Cara Mengencangkan Rahim Setelah Melahirkan Secara Alami



Bagi ibu yang baru saja melahirkan, kesehatan rahim merupakan salah satu hal terpenting yang harus dijaga. Di negara kita, pengobatan pasca melahirkan sebagian besar masih menggunakan ramuan tradisional. Ada cara mengencangkan rahim setelah melahirkan, mengecilkan dan mengencangkan otot bagian sensitif. Tradisi ini umumnya telah dipraktekkan orang tua kita untuk membahagiakan suami. Metode ini dianggap ampuh dan dapat mempercepat proses pengembalian kesehatan lebih cepat.

cara mengencangkan rahim setelah melahirkan

Kayu rapet, nama latin tanaman disebut Parameria laevigata. Kayu rapet juga sering disebut dengan nama lain diantaranya Kayu rapat, Megat sih, Pegat sih, Madak si. Beberapa orang justru menjadikan kayu rapet sebagai tanaman hias yang mengisi halaman dan kebun. Tidak hanya sebagai hiasan, ternyata tanaman kayu rapet sering dijadikan bahan herba dirumah. Kayu rapet juga bermanfaat untuk mengatasi diare dan permasalahan perut, serta dapat mengatasi keputihan.

Di Indonesia, tanaman ini tumbuh sebagai semak menjalar, ciri batang membelit, berkayu dengan warna cokelat dan berambut. Daun tanaman tunggal, berbentuk lanset berhadapan, pangkal daun meruncing. Ciri-ciri kayu rapet terlihat pada daun muda yang berwarna hijau kemerahan, dan setelah tua berwarna hijau. Kayu rapet juga mempunyai bunga, dimana perbungaan bentuk malai, mahkota bunga berbentuk corong dan berwarna putih. Tanaman ini memiliki buah polong, biji tampak membulat dan berwarna cokelat kehitaman.

Cara Mengencangkan Rahim


Rahim merupakan organ reproduksi responsif utama bagi kaum wanita. Terdiri dari ujung bawah rahim, serviks terbuka ke dalam vagina, sementara ujung lainnya, fundus yang terhubung ke tuba falopi. Di dalam rahim, janin berkembang selama masa gestasi. Pada embrio, rahim berkembang dari saluran paramesonephric yang menyatu menjadi satu organ atau rahim simpleks. 

Fungsi reproduksi rahim sebagai penerima sel telur yang dibuahi, melewati persimpangan tuba utero dari tuba falopi. Sel telur yang dibuahi membelah menjadi blastokista yang tertanam ke dalam endometrium, dan memperoleh makanan dari pembuluh darah. Sel telur yang dibuahi menjadi embrio, melekat pada dinding rahim, menciptakan plasenta, dan berkembang menjadi janin sampai melahirkan. 

Oleh karena hambatan anatomis seperti panggul, maka rahim terdorong sebagian ke perut sebagai ekspansi selama kehamilan. Bahkan selama kehamilan, berat uterus hanya sekitar satu kilogram. Hal inilah yang membuat kaum wanita merasakan bagaimana cara yang cepat dan alami untuk mengembalikan kondisi rahim seperti semula.


Nenek moyang Asia telah banyak mempersiapkan dan menggunakan pengobatan tradisional khusus ibu yang baru melahirkan. Diantaranya menggunakan kayu rapet sebagai ramuan khusus yang diperuntukan memperkecil rahim. Adapun cara mengencangkan rahim setelah melahirkan dapat dibuat dirumah dengan mudah sebagai berikut:
  1. Siapkan kayu rapat sebesar 2 jari tangan. 
  2. Ditambah dengan 7 rimpang Kunci pepet, 
  3. Kayu Mesoyi sebesar 1 jari tangan, jika tidak ada bisa diganti dengan kayu manis.
  4. Cuci bersih seluruh herba, kemudian dipotong kecil-kecil. 
  5. Rebus seluruh herba kedalam 3 gelas air bersih sampai mendidih, tunggu hingga air menjadi segelas.
  6. Setelah dingin, saring airnya dan diminum seluruhnya sekali sehari. 


Pengobatan alami dengan ramuan kayu rapet dapat digunakan selama 30-40 hari. Selain itu, ramuan ini juga bisa digunakan secara normal atau tidak dalam pasca melahirkan. Sangat berguna untuk mengecilkan rahim, mengencangkan otot bagian sensitif, dan mengobati keputihan.
Cara Mengencangkan Rahim Setelah Melahirkan Secara Alami Cara Mengencangkan Rahim Setelah Melahirkan Secara Alami Reviewed by Musa Al-Khawarizmi on 1/15/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.