Rumput Jarong Lelaki, Tanaman Hias Sekaligus Herba Sehat



Tanaman rumput jarong lelaki terkadang sering terlihat disemak perkebunan, sebagai tanaman gulma yang mengganggu. Tetapi siapa sangka, tanaman ini ternyata juga sangat menarik dijadikan sebagai hiasan dan bahan herba berkualitas. Nama latin jarong lelaki disebut Stachytarpheta sp, merupakan spesies tanaman berbunga dari keluarga verbena. Nama lain jarong lelaki disebut daun Sangketan, Nyarang, Sui in sui, Sangko hidung, Rai rai, Dodinga. Selain itu, kembang jarong adalah sebutan untuk tanaman di daerah sunda.

Rumput Jarong Lelaki

Tanaman ini diduga asli berasal dari Meksiko, Karibia, dan Amerika Selatan. Kemudian berkembang luas sebagai tanaman hias kebeberapa negara, termasuk ke Asia Tengggara. Menurut tradisi, spesies jarong lelaki merupakan tanaman ramuan, herba abadi yang umumnya tumbuh setinggi 10 sampai 50 centimeter. Tanaman ini termasuk salah satu spesies invasif yang banyak tumbuh di Fiji, Hawaii, Queensland, dan Asia Tenggara.

Klasifikasi tumbuhan jarong yang paling dikenal diantaranya adalah Stachytarpheta cayennensis, Stachytarpheta jamaicensis. Kedua spesis ini umum dibudidayakan di Indonesia, dengan ciri bunga berwarna biru. Selain itu juga ada Stachytarpheta mutabilis, Stachytarpheta gesnerioides, Stachytarpheta australis, Stachytarpheta indica.

Menurut penelitian, rumput jarong lelaki mengandung reilosa, galaktosa, glukosa, akirantin, alkaloid. Sementara biji jarong mengandung sapogenin dan hentriakontan. Akar rumput jarong lelaki mengandung triterpenoid, saponin, dan cedysterone. Kandungan tanaman ini bisa digunakan sebagai bahan herba alami untuk pembuatan jamu tradisional. Tidak hanya sekedar tanaman hias yang berbunga cantik, jarong lelaki telah lama digunakan nenek moyang kita sebagai obat tradisional. 

Beberapa manfaat rumput jarong lelaki diantaranya dapat mengobati demam, malaria, enteritis, radang amandel, radang paru. Daun jarong lelaki juga merupakan salah satu solusi cara menghilangkan penyakit gondok. Juga dapat mengatasi radang sendi, batu ginjal dan infeksi ginjal, muntah darah, nyeri haid dan mempermudah persalinan.

Budidaya Rumput Jarong Lelaki


Banyak petani yang merasa terganggu dengan tanaman jarong lelaki. Spesies ini terkadang tidak terkendali, budidaya tanaman cepat berkembang dan menjadi gulma di alam bebas. Sehingga tanaman menjadi liar, tumbuhan disekitarnya dapat terganggu akibat perkembangannya. Jarong lelaki merupakan tumbuhan semak, tanaman ini hidup hidup liar di pinggir jalan, tanah kosong dan berumput. Tanaman ini dapat hidup di dataran rendah maupun tinggi, dan daerah kering ataupun basah. 

Ciri-ciri batang jarong lelaki tampak berbulu yang dipenuhi dengan tangkai daun. Batang berkayu segi empat bercabang berwarna hijau kecokelatan. Dan ciri-ciri bentuk daun jarong lelaki tampak kasar dengan tekstur berbentuk lonjong atau berbentuk tombak. Panjang daun jarong lelaki mencapai 12 centimeter. Pertulangan daun tampak menyirip, berbulu dan berwarna hijau. 

Ciri-ciri bunga jarong lelaki memiliki bulir memanjang, ujung tegak, berbunga banyak dan berwarna biru. Bunga majemuk mempunyai bulir buah yang tampak kecil, berbentuk bulat dan keras. Buah muda berwarna hijau, dan setelah tua berwarna hitam. Tangkai bunga pendek, mahkota berbentuk tabung dan bagian dalam berambut putih. Bunga tanaman ini sangat menarik beragam serangga. Bagian tanaman mengandung ipolamiide glikosida iridoid, yang berfungsi menghambat serangga perusak tanaman.

Baca juga:
Budidaya rumput jarong lelaki sangat mudah, perawatannya juga tidak memerlukan perhatian khusus. Tanaman ini mampu berkembang dengan baik di wilayah tropis panas maupun curah hujan tinggi. Jarong dapat dijadikan hiasan, ditanam dalam pot dengan bunga berwarna biru keunguan. Perhatikan campuran tanah dalam pot, sebaiknya media tanam menggunakan campuran tanah, pasir dan kompos.

Jarong lelaki tidak memerlukan pupuk dalam perkembangannya. Tanaman ini bahkan dapat tumbuh liar dipinggir jalan dan kebun tanpa perawatan khusus. Karena warna dan bentuk bunga yang indah, banyak orang yang tertarik membudidayakannya. Yang terpenting adalah unsur hara yang terkandung dalam media tanam. Jika mencukupi, maka akan tumbuh subur dan cepat berbunga.

Referensi

  • Stachytarpheta sp, image courtesy of Wikimedia Commons.
Rumput Jarong Lelaki, Tanaman Hias Sekaligus Herba Sehat Rumput Jarong Lelaki, Tanaman Hias Sekaligus Herba Sehat Reviewed by Suzy Amelya on 11/10/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.