Obat Tradisional Membersihkan Rahim Setelah Melahirkan



Setiap wanita yang baru saja melahirkan pasti meninggalkan sisa-sisa darah dan lendir dalam rahimnya. Kondisi ini umumnya disebut nifas, salah satu gangguan yang dialami oleh kaum ibu setelah melahirkan. Dalam medis disebut lochia, merupakan keputihan yang mengandung darah, lendir, dan jaringan rahim, setelah melahirkan. Orang tua kita terdahulu telah mempersiapkan obat tradisional membersihkan rahim setelah melahirkan. Ramuan ini terbuat dari herba alami dan sangat mudah dibuat sendiri.

Obat Tradisional Membersihkan Rahim Setelah Melahirkan

Nifas biasanya berlanjut selama 4 hingga 6 minggu setelah melahirkan, atau disebut periode postpartum. Umumnya nifas steril selama 2 sampai 3 hari pertama, tapi pada hari selanjutnya mulai dikolonisasi oleh komensal kelamin. Termasuk streptokokus non-hemolitik dan bakteri E coli. Darah nifas merupakan darah yang tertahan dan tidak bisa keluar dari rahim selama hamil. 

Ketika melalui proses melahirkan, darah tersebut keluar sedikit demi sedikit. Penyebutan nifas juga digunakan ketika darah keluar sebelum melahirkan, dan darah yang keluar sebelum melahiran. Nifas atau lochia terbagi menjadi tiga tahap, yaitu:
  1. Lochia rubra atau cruenta, merupakan proses pertama yang terdiri dari darah, bekas selaput janin, decidua, vernix caseosa, lanugo dan membran. Warna merah pada nifas disebabkan karena banyaknya darah. Biasanya berlangsung tidak lebih dari 3 sampai 5 hari setelah kelahiran.
  2. Tahap kedua adalah proses nifas yang telah menipis dan berubah warna kecoklatan atau merah muda, disebut Lochia serosa. Nifas ini mengandung eksudat serous, eritrosit, leukosit, lendir serviks dan mikroorganisme. Proses ini terjadi sekitar hari kesepuluh setelah melahirkan, dan berlanjut sampai beberapa minggu setelah kelahiran. 
  3. Tahap selanjutnya disebut lochia alba atau purulenta, setelah nifas berubah putih atau putih kekuningan. Nifas ini biasanya berlangsung dari minggu kedua sampai minggu ketiga sampai keenam setelah melahirkan. pada tahap ini nifas mengandung lebih sedikit sel darah merah dan terdiri dari leukosit, sel epitel, kolesterol, lemak, lendir dan mikroorganisme.


Obat Tradisional Membersihkan Rahim


Umumnya nifas memiliki bau yang mirip dengan cairan menstruasi normal. Bau ini terkadang berubah menjadi warna kehijauan dan mengindikasikan adanya organisme seperti klamidia, saprophytic. Nifas yang tertahan dalam rahim disebut sebagai lochiostasis atau lochioschesis, dan menyebabkan lochiometra. 

Adapun obat tradisional membersihkan rahim setelah melahirkan dari daun jarong (Stachytarpheta mutabilis L). Minuman pembersih rahim setelah melahirkan, jamu setelah melahirkan caesar:

Minuman pembersih rahim setelah melahirkan

  • Ambil 7 helai daun jarong, kemudian cuci bersih.
  • Masukkan kedalam 110 ml air dan direbus selama 15 menit dengan api kecil, atau juga dapat diseduh untuk sekali minum.
  • Ramuan ini diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

Obat tradisional haid tidak teratur pasca melahirkan

  • Ambil 4 gram daun Jarong, ditambah 4 gram Sambang Colok (Aerva sanguinolenta(L).
  • Seduh kedalam 110 ml air mendidih selama 15 menit.
  • Ramuan ini diminum sekali sehari, setiap pagi.

Baca juga:

Obat tradisional membersihkan rahim setelah melahirkan dapat dibuat dengan mudah dirumah. Ketika wanita mengalami nifas, rahim tampak begitu kotor dan menyisakan darah yang tidak keluar. Beberapa wanita menjalani masa nifas singkat dalam beberapa hari setelah melahirkan. Dan paling lama masa nifas dialami selama 40 hari. Tetapi apabila lebih dari 40 hari maka sebaiknya periksa kesehatan secara medis.

Referensi

  • The duration of lochia. Publish by Br J Obstet Gynaecol, 1986.
  • Characteristics of normal lochia. Publish by Am J Perinatol, 1999.
Obat Tradisional Membersihkan Rahim Setelah Melahirkan Obat Tradisional Membersihkan Rahim Setelah Melahirkan Reviewed by Suzy Amelya on 11/09/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.