Ramuan Tradisional Menghilangkan Uban Prematur Wanita Dan Pria



Rambut beruban di usia tua memang sudah biasa dan tidak menjadi masalah. Tetapi rambubut yang beruban di usia muda tidak bisa dianggap sebelah mata, karena mempengaruhi penampilan kita. Beberapa orang di usia muda pernah mengalami rambut beruban, bisa saja disebabkan oleh faktor lingkungan dan gizi. Orang tua kita telah mewariskan ramuan tradisional menghilangkan uban yang dapat digunakan dari usia remaja hingga manula.

ramuan tradisional menghilangkan uban

Menurut medis, warna rambut diciptakan dari pigmen melanin yang ditemukan didalam inti setiap rambut. Melanin juga salah satu penentu warna kulit dan mata, dan hanya ada dua jenis pigmen yaitu Eumelanin (gelap) dan Phaeomelanin(terang). Kedua pigmen ini kemudian dikombinasikan dan menciptakan semua warna rambut didunia. Ada beberapa orang memiliki rambut berwana putih, dan ini bukan termasuk uban. Pigmen yang menciptakan rambut mereka sehingga tampak unik dari yang lain.

Melanin merupakan hasil dari sel khusus yang disebut melanosit. Sel ini berada disetiap folikel rambut yang tumbuh. Melanosit akan menyuntikkan melanin ke dalam sel rambut yang mengandung protein keratin. Proses ini kemudian akan membentuk rambut, kulit, dan kuku. Selama melanosit terus menyuntikkan melanin ke dalam sel rambut, rambut akan tampak berwarna alami. Tetapi seiring usia, melanin berkurang dan akhirnya berhenti, sehingga rambut berubah menjadi putih.

Dalam penelitian dari tim ilmuwan Harvard menjelaskan bahwa penyebab uban karena kegagalan sel induk melanosit memproduksi pigmen esensial. Hal ini bisa saja karena usia dan faktor genetik setelah jangka waktu tertentu. Bahkan beberapa orang mengalami perubahan warna rambut dan rusak pada usia dua puluhan. Rambut beruban memang menjadi dilema, terutama dikalangan kaum wanita yang masih berusia 20-30an, tentunya tidak menginginkan hal ini terjadi sedini mungkin.

Dalam medis, uban rambut prematur dikenal sebagai canities. Beberapa studi memperkirakan bahwa uban rambut prematur pada orang berkulit putih sebelum usia 20 tahun. Sedangkan uban rambut prematur pada orang Asia terjadi sebelum usia 25 tahun, dan orang Afrika sebelum usia 30 tahun. Perubaan ini merupakan proses multi-faktorial yang kompleks, diperngaruhi faktor gizi, genetik dan lingkungan. 

Ramuan Tradisional Menghilangkan Uban


Orang tua kita sejak dahulu telah mempersiapkan ramuan tradisional menghilangkan uban dari bahan alami. Herba ini bisa dengan mudah ditemukan disekitar kita, dan banyak yang tidak menyadari karena dianggap rumput gulma. 

Altenanthera sessilis (kremah) masih tergolong family Amaranthaceae (bayam-bayaman). Nama lain rumput kremah disebut Daun rusa, Kremak, Sayur udang, Jukuk demah, Kremek, Kremi, Matean. Rumput kremah dapat ditemukan di seluruh daerah tropis dan subtropis, karena tanaman ini termasuk salah satu herba kuno. Adapun cara membuat ramuan tradisional menghilangkan uban, cara menghilangkan uban secara alami dan cepat sebagai berikut:
  1. Ambil beberapa pucuk daun Kremah.
  2. Kemudian cuci bersih, dan di iris-iris kecil.
  3. Herba ini cukup diseduh kedalam segelas air panas yang baru mendidih selama 15 menit. 
  4. Setelah dingin, air dan irisan daun digosokkan pada kulit kepala.
  5. Lakukan perawatan rutin setiap hari, hingga perubahan terjadi pada rambut.

Baca juga:

Selain ramuan tradisional menghilangkan uban, sebaiknya juga menkonsumsi gizi yang cukup. Kekurangan nutrisi seperti defisiensi vitamin B12 dan D3, zat besi, kekurangan protein, sangat berkaitan dengan uban prematur. Merokok juga menjadi faktor yang berhubungan dengan uban prematur. Menyebabkan oksigen reaktif mengarah pada peningkatan stres oksidatif. Hal ini berpuncak pada kerusakan sel melanin, melanosit. Paparan sinar ultraviolet yang berkepanjangan juga menyebabkan uban rambut premature.

Referensi

  • Oxidative Stress in Ageing of Hair. Publish by International Journal of Trichology, 2017. DOI:10.4103/0974-7753.51923
Ramuan Tradisional Menghilangkan Uban Prematur Wanita Dan Pria Ramuan Tradisional Menghilangkan Uban Prematur Wanita Dan Pria Reviewed by Suzy Amelya on 11/19/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.