Obat Tradisional Setelah Bersalin, Jamu Buatan Sendiri



Melahirkan merupakan proses yang terjadi pada setiap wanita. Proses ini juga dikenal sebagai persalinan yang merupakan akhir dari kehamilan seorang wanita. Di negara maju umumnya banyak wanita yang melakukan persalinan di rumah sakit. Berbeda di negara berkembang, dimana kebanyakan wanita melahirkan dirumah dengan cara tradisional. Beberapa diantaranya juga menyediakan obat tradisional setelah bersalin, untuk membantu stamina wanita dan kembali normal.

obat tradisional setelah bersalin

Menurut studi, setiap tahun wanita mengalami komplikasi kehamilan dan persalinan. Hal ini mengakibatkan 500,000 kematian ibu hamil dan sekitar 7 juta wanita memiliki masalah kesehatan jangka panjang. Sebagian besar permasalahan ini terjadi di negara berkembang. Dimana komplikasi spesifik meliputi persalinan yang terganggu, pendarahan setelah persalinan, eklampsia, dan infeksi setelah melahirkan.

Beberapa wanita kebanyakan memilih agar menghindari pengobatan modern saat melahirkan. Diantaranya ada pula yang menjalani teknik relaksasi, perendaman dalam air, pemijatan, dan akupunktur. Metode ini dipercaya bisa mengurangi rasa sakit setelah bersalin. Akupunktur dan relaksasi dapat mengurangi jumlah seksio pada kelahiran sesar. Perendaman kedalam air berguna untuk mengurangi rasa sakit pada tahap pertama persalinan dan dapat mempersingkat durasi persalinan. Umumnya wanita di Indonesia menjalani pengobatan secara psikologis ataupun tradisional dengan beragam ramuan herba setelah bersalin.

Obat Tradisional Setelah Bersalin


Secara tradisi, nenek moyang kita telah mengajarkan cara membuat obat tradisional setelah bersalin. Ramuan ini dapat membuat kesehatan kembali normal, menambah stamina, mengecilkan dan menghilangkan selulit perut. Salah satunya dengan menggunakan herba daun iler atau jawer kotok, tanaman ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Jawer kotok biasanya paling banyak ditanam sebagai tanaman hias dengan beragam warna daun.

Ada banyak jamu buatan sendiri selepas bersalin yang bisa diberikan kepada wanita. Orang tua kita telah mewariskan ramuan tradisional mengecilkan perut setelah melahirkan, atau jamu habis melahirkan buatan sendiri. Adapun cara membuat obat tradisional setelah melahirkan dari daun jawer kotok sebagai berikut:
  1. Siapkan 12 lembar daun iler/jawer kotok segar, kemudian cuci bersih. 
  2. Tambahkan 1 sendok teh herba Jung Rahab (Baeckea frutescens), dibakar dan diambil abunya. 
  3. Tambahkan sedikit asam kawak/jawa (Tamarindus Indica linn). 
  4. Seluruh herba dihaluskan dan tambahkan sedikit air. Kemudian dipipis hingga berbentuk pasta. 
  5. Obat tradisional setelah bersalin ini ditapalkan pada perut ibu yang baru melahirkan.

Baca juga:

Menurut studi, beberapa wanita lebih suka didampingi oleh seseorang ketika menjalani persalinan dan kelahiran. Bisa saja dari keluarga dekat, teman dekat, bidan atau perawat. Begitu pula setelah melahirkan, setidaknya ada orang-orang yang dikenal dekat mendampingi selama proses penyembuhan setelah bersalin. Dukungan orang-orang terdekat secara terus-menerus dapat mengurangi kebutuhan akan pengobatan.

Referensi

  • Care of healthy women and their babies during childbirth. Publish by National Institute for Health and Care Excellence. December 2014.
Obat Tradisional Setelah Bersalin, Jamu Buatan Sendiri Obat Tradisional Setelah Bersalin, Jamu Buatan Sendiri Reviewed by Suzy Amelya on 11/01/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.