Manfaat Daun Kemuning Untuk Pelangsing Dan Atasi Jerawat

Pohon kemuning memang sering terlihat sebagai hiasan, tidak hanya berbunga indah tetapi juga manfaatnya sangat baik untuk kesehatan. Nama latin kemuning disebut Murraya Paniculata, salah satu tumbuhan tropis yang berasal dari Indomalaya dan Australia utara. Tanaman ini tampak kecil kecil, berbunga putih, dan buahnya mirip dengan jeruk mini. Tidak hanya sebagai hiasan, manfaat daun kemuning untuk pelangsing dan wajah telah lama digunakan orang tua kita sebagai herba. Selain itu juga bermanfaat untuk mengatasi rematik dan haid tidak lancar.

Manfaat Daun Kemuning Untuk Pelangsing

Nama lain kemuning sering disebut sebagai Kamuri, Kamoni, Kamone, Kajeri,ataupun Orange jessamine. Jasmine orange, Chinese box, Mock orange, Mock lime, dan Satinwood. Menurut studi, kemuning dianggap sebagai gulma invasif di Australia. Tanaman ini tumbuh berkembang yang benihnya disebarkan oleh burung, berkembang di lahan yang lembab. Beberapa orang bisa saja alergi dengan bunga kemuning yang berpotensi menyebabkan sakit kepala, sinus dan kesulitan bernafas. Tetapi berbeda dengan daun kemuning yang memiliki nilai manfaat daun kemuning untuk pelangsing yang lebih tinggi.

Kemuning merupakan pohon kecil yang hidup dan berkembang diwilayah tropis setinggi 7 meter. Tanaman ini termasuk salah satu tumbuhan yang berbunga sepanjang tahun. Ciri-ciri daun kemuning tampak glossy, terdiri dari 3 sampai 7 selebaran yang menyirip dan berbentuk bulat panjang. Tanaman ini memang sedikit berbunga, ciri bunga padat dan harum berwarna putih. Kemuning juga berbuah, ciri buah tampak berdaging, lonjong berwarna merah hingga berubah oranye, dengan panjang sekitas 2 cm.

Kemuning telah lama dibudidayakan sebagai pohon hias karena sifatnya yang keras, dapat bertoleransi terhadap tanah yang keras. Tanaman ini dapat tumbuh di tanah alkali, tanah liat, berpasir, dan tanah dengan kadar asam tinggi. Sehingga bisa dijadikan sebagai pagar tanaman dan dapat berbunga sepanjang tahun. Bunga kemuning sangat menarik dan harum sehingga menarik lebah, dan buahnya sering dimakan burung liar. Bahkan beberapa peternakan lebah madu telah menanam kemuning di dekat sarang lebah. Tanaman ini tidak hanya sebagai sumber makanan serangga, tetapi juga dapat menahan angin kencang. 

Manfaat Daun Kemuning Untuk Pelangsing


Kemuning dianggap sebagai tumbuhan yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat, ataupun tanaman pelangsing perut buncit. Secara tradisional, batang kemuning sering digunakan dalam pengobatan yang bersifat sebagai analgesik. Ekstrak daun kemuning mengandung senyawa etanol yang bermanfaat sebagai antidiarrhoeal, antinociceptive dan anti-inflamasi. Sementara akar kemuning mengandung Yuehchukene atau dimeric indole alkaloid.

Setiap wanita mendambakan tubuh yang langsing, sehingga berbagai cara dilakukan untuk mencapai berat badan yang diinginkan. Ada berbagai cara menurunkan berat badan, salah satunya dengan ramuan teh herbal yang diracik dari daun kemuning. Orang tua kita sejak dahulu telah memaksimalkan manfaat daun kemuning untuk pelangsing sebagai ramuan tradisional. Adapun cara mengolah daun kemuning menjadi tanaman herba berkhasiat sebagai berikut:
  1. Siapkan segenggam daun kemuning. 
  2. Ditambah dengan segenggam daun Mengkudu, dan bangle sebanyak setengah jari kelingking. 
  3. Cuci bersih seluruh herba, kemudian tambahkan air secukupnya dan dipipis.
  4. Ramuan ini diminum 1/4 gelas sekali sehari, selama 7 hari. 
  5. Untuk menjaga tubuh tetap langsing, diminum 2 kali seminggu.

Baca juga:

Daun kemuning juga dapat mengatasi jerawat dan membersihkan wajah, resep daun kemuning diatas bermanfaat untuk jerawat dan pelangsing. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menurunkan berat badan, tidak hanya dengan meminum ramuan pelangsing. Tetapi juga menjaga makanan seimbang, mengurangi makanan berminyak dan berlemak. 

Hampir tidak ada efek samping daun kemuning jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat. Tanaman herba ini memiliki banyak manfaat lain seperti mengatasi haid tidak lancar dan rematik. Memperbanyak aktifitas sehari-hari juga akan mempercepat pembakaran kalori dan lemak, sehingga sangat penting untuk tetap berolah raga. Manfaat daun kemuning untuk pelangsing juga dapat digunakan kaum pria yang kelebihan berat badan.

Referensi

  • Antinociceptive and bioactivity of leaves of Murraya paniculata (L.) Jack, Rutaceae. Publish by Brazilian Journal of Pharmacognosy, 2009.
  • Murraya Paniculata, image courtesy of Wikimedia Commons.
Manfaat Daun Kemuning Untuk Pelangsing Dan Atasi Jerawat Manfaat Daun Kemuning Untuk Pelangsing Dan Atasi Jerawat Reviewed by Musa Al-Khawarizmi on 12/15/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.