Teh Daun Jombang Dandelion Untuk Kanker Dan Cara Membuatnya



Tanaman jombang telah menjadi incaran pengguna herba, karena manfaatnya ternyata mampu menyembuhkan penyakit kronis. Diantaranya dengan mengkonsumsi teh daun jombang dipercaya mampu mengatas penyakit kanker dan penyakit radang menyakitkan. Tanaman jombang disebut juga tarsakum, dalam bahasa latin disebut Taraxacum Officinale. Nama lain rumput jombang disebut randa tapak, sawi hutan, Common Dandelion atau Dandelion. Tanaman dandelion Indonesia merupakan herba abadi yang berasal dari keluarga Asteraceae (Compositae).

Teh Daun Jombang Dandelion

Tumbuhan ini dapat ditemukan di daerah beriklim sedang, bahkan banyak tumbuh di halaman berumput dan pinggir jalan. Juga banyak tumbuh di tepi sungai dan area lainnya dengan kondisi tanah lembab. Jombang memang dianggap sebagai gulma yang digunakan sebagai ramuan herba dan dalam lalapan. Dandelion dikenal dengan ciri khas kepala bunga kuning yang berubah menjadi bola bundar.

Diluar negeri, nama lain daun jombang diantaranya termasuk blowball, lion's-tooth, cankerwort, milk-witch, yellow-gowan. Irish daisy, monks-head, priest's-crown, faceclock, pee-a-bed, wet-a-bed, swine's snout, white endive, and wild endive.

Akar randa tapak umumnya tidak bercabang dan menghasilkan satu sampai lebih dari sepuluh batang. Biasanya tinggi antara 5 hingga 40 cm, tetapi ada pula yang mencapai sampai 70 cm. Batang tanaman bisa berwarna ungu keunguan, tumbuh tegak atau longgar. Ciri-ciri bunga dandelion memiliki kepala bunga setinggi atau lebih tinggi dari dedaunan. Bentuk daun dandelion tampak tegak atau horizontal, memiliki tangkai daun yang tidak bersayap ataupun bersayap tipis. Bentuk daun dandelion berdiameter 5 hingga 45 cm dan luasnya antara 1 hingga 10 cm. Bentuknya oblance, lonjong atau bongkok, dengan dasar menyempit hingga ke tangkai daun, bergigi tajam atau kusam.

Ciri batang bisa saja licin atau jarang ditutupi dengan rambut halus pendek. Tanaman jombang memiliki getah susu dan daun semuanya basal, dimana setiap batang berbunga tidak memiliki cabang dan memiliki satu kepala bunga tunggal. Kepala bunga kuning tidak memiliki wadah yang disebut florets, ligulate dan biseksual.

Teh Daun Jombang, Dandelion


Rebusan air berupa teh daun jombang tidak hanya dikonsumsi untuk orang yang sakit. Dapat diminum orang yang sehat agar menigkatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan sel darah putih. Khasiat akar dandelion sebagai anti toksin, peluruh kencing, pereda panas, penguat lambung. Juga meningkatkan nafsu makan, melancarkan pengeluaran ASI, serta menurunkan kadar gula darah. Akar tanaman ini dapat dijadikan sebagai hidangan lalapan.

Teh Daun Jombang Dandelion

Menurut sejarah, tanaman dandelion dianggap sangat berharga dalam berbagai pembuatan obat tradisional. Tanaman ini mengandung senyawa aktif farmakologis diantaranya flavonoid termasuk luteolin, apigenin, isoquercitrin, asam caffeic, dan asam chlorogenic. Juga mengandung terpenoid, triterpen, dan seskuiterpen. Herba dandelion telah digunakan sebagai obat herbal di Eropa, Amerika Utara, dan China. Ramuan ini juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, infeksi, empedu dan masalah hati, dan diuretik. 

Adapun cara membuat teh daun jombang atau dandelion dapat dilakukan dengan mudah dirumah. Langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut:
  1. Siapkan 50 gram daun jombang segar.
  2. Masukkan kedalam 300 ml air mendidih, atau dapat direbus dengan api kecil sampai mendidih selama 15 menit. 
  3. Minum teh daun jombang setiap pagi dan sore hari.

Baca juga:

Apa saja penyakit yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi teh daun jombang? Menurut tradisi, ramuan ini dapat menyembuhkan berbagai jenis kanker karena kandungan fitonutrien yang tinggi. Ramuan dipercaya dapat menghaluskan kulit wajah, mengurangi jerawat, menyembuhkan leaver, dan menurunkan hipertensi. Teh daun jombang atau dandelion juga digunakan sebagai obat pencahar ringan, untuk meningkatkan nafsu makan dan untuk memperbaiki pencernaan. Getah susu yang keluar dari batang tanaman digunakan sebagai obat nyamuk dan sebagai obat tradisional untuk mengobati kutil.

Referensi

  • The Encyclopedia of Herbs and Herbalism. Publish by New York: Grosset & Dunlap, 1979.
  • Taraxacum officinale, image courtesy of Wikimedia Commons
Teh Daun Jombang Dandelion Untuk Kanker Dan Cara Membuatnya Teh Daun Jombang Dandelion Untuk Kanker Dan Cara Membuatnya Reviewed by Suzy Amelya on 11/03/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.