Cara Mengobati Radang Mata, Selaput Mata, Secara Alami



Radang mata atau dalam medis disebut Uveitis, merupakan sekelompok penyakit inflamasi yang menyebabkan pembengkakan dan dapat merusak jaringan mata. Penyakit radang mata bisa saja mengurangi penglihatan atau menyebabkan kebutaan. Secara medis, radang mata harus diobati dengan perawatan khusus karen sangat berbahaya jika dibiarkan. Tetapi ada cara mengobati radang mata secara alami, menggunakan ramuan herba tradisional dengan biaya ekonomis.

Cara Mengobati Radang Mata

Uveitis digunakan dalam penyebutan medis karena penyakit ini sering mempengaruhi bagian mata (uvea). Uveitis tidak hanya terbatas pada uvea, tetapi penyakit radang mata juga mempengaruhi lensa, retina, saraf optik, dan vitreous. Sehingga sering menyebabkan penglihatan rusak atau berakibat pada kebutaan permanen.

Uveitis mungkin disebabkan oleh masalah atau penyakit yang terjadi di mata atau dapat menjadi bagian dari penyakit inflamasi yang mempengaruhi bagian tubuh lainnya. Radang ini bisa saja terjadi pada semua orang tanpa mengenal usia, tetapi paling banyak penderita usia antara 20 hingga 60 tahun. Walaupun secara garis besar, uveitis berlangsung dalam waktu yang singkat atau bahkan kronis diwaktu yang sangat lama. Beberapa orang bahkan mengalami radang mata paling parah berulang kali.

Uvea merupakan lapisan tengah mata yang paling banyak mengandung pembuluh darah. Dari sini salah satu cara sel-sel inflamasi bisa masuk ke mata. Uvea terletak diantara sklera, mantel luar putih mata, dan lapisan dalam mata, yang disebut retina. Dimana uvea terdiri dari iris, badan siliaris, dan koroid. Uveitis disebabkan oleh respon inflamasi di dalam mata, sementara peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap kerusakan jaringan karena kuman atau racun. Serangan ini menyebabkan pembengkakan, kemerahan, terasa panas dan merusak jaringan. Kerusakan jaringan terjadi karena beberapa sel darah putih secara cepat menuju ke bagian infeksi untuk menahannya.

Perawatan radang mata biasanya dijalani secara spesifik, yaitu uveitis anterior, uveitis intermediate, uveitis posterior, uanuveitis uveitis. Ada juga yang harus menjalani perawatan karena radang mata termasuk penyakit uveitis infeksius atau infeksius. Uveitis bisa saja terjadi karena serangan dari sistem kekebalan tubuh sendiri atau autoim. Juga dapat disebabkan karena infeksi tumor, memar pada mata, dan racun. Gejala yang disebabkan radang diantaranya mata kabur atau penglihatan berkurang, nyeri, kepekaan cahaya, dan peningkatan floater.

Cara Mengobati Radang Mata Secara Alami


Selain perawatan medis untuk mengatasi penyakit radang mata, juga ada pengobatan tradisional dari herba alami. Nenek moyang kita telah banyak mempersiapkan berbagai ramuan herba, bahkan banyak juga obat-obatan medis yang terbuat dari herba alami. Salah satu cara mengobati radang mata secara alami dengan bunga Kembang Telang.


Kembang telang saat ini masih banyak ditemukan sebagai tanaman berbunga biru yang terkadang dijadikan pagar. Tanaman ini juga sering disebut dengan nama daerah Bunga biru, Kembang teleng, bunga talang atau Bisi. Nama latin kembang telang disebut Clitoria Ternatea L, diluar negeri lebih dikenal dengan nama Asian pigeonwings. Bluebellvine, Blue pea, Butterfly pea, cordofan pea ataupun Darwin pea. Kembang telang yang paling banyak dibudidayakan berwarna biru dan putih.

Dalam pembuatan ramuan radang mata menggunakan kembang telang warna biru. Berikut cara mengobati radang mata secara alami dengan ramuan Kembang Telang:
  1. Ambil segenggam kembang telang warna biru yang masih segar, kemudian dicuci bersih.
  2. Rendam bunga dengan air hangat beberapa menit hingga airnya berwarna biru. 
  3. Saring dan gunakan air rendaman untuk mencuci mata. 

Baca juga: 

Perlu diketahui, ada beberapa penyakit yang berhubungan dengan uveitis atau radang mata. Diantaranya adalah AIDS, Ankylosing spondylitis, infeksi herpes zoster, Psoriasis, artritis, radang sendi. Sarkoidosis, sipilis, tuberkulosis (TBC), dan Kolitis ulserativa. Uveitis dapat mempengaruhi satu ataupun kedua mata sekaligus, dimana gejalanya bisa berkembang dengan cepat. Sebaiknya kenali penyakit yang diderita, sehingga cara mengobati radang mata secara alami dilakukan secara bersamaan untuk menghindari kambuh kembali.

Referensi

  • Facts About Uveitis. Publish by The National Eye Institute (NEI) is part of the National Institutes of Health (NIH), August 2011.
Cara Mengobati Radang Mata, Selaput Mata, Secara Alami Cara Mengobati Radang Mata, Selaput Mata, Secara Alami Reviewed by Musa Al-Khawarizmi on 12/21/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.