Obat Tradisional Perut Kembung Dan Keras, Anak Dan Dewasa



Hampir semua orang pernah mengalami perut kembung dengan gejala sakit dan sulit buang angin ataupun sendawa. Perut kembung merupakan peningkatan gas abnormal atau meningkatnya diameter perut. Gejala kembung biasanya perut terasa keras yang dapat menyebabkan rasa sakit disertai kram dan buncit. Beberapa kasus dapat menyebabkan rasa nyeri tak tertahankan dan bahkan penderita merasa sesak napas. Ada cara mudah mengatasinya dengan obat tradisional perut kembung dan keras dari herba alami.

obat tradisional perut kembung dan keras

Rasa sakit pada perut kembung akan terasa tajam dan dapat menyebabkan kram. Beberapa penderita bahkan merasakan sakit ini pindah ke bagian tubuh lain dengan cepat. Salah satu gejala yang biasanya berhubungan dengan perut kembung adalah cegukan atau sendawa. Sendawa tidak berbahaya dan akan berkurang dengan sendirinya dengan tanda perut terasa lebih baik. Sendawa membantu mengeluarkan gas yang ada di saluran pencernaan sebelum bergerak ke usus yang akhirnya menyebabkan kembung. Walaupun juga perlu diperhatikan, tidak semua perut kembung merupakan sakit biasa. Penyebab lain perut kembung bisa saja karena asites dan tumor.

Menurut studi, umumnya kasus perut kembung disebabkan oleh diet yang tidak tepat ataupun terlambat makan. Kembung terjadi karena bakteri pada usus besar menghasilkan gas sebagai produk sampingan dari sistem pencernaan. Asupan serat dan air yang tidak teratur akan menyebabkan kembung atau konstipasi. Sumber serat alami yang paling umum adalah buah, sayuran, tepung ataupun gandum. Sumber makanan dari serat ini dianggap paling mungkin menyebabkan perut kembung. 

Penyebab dari makanan yang mengandung serat larut dan tidak larut. Serat yang tidak larut secara metabolik menyerap air pada sistem pencernaan dan membantu buang air besar. Serat larut merupakan prebiotik yang mudah difermentasi pada usus besar, sehingga menghasilkan gas. Makanan ini terkadang sering tidak diperhatikan sehingga dikonsumsi terlalu banyak.

Obat Tradisional Perut Kembung


Daun kemangi sampai saat ini dijadikan lalap khas daerah di Indonesia, nama latin disebut Ocimum Basilicum L. Kemangi termasuk tanaman semak yang tegak dengan bau khas seperti mint, tingginya bisa mencapai 1,5 meter. Bunga kemangi memiliki bibir berbentuk bulir berwarna putih dan merah muda. Biji tanaman ini bila kena air akan menggelembung seperti agar-agar. Tanaman ini tidak hanya sebagai lalapan, tetapi manfaatnya juga sangat baik untuk kesehatan lambung. 


Dalam mengobati penyakit perut kembung sebenarnya tidak begitu sulit. Nenek moyang kita terdahulu telah mempraktekkan obat tradisional perut kembung dan keras dari lalapan daun segar. Salah satunya daun kemangi yang bisa meredakan bahkan menyembuhkan hampir seluruh masalah pencernaan.


Adapun cara mengobati perut kembung dan keras pada anak dan dewasa dari daun kemangi sebagai berikut:
  1. Ambil segenggam daun kemangi yang masih segar.
  2. Kemudian dicuci bersih dengan air mineral atau yang sudah dimasak. 
  3. Untuk menyembuhkan perut kembung, sebaiknya memakan tanpa menambahkan menu lain. Daun ini dikunyah hingga mulut terasa pedas, dan telan airnya.
  4. Lakukan berulang selama 3 hari, dengan dosis sehari 2 kali.


Ramuan obat tradisional perut kembung dan keras diatas dapat digunakan untuk anak-anak diatas usia 5 tahun. Daun kemangi juga bisa mengobati perut kembung akibat maag, masuk angin, perut keras buncit dan membesar. Penting diperhatikan, dalam mengkonsumsi daun segar pastikan mencuci lebih dahulu. Terlebih daun yang dibeli dari petani banyak mengandung pestisida dan bahan kimia.

Referensi

Obat Tradisional Perut Kembung Dan Keras, Anak Dan Dewasa Obat Tradisional Perut Kembung Dan Keras, Anak Dan Dewasa Reviewed by Suzy Amelya on 1/08/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.