Cara Mengobati Bisul Bernanah Dan Bengkak Agar Cepat Kering



Hampir semua orang pernah menderita bisul walaupun hanya berukuran kecil, dimana gejala ini terasa sakit jika tersentuh. Bisul atau nama latin penyakit ini disebut Abscessus, merupakan sekumpulan nanah atau Neutrofil mati yang terkumpul di jaringan setelah terinfeksi. Infeksi ini bisa saja disebabkan oleh bakteri atau parasit yang masuk kedalam tubuh. Ada banyak cara mengobati bisul bernanah dengan obat medis yang bebas terjual dipasaran. Tetapi secara tradisional juga banyak ramuan alami yang bernilai lebih ekonomis.

Cara Mengobati Bisul Bernanah

Sebenarnya, bisul merupakan reaksi pertahanan tubuh pada jaringan untuk menghindari penyebaran bakteri ataupun virus dalam tubuh. Organisme ini membunuh sel disekitarnya sehingga mengeluarkan toksin. Toksin ini menyebabkan radang sel darah putih mengalir ke jaringan terinfeksi, sehingga meningkatkan aliran darah disekitarnya. Struktur dinding bisul terbentuk dari sel sehat untuk mencegah organisme masuk ke dalam tubuh dan mencegahnya menyebar.

Bisul yang muncul pada tubuh dapat disebabkan karena empyema, dimana akumulasi nanah dalam kavitas sudah terbentuk. Selain itu, bisul juga dapat mengacu pada akumulasi nanah dalam kavitas baru melalui proses terbentuknya bisul. Infeksi kulit meliputi seluruh folikel rambut dan jaringan subkutaneus sekitarnya. Gejala bisul sering ditemukan pada leher, payudara, wajah dan bokong. Dimana infeksi ini terasa nyeri jika bersentuhan dengan benda lain seperti kain.

Awalnya bisul muncul berupa benjolan keras berwarna merah, kemudian mengandung nanah. Benjolan berfluktuasi dimana bagian tengah menjadi putih atau kuning. Tidak sedikit bisul yang menyebabkan demam, lelah dan tidak enak badan. Penderita bisul merasakan nyeri ringan hingga sedang, dimana kulit sekitarnya akan meradang. Bisul terkadang pecah dengan sendirinya, walaupun beberapa orang secara sengaja mengeluarkan nanah dan darah didalamnya. Penting untuk diketahui, diagnosis bisul berdasarkan gejalanya. Jika infeksi bisul muncul disekitar hidung bisa menyebabkan penyebaran ke otak. 

Cara Mengobati Bisul Bernanah


Sejak dahulu, nenek moyang kita telah mempersiapkan berbagai obat infeksi kulit luar dan dalam. Salah satunya untuk mengatasi infeksi bisul yang muncul di kulit ataupun dalam tubuh. Disini dijelaskan cara mengobati bisul bernanah dengan ramuan yang terbuat dari berbagai jenis tanaman herba. Efek samping yang ditimbulkan kecil jika digunakan dengan dosis yang tepat. Salah satunya menggunakan racikan bunga tanaman Kembang Telang. 

Kembang telang masih banyak ditemukan di nusantara, tanaman berbunga biru yang terkadang dijadikan pagar. Tanaman ini juga sering disebut dengan nama daerah Bunga biru, Kembang teleng, bunga talang atau Bisi. Nama latin kembang telang disebut Clitoria Ternatea L, diluar negeri lebih dikenal dengan nama Asian pigeonwings. Bluebellvine, Blue pea, Butterfly pea, cordofan pea ataupun Darwin pea.


Untuk mengobati infeksi bisul luar dan dalam tubuh, cara mengobati bisul yang bernanah dapat meracik ramuan sebagai berikut:
  1. Ambil bunga berwarna biru yang masih segar, kemudian dicuci bersih.
  2. Bunga ditumbuk halus dan ditambahkan gula jawa secukupnya. 
  3. Pasta ini dioleskan hingga menutupi bisul.


Cara mengobati bisul bernanah menggunakan kembang telang berwarna putih:
  1. Ambil kembang telang putih secukupnya, kemudian dicuci bersih.
  2. Rebus kembang kedalam 3 gelas air hingga menjadi segelas air. 
  3. Minum air rebusan kembang telang putih untuk pencuci darah. 
  4. Kemudian, ambil setengah genggam daun kembang telang putih dan dicuci bersih. 
  5. Kembang ini digiling halus dan tambahkan garam secukupnya, kemudian oleskan hingga menutupi permukaan bisul. 

Kedua ramuan diatas juga termasuk cara mengobati bisul yang sudah pecah agar cepat kering. Juga bisul bernanah terus, bisul sudah pecah tapi masih bengkak di ketiak, leher dan kemaluan. 

Baca juga:

Dalam pengobatan tradisional Ayurveda, kembang telang dianggap berkhasiat untuk meningkatkan daya ingat. Juga dapat digunakan untuk antistress, anxiolytic, antidepresan, antikonvulsan, penenang, dan sedatif. Bahkan di Tiongkok, kembang telang dianggap sangat ampuh untuk mempengaruhi libido wanita karena bentuk bunga mirip dengan organ reproduksi wanita. Adapun senyawa kimia yang terkandung didalam kembang telang diantaranya adalah Triterpenoid, flavonol glikosida, anthocyanin dan steroid. 

Referensi

  • Causes and Cures of Skin. Publish by Healthguidance.
  • Bacterial skin infection in the elderly: diagnosis and treatment. Publish by Drugs and Aging.
Cara Mengobati Bisul Bernanah Dan Bengkak Agar Cepat Kering Cara Mengobati Bisul Bernanah Dan Bengkak Agar Cepat Kering Reviewed by Musa Al-Khawarizmi on 12/20/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.