Obat Tradisional Pneumonia, Radang Paru-Paru Anak Dan Dewasa



Beberapa orang dewasa tidak menyadari munculnya gejala radang paru-paru atau pneumonia. Pneumonia merupakan kondisi inflamasi pada paru-paru utama yang memengaruhi kantung udara mikroskopik (alveolus). Radang paru-paru paling sering disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, obat-obatan, dan penyakit autoimun. Nenek moyang kita telah mempersiapkan obat tradisional pneumonia, radang paru-paru basah untuk anak dan dewasa. Tanaman ini cukup mudah ditemukan, dan cara mengolahnya pun tidak sulit.

Obat Tradisional Pneumonia, Radang Paru-Paru

Penderita pneumonia biasanya mengalami gejala batuk, dada terasa nyeri, merasakan demam dan sulit bernapas. Pengobatan medis biasanya dengan cara memberikan vaksin untuk mencegah jenis pneumonia tertentu dan tergantung penyebabnya. Pneumonia bakterial dapat diobati dengan memberikan antibiotik, tetapi jika kondisi sudah parah maka sebaiknya segera dibawa ke dokter.

Fakta tentang penyakit radang patu-paru terjadi setiap tahunnya, telah menjangkiti 450 juta orang atau sekitar 7 persen penduduk dunia. Penyakit ini telah menyebabkan sekitar 4 juta kematian setiap tahunnya, sehingga tidak bisa dianggap sebelah mata. Paling banyak menelan korban di negara berkembang dan orang-orang yang berusia sangat lanjut, sangat muda. Selain itu juga menyebabkan kematian pada penderita penyakit kronis karena bakteri dan virus berkembang.

Obat Tradisional Pneumonia


Beberapa faktor risiko yang dapat memengaruhi penyakit radang paru-parudisebabkan oleh rokok, imunodefisiensi, alkohol. Juga disebabkan oleh penyakit obstruktif paru kronis, penyakit ginjal kronis, penyakit hati, dan telah lanjut usia. Menurut pengobatan tradisional, penyakit ini dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi daun Komfrei. Dalam bahasa latin, komfrei disebut Symphytum officinale L, nama lain disebut sebagai kompri, gompfri, kompering.

Tanaman ini mengandung senyawa kimiawi yaitu symphytine, echimidine, anadoline, alkaloid pyrrolizidine. Juga mengandung senyawa tanin, minyak atsiri, allatonin, vitamin B1, B2, C dan E. Efek Farmakologis Cina dan pengobatan tradisional lain menyebutkan bahwa komfrei memiliki sifat dingin dan rasanya agak sedikit pahit. Adapun cara mengolah komfrei menjadi obat tradisional pneumonia, radang paru-paru anak dan dewasa:
  1. Siapkan 4 lembar daun komfrei segar, setelah itu dilemaskan dengan garam dan dicuci 2 kali. 
  2. Daun ini kemudian di juice dan diminum untuk 2 kali. 
  3. Atau dengan cara direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas. 
  4. Ramuan ini diminum 2 kali sehari.

Baca juga:

Penderita pneumonia yang menular biasanya menderita batuk produktif, demam yang disertai rasa menggigil bergetar. Juga mengalami kesulitan bernapas, nyeri dada menghunjam ketika menarik napas. Gejala khusus pada anak-anak diantaranya demam, batuk, dan napas yang cepat.

Gejala batuk sering tidak muncul pada anak-anak berusia kurang dari 2 bulan. Gejala yang lebih parah diantaranya kulit tampak biru, rasa haus berkurang, konvulsi, muntah-muntah, suhu ekstrem atau tingkat kesadaran berkurang. Pemberian obat tradisional pneumonia untuk anak lebih berhati-hati, apabila tidak ada perubahan sebaiknya bawa ke rumah sakit.

Referensi

  • Respiratory disease and its management. Publish by New York: Springer, 2009. 
  • Clinical infectious diseases: an official publication of the Infectious Diseases Society of America. DOI:10.1086/511159
Obat Tradisional Pneumonia, Radang Paru-Paru Anak Dan Dewasa Obat Tradisional Pneumonia, Radang Paru-Paru Anak Dan Dewasa Reviewed by Suzy Amelya on 11/23/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.