Obat Tradisional Nyeri Haid Hari Pertama Dan Berlebihan



Nyeri haid memang sangat mengganggu aktifitas seorang wanita, tidak nyaman dan tidak sedikit orang yang terganggu pikirannya. Nyeri haid atau bahasa medis menyebutnya sebagai Dismenorea, merupakan kram otot pada perut bagian bawah. Gejala gangguan ini biasanya muncul sebelum haid ataupun ketika mengalami menstruasi. Beberapa orang terkadang mengalami nyeri teramat sangat atau cukup parah. Ada beberapa obat tradisional nyeri haid yang dapat digunakan oleh wanita untuk meredakan rasa nyeri ini.

Obat Tradisional Nyeri Haid

Keluhan beberapa wanita biasanya mengalami rasa nyeri menyebar hingga ke punggung dan paha. Terkadang rasa nyeri ini berlangsung selama 2 hingga 3 hari. Sembilan dari sepuluh wanita biasanya mengalami nyeri haid dan rasa tidak nyaman saat mengalami menstruasi. Dinding otot rahim berkontraksi sehingga menekan pembuluh darah di sekitarnya. Kadar oksigen ke dalam rahim terhambat sehingga muncul rasa nyeri di bagian bawah perut, hal ini menyebabkan nyeri haid tak tertahankan. Kondisi seperti ini sangat umum, dan nyeri yang dirasakan setiap wanita bisa saja berbeda-beda.

Sakit perut saat haid apakah berbahaya? Gangguan rasa nyeri ini paling sering terjadi pada wanita yang lebih tua karena masalah mendasar seperti fibroid uterus, adenomiosis ataupun endometriosis. Rasa nyeri ini juga sering terjadi pada wanita yang mengalami menstruasi berat, menstruasi tidak teratur, dan terlalu kurus. Pada anak remaja, awal menstruasi juga sering mengalami rasa nyeri. Gejala ini diperkirakan terjadi 20 hingga 90 persen di usia subur. Dimulai dalam waktu satu tahun ketika mengalami menstruasi pertama, dan akan membaik seiring bertambahnya usia atau setelah memiliki anak.

Obat Tradisional Nyeri Haid


Menurut penelitian medis, nyeri haid jarang terjadi pada orang yang berolahraga secara teratur. Paling umum mengatasi nyeri haid dengan cara meletakkan botol atau kain hangat. Sementara obat-obatan modern yang digunakan diantaranya ibuprofen, kontrol kelahiran hormonal, dan progestogen. Bahkan nenek moyang kita telah mempersiapkan ramuan obat tradisional nyeri haid sejak dahulu untuk anak cucunya. Adapun obat tradisional nyeri haid dan cara membuatnya dengan panduan tips dibawah.

Saat ini banyak orang yang hampir tidak mengenal sama sekali manfaat dari berbagai tanaman Indonesia. Salah satunya asam jawa, herba ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Cara menghilangkan nyeri haid secara alami dengan asam jawa sebagai berikut:
  1. Sediakan 1 ruas ibu jari buah Asam Jawa, 1 jari rimpang kunyit. 
  2. Masukkan keseluruhan herba kedalam air 200 ml, kemudian panaskan hingga mendidih. 
  3. Seduh ramuan untuk sekali minum 100 ml. 
  4. Lakukan setiap pagi dan sore.

Baca juga:

Jeruk nipis ternyata tidak hanya sebagai buah penyegar yang disajikan kedalam minuman jus. Buah ini memiliki berbagai manfaat, diantaranya dapat menghilangkan nyeri haid. Adapun cara menghilangkan nyeri haid secara alami dengan cepat, obat sakit haid berlebihan, dapat menggunakan ramuan berikut:
  1. Siapkan 1 buah jeruk nipis.
  2. Tambahkan 2 jari kapur sirih, dan minyak kayu putih secukupnya. 
  3. Peras buah jeruk nipis hingga habis airnya, kemudian tambahkan kapur sirih dan minyak kayu putih. 
  4. Seluruh ramuan diaduk sampai merata, kemudian oleskan pada perut.

Beberapa cara alami yang lain bisa dilakukan sendiri untuk mengatasi nyeri haid. Tetapi untuk nyeri haid yang parah, sebaiknya periksa kesehatan ke dokter untuk mengetahui penyebab lain yang mengakibatkan rasa nyeri haid tersebut.

Referensi

  • Diagnosis and initial management of dysmenorrhea. By American family physician, 2014.
Obat Tradisional Nyeri Haid Hari Pertama Dan Berlebihan Obat Tradisional Nyeri Haid Hari Pertama Dan Berlebihan Reviewed by Suzy Amelya on 11/04/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.