Obat Tradisional Badan Pegal, Penat, Dan Cara Membuatnya



Seluruh badan terasa pegal dan tidak nyaman beraktifitas sering dialami ketika usai kerja berat. Bahkan usai traveling bisa menguras tenaga sehingga badan terasa penat dan lelah. Kebanyakan orang langsung mengambil langkah praktis dengan cara mengkonsumsi obat atau minuman berenergi. Tetapi tidak juga menghilangkan pegal dan penat di tubuh. Salah satu cara kuno, orang tua kita telah mempersiapkan obat tradisional badan pegal, terasa penat dan lelah. Ramuan ini khusus dibuat dari herba pilihan nusantara dan mudah diracik sendiri.

Obat Tradisional Badan Pegal, Penat

Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan kita merasakan pegal dan nyeri otot. Situasi ini biasanya dialami ketika seseorang melakukan gerakan yang tidak biasa dan baru pertama kali. Misalnya pertama kali berolah raga, menambah gerakan baru, dan peningkatan priode latihan. Pemaksaan pada otot bisa menyebabkan rasa nyeri, apalagi aktifitas yang lama dan berulang tanpa istiraahat.

Gerakan yang baru jarang dilakukan akan mempengaruhi otot. Dimana sel-sel otot tersebut akan mengalami kerusakan atau disebut DOMS (Delayed Onset Muscle Sense). Semua orang bisa merasakan kondisi yang sama, sehingga tidak perlu dikhawatirkan akan berdampak buruk pada tubuh. Kerusakan otot inilah yang menyebabkan pegal-pegal dan rasa nyeri. Tetapi ini merupakan sinyal baru, bahwa otot kita mulai beradaptasi dengan gerakan tersebut.

Kapan Anda akan merasakan pegal dan nyeri pada otot tubuh? Biasanya terjadi setelah melewati 6 hingga 8 jam setelah melakukan aktifitas baru. Secara medis, serabut otot mengalami pemecahan, sehingga otot mulai beradaptasi dan memperbaikinya menjadi lebih besar. Rasa nyeri dan pegal bisa berlangsung hingga 5 sampai 7 hari. Tergantung kondisi kesehatan dan gizi yang masuk kedalam tubuh.

Obat Tradisional Badan Pegal Dan Penat


Bagaimana cara mengatasi pegal dan nyeri karena aktifitas yang jarang dilakukan? Ada ramuan yang diajarkan sejak dahulu untuk mengatasi pegal tubuh. Ramuan obat tradisional badan pegal, penat dan lelah, telah dipercaya mengembalikan kebugaran tubuh sejak dahulu. Pembuatannya praktis, tanpa perlu menyediakan obat-obatan kimia dan berbahan alami. Beikut cara pembuatannya:
  1. Siapkan 3 rimpang lempuyang emprit (Zingiber americans Bt).
  2. Ditambah dengan buah sirih, atau bisa diganti dengan 5 cabe jawa (Piper retrofractum). Cuci bersih seluruh bahan herba.
  3. Tambahkan sedikit ragi, sedikit air mineral, kemudian seluruh herba dipipis hingga berbentuk pasta. 
  4. Setelah berbentuk pasta, tambahkan arak secukupnya. 
  5. Ramuan ini bukan untuk dikonsumsi, tetapi dioleskan pada bagian otot yang terasa pegal dan penat.


Ramuan tersebut hanya akan mempercepat hilangnya rasa pegal dan nyeri. Biasanya keesokan hari sudah segar bugar, dan rasa nyeri bisa berkurang. Ramuan ini dapat digunakan untuk atlet, tetapi perlu diperhatikan adanya reaksi kulit. Beberapa orang mungkin bisa saja bereaksi, misalnya alergi pada kulit.


Ada juga badan pegal dan terkadang disertai nyeri karena penyakit Fibromyalgia. Kondisi ini penderita merasakan keluhan nyeri dan kaku pada bagian otot, tendon, dan sendi. Gejala bisa ditandai dengan kondisi tubuh yang tampak kurang istirahat, lelah saat bangun pagi. Seluruh badan terasa lelah, merasakan kecemasan dan depresi, dan terkadang disertai gangguan pencernaan. Ramuan diatas tidak dapat mengatasi secara tuntas Fibromyalgia, hanya membantu menghilangkannya sementara.

Referensi

  • Elastic fibres are broadly distributed in tendon and highly localized around tenocytes. Publish by Journal of Anatomy, 2013.
Obat Tradisional Badan Pegal, Penat, Dan Cara Membuatnya Obat Tradisional Badan Pegal, Penat, Dan Cara Membuatnya Reviewed by Musa Al-Khawarizmi on 2/19/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.