Cara Membonsai Kemuning Lokal, Stek Dan Cangkok



Kemuning memang dikenal sebagai tanaman hias mini yang dapat menambah koleksi bonsai. Tanaman ini tidak hanya sebagai sumber herba, tetapi beberapa peminat bonsai juga telah membudidayakannya sebagai salah satu tanaman bernilai. Ada beberapa cara membonsai kemuning, dimulai dengan metode penyemaian biji, stek batang dan cangkok tanaman. Bakalan bonsai dapat dibuat sendiri, sehingga tidak perlu memindahkan tanaman dari alam. 

Cara Membonsai Kemuning

Terkadang dalam membuat bakalan bonsai sangat diperlukan kesabaran dan perhatian khusus. Karena pembentukan bonsai memerlukan waktu yang sangat lama hingga menjadi sempurna. Membuat bakalan bonsai dapat dikerjakan dengan berbagai cara seperti penyemaian biji, stek batang, cangkok, okulasi ataupun enten. Metode-metode ini sangat praktis sehingga kita bisa menyesuaikan bentuk yang di inginkan.

Pohon kemuning akan tampak berbunga indah dan manfaatnya juga dipercaya sangat baik untuk kesehatan. Nama latin kemuning disebut Murraya Paniculata, salah satu tumbuhan tropis yang berasal dari Indomalaya dan Australia utara. Nama lain kemuning sering disebut sebagai Kamuri, Kamoni, Kamone, Kajeri,ataupun Orange jessamine. Jasmine orange, Chinese box, Mock orange, Mock lime, dan Satinwood. Ciri tanaman ini tampak kecil, berbunga putih dan buahnya mirip dengan jeruk mini.

Menurut studi, kemuning dianggap sebagai gulma invasif di Australia. Tanaman ini tumbuh berkembang yang benihnya disebarkan oleh burung, berkembang di lahan yang lembab. Sehingga banyak orang yang membuat bonsai dengan cara merusak lingkungan, mengambil yang sudah tumbuh di alam liar. Cara ini memang praktis dan menghemat waktu, tetapi dampaknya akan mengurangi perkembangan kemuning di alam sekitar kita.

Kemuning hidup dan berkembang diwilayah tropis dengan tinggi tanaman berkisar 7 meter. Tanaman ini termasuk salah satu tumbuhan berbunga sepanjang tahun. Kemuning umumnya berciri-ciri daun tampak glossy, terdiri dari 3 sampai 7 selebaran yang menyirip dan berbentuk bulat panjang. Ciri-ciri buah kemuning ampak berdaging, lonjong berwarna merah hingga berubah oranye, dengan panjang sekitar 2 cm.

Cara Membonsai Kemuning


Banyak orang tertarik dengan budidaya bonsai kemuning karena sifatnya yang keras, dapat bertoleransi terhadap tanah keras. Tanaman ini dapat tumbuh di tanah alkali, tanah liat, berpasir, dan tanah dengan kadar asam tinggi. Sehingga bisa dijadikan sebagai pagar tanaman dan dapat berbunga sepanjang tahun. Bunga kemuning sangat menarik dan harum sehingga menarik lebah, dan buahnya sering dimakan burung liar. 

Adapun beberapa cara membonsai kemuning untuk menambah koleksi tanaman hias dirumah sebagai berikut:
  1. Bakalan bonsai dibudidayakan dari penyemaian biji dengan cara memilih buah kemuning yang paling baik. Kupas buah dan bersihkan kemuning dari daging yang tersisa. Kemudian rendam biji kedalam air bersih selama 24 jam. Setelah itu, biji disemai ke wadah media tanam yang telah disediakan.
  2. Cara kedua dengan stek batang yang telah tua. Cara stek kemuning cukup mudah, potong cabang tanaman yang sudah tua kemudian direndam selama 12 jam. Tancapkan kedia tanam yang berisi campuran tanah dan kompos, dan letakkan ditempat yang teduh. Tunas akan tumbuh dalam waktu 4 minggu, setelah melewati usia 4 bulan maka sudah bisa dipindahkan kedalam pot baru.
  3. Cara mencangkok kemuning hampir sama dengan tanaman lainnya, mengupas kulit batang yang telah tua dan membersihkannya. Media yang paling baik digunakan dalam mencangkok adalah cocopeat ataupun kompos lumut.

Cara membonsai kemuning yang paling umum antara lain dengan memotong batang atau pucuk tanaman, atau disebut Trimming. Sebaiknya kemuning ditanam pada pot kecil dan melakukan pemangkasan akar secara rutin, membuang tunas baru atau Bud Nipping terus menerus. Bonsai kemuning sebaiknya diletakkan pada tempat yang mendapat sinar matahari penuh. Pemotongan cabang diperlukan apabila ukurannya masih terlalu tinggi, sehingga ukurannya sesuai dengan yang dikehendaki.

Bakal bonsai kemuning yang ditanam pada pot kecil tentunya akan menghasilkan cabang akar yang sangat banyak. Sehingga perlu perhatian khusus agar dapat memotong cabang yang tumbuh sesuai bentuk yang diinginkan. Pertumbuhan akar yang cepat akan mendorong tunas baru, sehingga tunas-tunas ini perlu dibersihkan dari batang utama agar tidak merusak bentuk bonsai.

Baca juga:

Rutinitas ini perlu dijaga, sehingga pertumbuhan kemuning akan tampak kerdil. Pengerdilan tanaman sangat membutuhkan kesabaran dan keuletan, jika tidak maka bonsai yang diharapkan akan tumbuh besar. Cara membonsai kemuning juga dapat dengan memberikan bahan kimia yang menghambat pertumbuhan. Atau juga dapat dilakukan persilangan varietas tanaman yang dapat merubah genetik mendjadi tanaman kerdil.
Cara Membonsai Kemuning Lokal, Stek Dan Cangkok Cara Membonsai Kemuning Lokal, Stek Dan Cangkok Reviewed by Suzy Amelya on 12/17/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.