Obat Tradisional Sakit Telinga Bengkak Dan Keluar Cairan



Telinga merupakan salah satu anatomi tubuh yang paling penting agar dijaga kesehatannya. Jika tidak, ada banyak kasus infeksi dan penyakit yang menyebabkan penderita kehilangan pendengaran. Sakit telinga bisa saja disebabkan infeksi pada salah satu bagian telinga, atau bahkan infeksi keduanya. Banyak hal yang bisa menyebabkan telainga mengalami gangguan, sehingga penderita merasa tidak nyaman. Rasa sakit yang mengganggu membuat penderiat menggunakan obat medis, paling umum berupa cairan tetes. Cara lain dengan memberikan obat tradisional sakit telinga, yang bisa mengatasi bengkak dan telinga keluar cairan.

Obat Tradisional Sakit Telinga Bengkak

Sebelum memberikan obat telinga, kenali lebih dahulu anatomi telinga yang terdiri dari bagian luar, tengah, dan dalam. Dimana keseluruhan bagian telinga berperan penting sehingga menghasilkan kualitas suara yang dapat didengar manusia. Beberapa orang mengalami sakit telinga sebelah karena gangguan tertentu. Umumnya dibagian dalam, sehingga hal ini mengganggu keseimbangan pendengaran. 

Beberapa kondisi dapat menyebabkan gangguan pendengaran, diantaranya yang paling umum terjadi karena infeksi telinga. Gangguan ini biasanya terjadi pada telinga bagian tengah, dimana saluran Eustachius menjadi tertutup atau bengkak. Gejala ini bisa disebabkan karena danya penumpukan cairan sehingga mengalami penyumbatan. Bahkan penyumbatan ini tidak hanya karena infeksi, tetpi bisa disebabkan flu, alergi, merokok, dan lendir berlebihan. 

Paling sering sakit telinga dengan penyebab diatas dialami oleh anak-anak berusia dibawah usia 3 tahun. Beberapa orang dewasa juga mengalami kurangnya pendengaran, nyeri pada bagian dalam dan keluar cairan putih. Cara paling umum untuk penanganan pertama dalam mengatasi cairan dengan memberikan antibiotik infeksi. Lubang telinga ditutup dengan kain kapas, dan infeksi ringan bisa hilang perlahan. Tetapi bisa juga sakit telinga tidak kunjung sembuh karena tinnitus. Gejala ini berasal dari dalam tubuh berupa suara dengungan dalam telinga. Biasanya disebabkan karena mendengar suara keras, dan konsumsi obat-obatan dosis tinggi.

Ada pula sakit telinga disebabkan penyakit Meniere yang disebabkan ketidaknormalan cairan bagian dalam telinga. Sehingga penderita mengalami vertigo, pusing berputar secara tiba-tiba. Gejala ini paling banyak dialami oleh para orang tua berusia 40 hingga 50 tahun. Selain penyakit Meniere, tekanan air dan udara juga menyebabkan hilangnya pendengaran dengan gejala nyeri dan pusing.

Obat Tradisional Sakit Telinga


Untuk mengatasi sakit telinga yang disebabkan karena infeksi bagian dalam, sejak dahulu orang-orang Asia telah mempersiapkan ramuan alami. Obat tradisional sakit telinga dapat mudah diracik dirumah dengan menggunakan herba pilihan. Ramuan ini menggunakan daun Kembang Telang, yang umumnya tumbuh subur di Asia sebagai tanaman hias dan pagar.


Ciri-ciri kembang telang berupa tanaman berbunga biru, terkadang dijadikan pagar dan hiasan. Nama daerah disebut Bunga biru, Kembang teleng, bunga talang atau Bisi. Dan nama latin disebut Clitoria Ternatea L, atau bahasa Inggris disebut Asian pigeonwings, Bluebellvine. Blue pea, Butterfly pea, cordofan pea ataupun Darwin pea. Kembang telang berasal dari keluarga Fabaceae, bentuknya unik karena mirip dengan organ intim wanita dan disebut Clitoria (Clitoris principissae).

Adapun cara membuat obat tradisional sakit telinga sebelah, bengkak dan berair, sebagai berikut:
  1. Ambil segenggam daun kembang telang, kemudian dicuci bersih.
  2. Daun ini dilumat atau dihaluskan, tambahkan sedikit air hangat. 
  3. Kemudian air perasan ditambah sedikit garam.
  4. Teteskan air perasan yang masih hangat ke skitar teling yang mengalami infeksi. Untuk pengobatan telinga bagian dalam, perhatikan agar air tidak terlalu banyak 1-2 tetes.
  5. Lakukan pengobatan secara rutin sehari dua kali hingga sembuh.

Baca juga:

Untuk menjaga kesehatan telinga dan selama menjalani pengobatan, kurangi mendengar suara keras dalam durasi yang lama. Jika menggunakan earphone, sesekali beri jeda dan cabut dari telinga ketika tidur. Apabila lubang telinga meninggalkan bekas cairan, bersihkan dengan cotton bud dengan perlahan. Jangan sampai terkena bagian yang terinfeksi, tunggu beberapa minggu hingga sembuh dan kering.

Referensi

  • Textbook of medical physiology. Publihs by Philadelphia, Arthur C. Guyton, 2005.
  • Ruptured Eardrum: Symptoms, Treatments, and Recovery. Publish by WebMD, 2016.
Obat Tradisional Sakit Telinga Bengkak Dan Keluar Cairan Obat Tradisional Sakit Telinga Bengkak Dan Keluar Cairan Reviewed by Musa Al-Khawarizmi on 12/24/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.