Cara Mengatasi Masuk Angin Berat, Kronis Di Dada Dan Punggung



Hampir setiap orang pernah merasakan masuk angin, salah satu penyakit yang dianggap tradisi. Masuk angin merupakan istilah untuk penyebutan gangguan tubuh yang disebabkan karena berkumpulnya gas yang tidak merata di dalam tubuh. Menurut medis, penyakit ini dianggap salah satu gangguan yang nyata karena mirip dengan gejala influenza. Sejak dahulu, para orang tua kita telah mempersiapkan cara mengatasi masuk angin berat, dan angin duduk kronis. Ramuan ini dipercaya ampuh mengatasi keluhan dan gangguan yang disebabkan masuk angin dan influenza.

Cara Mengatasi Masuk Angin Berat

Umumnya penyebab utama seseorang masuk angin karena udara dingin yang berlebihan. Hampir sama dengan influenza atau 'Cold' yang disebabkan suhu dingin, misalnya terlalu lama di ruangan AC, terkena air hujan, dan hembusan angin. Kondisi tubuh yang lemah dan lelah akan menyebabkan mudah terserang penyakit masuk angin. Pada orang dewasa, biasanya cara mengatasi masuk angin berat dengan memijat tubuh yang dilumuri dengan minyak hangat. Atau bisa juga dengan meminum ramuan yang membuat tubuh hangat, seperti minuman ekstrak jahe.

Gejala ini sering terjadi ketika suhu udara berganti, pergantian cuaca membuat tubuh tampak tidak fit. Beberapa orang mengalami influenza dan masuk angin karena kurang tidur atau berada diluar dari malam hingg pagi hari. Masuk angin juga disebabkan karena terlambat makan dan terlalu banyak pikiran, sehingga pembentukan gas berlebih didalam tubuh. 

Cuaca dingin menyebabkan mekanisme Vasoconstriction atau penyempitan pembuluh darah agar tidak terjadi pengeluaran kalori berlebihan dari tubuh. Hal ini terjadi untuk mencegah agar tubuh tidak mengalami penurunan suhu atau hipotermia. Penyempitan pembuluh darah menjadi kurang lancar, sehingga asam laktat akan terakumulasi pada otot yang menyebabkan rasa pegal.

Perubahan suhu tidak hanya menyebabkan penyempitan pembuluh darah, tetapi juga menyebabkan rambut sel pada saluran napas bergerak lambat. Efek ini menyebabkan tubuh menjadi rentan terkena infeksi seperti batuk dan pilek atau influenza. Cuaca dingin menyebabkan gerak peristaltik usus menjadi lambat, sehingga gas berkumpul disaluran pencernaan. Kondisi ini menyebabkan perut terasa kembung dan rasa mual.

Gejala umum yang dirasakan ketika tubuh mengalami masuk angin diantaranya adalah meriang atau menggigil. Selalu merasa kedinginan, ditandai pada ujung jari kaki dan tangan, terkadang cegukan. Umumnya perut terasa kembung, mudah lelah, sering mengantuk, pilek dan demam. Terkadang juga disertai diare, sulit buang air besar, sulit buang angin dan sendawa. Masuk angin berat paling sering merasakan mual dan muntah, berkeringat dingin, dan nafsu makan berkurang.

Cara Mengatasi Masuk Angin Berat


Tanaman kesumba merah memang jarang terlihat, nama latin tanaman ini disebut Bixa Orellana. Kesumba termasuk tanaman semak atau pohon kecil yang berasal dari daerah tropis Amerika. Dalam sejarah tradisi, penduduk asli Amerika awalnya menggunakan biji untuk membuat cat tubuh dan warna lipstik merah. Kesuma juga digunakan sebagai bumbu masakan, dan bermanfaat sebagai persediaan herba alami.

Buah kesumba memang tampak mirip seperti buah rambutan, memiliki bulu dan berwarna merah. Secara tradisional, biji kesumba diekstraksi dengan pelarut atau dengan cara merebus biji kedalam minyak. Ektrak ini digunakan untuk mewarnai keju, margarin, coklat, kain dan cat. Minyak kesumba dipercaya kaya senyawa Tocotrienols, beta-karoten, minyak atsiri, asam lemak jenuh dan tak jenuh, flavonoid dan vitamin C. 

Adapun cara mengatasi masuk angin berat, obat masuk angin tradisional untuk orang dewasa dengan ramuan berikut:
  1. Siapkan 15 gram daun Kesumba, kemudian dicuci bersih. 
  2. Ditambah dengan 30 gram gula Jawa.
  3. Masukkan seluruh bahan herba kedalam 500 ml air, kemudian rebus selama 15 menit. Ramuan ini diminum 3 kali sehari, atau minimal setiap pagi dan sore.

Baca juga:

Ramuan tersebut juga dapat mengatasi demam, salah satu cara cara mengobati masuk angin kronis, menghilangkan masuk angin di dada. Juga merupakan cara menghilangkan masuk angin duduk di punggung dan mengobati masuk angin kedalon.

Referensi

  • Textbook of Oral Medicine. Publish by Jaypee Brothers Publishers, 2008.
  • Understanding the symptoms of the common cold and influenza. by Lancet Infect Dis, DOI:10.1016/S1473-3099(05)70270-X
Cara Mengatasi Masuk Angin Berat, Kronis Di Dada Dan Punggung Cara Mengatasi Masuk Angin Berat, Kronis Di Dada Dan Punggung Reviewed by Suzy Amelya on 12/13/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.