisa mengatasi sariawan dan panas dalam. Dapat digunakan untuk anak diatas 5 tahun dan orang dewasa. Beberapa orang bisa sembuh dalam tiga hari, tetapi kebanyakan sembuh dalam satu minggu. Jika lebih dari waktu ini, sebaiknya segera periksa secara medis untuk mengetahui kemungkinan lain.

Referensi

  • Peritonsillar Abscess: Complication of Acute Tonsillitis or Weber's Glands Infection?. Publish by journal of American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery, 2016. DOI:10.1177/0194599816639551
  • The ocean-going noni, or Indian Mulberry (Morinda citrifolia, Rubiaceae) and some of its "colorful" relatives. Publish by Economic Botany, 1992. DOI:10.1007/BF02866623
Cara Mengobati Amandel Meradang Dengan Buah Mengkudu Cara Mengobati Amandel Meradang Dengan Buah Mengkudu Reviewed by Musa Al-Khawarizmi on 3/14/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.