Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur Agar Menstruasi Cepat Datang

Setiap wanita pasti mengalami haid sejak memasuki usia remaja hingga dewasa. Tetapi beberapa wanita dewasa sering menghadapi masalah haid tidak teratur sehingga mencoba berbagai obat haid tidak teratur di apotik. Menstruasi tidak teratur sebenarnya merupakan siklus menstruasi yang lambat, lebih cepat atau terlewat, bahkan beberapa wanita tidak mengalaminya sementara waktu. Obat-obatan medis yang tersedia saat ini banyak diproduksi dan dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Tetapi orang tua kita telah mewariskan ramuan obat tradisional agar haid teratur tiap bulan. Salah satu cara mengatasi haid tidak teratur dari bahan alami.

Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

Menstruasi dikenal sebagai proses peluruhan dinding rahim yang menjadi darah dan keluar selama 3 hingga 6 hari. Siklus ini terjadi pada setiap wanita yang masih subur setiap 28 hingga 35 hari. Tidak semua mengalami gejala menstruasi yang sama, siklus menstruasi yang berbeda-beda yang terkadang bisa saja lebih pendek atau panjang. Jika siklus haid tidak teratur, biasanya terjadi kurang dari 21 hari atau bahkan lebih. Gejala menstruasu tidak lancar dapat berubah setiap bulan dan volume darah tidak sama.

Umumnya beberapa wanita mengalami haid idak lancar pada beberapa tahun pertama kali menstruasi dan menjelang menopause. Gejala ini disebabkan oleh hormon yang belum seimbang. Pada wanita dewasa atau subur mengalami haid tidak lancar bisa saja termasuk oligomenorrhea, perdarahan rahim yang abnormal. Dapat juga mengalami oligomenorrhea, dimana siklus haid berlangsung lebih dari 35 hari per siklus. Ada juga yang mengalami Amenorrhea, dimana seorang wanita tidak mengalami haid. Atau mungkin menderita menometrorrhagia, pendarahan menstruasi berlangsung lebih lama dan volume darah lebih banyak.

Haid tidak lancar diusia remaja disebabkan karena hormon tidak seimbang, tetapi pada wanita dewasa mungkin saja karena penyebab lain. Diantaranya karena kehamilan, spiral dan pil penunda kehamilan. Keduanya dapat menyebabkan perubahan seperti flek dalam siklus haid. Pada wanita pengguna pil terkadang dapat menyebabkan haid berhenti setelah pemakaian beberapa bulan pertama.


Penderita kista juga akan mengalami haid tidak lancar dan tidak teratur. Gejala ini disebut sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang disebabkan oleh kista kecil dalam indung telur. Hal ini tentunya akan membuat hormon wanita tidak seimbang, pelepasan sel telur manjadi tidak normal atau haid dengan darah yang sedikit. Selain itu, gangguan kelenjar tiroid juga dapat mempengaruhi haid tidak lancar dan tidak teratur.

Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur


Orang tua kita telah mewariskan ramuan tradisional yang dapat membantu wanita melancarkan haid. Racikan daun alami yang dapat diperoleh dari sekitar kita, dimana tanaman ini umumnya dijadikan sebagai hiasan. Tanaman kemuning dipercaya sangat baik untuk kesehatan, sebagai salah satu cara mengeluarkan darah haid yang tidak keluar. Nama latin kemuning disebut Murraya Paniculata, salah satu tumbuhan tropis yang berasal dari Indomalaya dan Australia utara. Nama lain kemuning sering disebut sebagai tanaman Kamuri, Kamoni, Kamone, Kajeri,ataupun Orange jessamine. Ciri-ciri tanaman ini tampak kecil, berbunga putih dan buahnya mirip dengan jeruk mini.

Adapun cara mengatasi haid tidak teratur dan tidak lancar, agar haid lancar dan keluar banyak dengan daun tanaman kemuning sebagai berikut:
  1. Siapkan 9 gram daun kemuning yang masih segar.
  2. Ditambah dengan 3 gram daun pacar kuku, dan 4 gram rimpang temulawak. 
  3. Cuci bersih seluruh herba dan di iris-iris kecil.
  4. Masukkan kedalam 120 ml air, kemudian direbus selama 15 menit dengan api kecil.
  5. Saring ramuan, dan minum airnya sekali sehari.

Baca juga:

Cara mengatasi haid tidak teratur dengan ramuan diatas dapat digunakan untuk wanita remaja dan dewasa. Hampir tidak ada efek samping dalam penggunaan ramuan herba daun kemuning. Penting diketahui, wanita yang menjalankan diet ataupun berolahraga secara berlebihan dan berat badan turun drastis, juga dapat menyebabkan haid tidak lancar. Penyebab lain juga disebabkan karena obesitas dan stres yang dapat memengaruhi siklus haid.

Referensi

Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur Agar Menstruasi Cepat Datang Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur Agar Menstruasi Cepat Datang Reviewed by Musa Al-Khawarizmi on 12/19/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.