Cara Mengobati Busung Lapar, Kwashiorkor Secara Alami

Busung lapar, busung perut atau disebut Kwashiorkor, merupakan gejala malnutrisi protein yang parah. Gejala penyakit ini ditandai dengan edema, mudah tersinggung, dermatosis ulserasi, dan hati membesar dengan infiltrat lemak. Dimana asupan kalori cukup, tetapi kekurangan asupan protein. Pada umumnya penderita busung lapar terjadi di daerah kelaparan, tertimpa bencana alam, ataupun kekurangan suplai makanan. Pengobatan penyakit ini dilakukan secara medis, tetapi ada juga cara mengobati busung lapar dengan ramuan tradisional.

Cara Mengobati Busung Lapar, Kwashiorkor

Ciri ciri busung lapar dan penyebabnya akan dijelaskan terlebih dahulu. Gejala busung lapar atau kwashiorkor pada anak-anak adalah pitting edema, atau pembengkakan pada pergelangan kaki. Penderita mengalami perut buncit, hati membesar disertai infiltrat lemak, dan rambut menipis. Gigi juga berkurang, mengalami depigmentasi kulit dan dermatitis. Pada kasus anak-anak, mereka sering mengalami iritabilitas dan anoreksia. 

Penyakit busung lapar dapat diobati dengan menambahkan asupan nutrisi protein. Tetapi metode ini berdampak jangka panjang pada perkembangan fisik dan mental anak. Bahkan pada beberapa kasus yang parah dapat menyebabkan kematian. busung lapar merupakan bentuk malnutrisi kronis yang disebabkan kekurangan protein. Sehingga menyebabkan ketidakseimbangan osmotik pada sistem gastro-intestinal. Penyakit ini menyebabkan pembengkakan usus, diagnosis sebagai edema atau retensi air. 

Retensi cairan pada penderita busung lapar merupakan akibat langsung dari penyimpangan sistem limfatik dan indikasi pertukaran kapiler. Sistem limfatik berfungsi untuk pemulihan cairan, imunitas, dan penyerapan lipid. Penderita kurang mampu memulihkan cairan, kegagalan sistem kekebalan tubuh, dan kurang menyerap lipid. Pertukaran kapiler antara sistem limfatik dan aliran darah terhambat karena ketidakmampuan tubuh dalam mengatasi tekanan hidrostatik. Karena kekurangan protein, tidak ada gradien yang terbentuk untuk menarik cairan kembali ke aliran darah. Situasi ini menyebabkan penyatuan cairan, pembengkakan perut dan distensi abdomen.

Cara Mengobati Busung Lapar


Sejak dahulu, orang tua kita telah mempersiapkan berbagai obat tradisional yang terbuat dari ramuan alami. Beberapa cara mengobati busung lapar atau Kwashiorkor secara alami dapat dibuat dari ramuan Kembang Telang. Kembang banyak ditemukan di desa-desa nusantara, tanaman yang umumnya berbunga biru dan dijadikan pagar. Nama daerah disebut Bunga biru, Kembang teleng, bunga talang atau Bisi. 


Nama latin kembang telang disebut Clitoria Ternatea L, diluar negeri lebih dikenal dengan nama Asian pigeonwings. Bluebellvine, Blue pea, Butterfly pea, cordofan pea ataupun Darwin pea. Kembang telang berasal dari keluarga Fabaceae, bentuknya unik karena mirip dengan kelamin wanita dan disebut Clitoria (Clitoris principissae). Tanaman ini asli berasal dari Indonesia dan Malaysia, kemudian dibudidayakan hingga ke Afrika, Australia dan Amerika. 

Adapun cara mengobati busung lapar, Kwashiorkor secara alami dari herba kembang telang adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan satu akar tanaman kembang telang yang sudah dewasa, kemudian dicuci bersih.
  2. Pilih akar yang bersih, kira-kira 5 sampai 10 gram. 
  3. Akar pilihan yang sudah bersih dari kotoran/tanah, di ekstrak kedalam alkohol. 
  4. Atau, rebus kedalam 200 ml air dengan api kecil selama 15 menit, panas api berkisar 80-90 derajat Celsius.
  5. Saring rabusan, airnya diminum sehari sekali sebanyak 100 ml. 

Baca juga:

Ramuan diatas digunakan untuk mengobati busung perut atau busung lapar, kwashiorkor, dan pembesaran organ perut. Dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak, jangka waktu penyembuhan berlangsung lama. Sangat penting untuk menjaga penderita agar mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, terutama protein.

Kekurangan asupan protein dapat menyebabkan gejala edema pada tangan dan kaki, mudah tersinggung, dan anoreksia. Juga menyebabkan ruam desquamative, perubahan warna rambut, dan hati berlemak. Pembengkakan perut bisa saja disebabkan oleh asites, karena hipoalbuminemia (tekanan onkotik rendah) dan hati berlemak yang semakin membesar.

Referensi

  • Kwashiorkor from a severe dietary restriction in an 8-month infant in suburban Detroit, Michigan: case report and review of the literature. Publish by International Journal of Dermatology, 2010. DOI:10.1111/j.1365-4632.2010.04253.x
  • Kwashiorkor cases found in Nigerian, image courtesy of Wikimedia Commons.
Cara Mengobati Busung Lapar, Kwashiorkor Secara Alami Cara Mengobati Busung Lapar, Kwashiorkor Secara Alami Reviewed by Musa Al-Khawarizmi on 12/23/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.