Obat Tradisional Kurap Alami Dari Kunyit Dan Ramuannya



Penyakit kurap umumnya terjadi pada kebanyak pria yang sering tidak menjaga kebersihan tubuh. Kurap atau ringworm, dalam medis disebut Dermatophytosis, merupakan infeksi jamur pada kulit yang bisa terjadi pada siapapun. Gejala ini biasanya menyebabkan ruam merah, gatal, bersisik, dan melingkar. Sejak dahulu, nenek moyang kita telah menyiapkan beberapa obat tradisional kurap dan cara mengobati kurap yang sudah parah. Bahan herba yang digunakan cukup mudah ditemukan, bisa ditemukan di dapur dan sekitar kita.

Obat Tradisional Kurap Alami

Kurap yang sudah parah bisa menyebabakan rambut rontok, dimana gejala ini mulai sejak 4 hingga 14 hari setelah terjangkit. Bahkan are kulit sekitarnya dapat terpengaruh pada waktu tertentu dan sangat cepat menular. Menurut medis, setidaknya afa sekitar 40 jenis jamur yang bisa menyebabkan penyakit kurap. Diantaranya yang bisa menjangkiti dari tipe Trichophyton, Microsporum, atau Epidermophyton. 

Penularan penyakit kurap, kadas dan panu, dapat terjadi ketika menggunakan kamar mandi umum. Kontak langsung dengan penderita seperti dalam olahraga gulat, berjabat tangan, berbagi barang pribadi, dan kontak dengan hewan. Ada juga penyebab dari tubuh sendiri seperti obesitas dan fungsi kekebalan tubuh menurun. Kurap sangat mudah menular dari kontak manusia, hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

Adapun ciri-ciri menderita kurap diantaranya kulit tampak merah, bersisik, gatal atau menonjol. Bagian tepi kurap lebih merah atau menyerupai cincin yang bisa mengeluarkan cairan atau melepuh. Pada bagian kepala akan mengalami rambut rontok yang terus berkembang, bila kulit kepala terkena kuku bisa menebal atau retak. Jenis kurap atau infeksi jamur yang sering dialami antara lain:
  1. Tinea pedis, kurap pada kaki.
  2. Tinea unguium, kurap pada kuku jari tangan dan kuku kaki.
  3. Tinea corporis, kurap pada lengan, tungkai, dan batang tubuh.
  4. Tinea cruris, kurap di daerah selangkangan.
  5. Tinea manuum, kurap pada tangan dan daerah telapak tangan.
  6. Tinea capitis, kurap pada kulit kepala dan rambut.
  7. Tinea barbae, kurap pada rambut wajah
  8. Tinea faciei, kurap pada wajah
  9. Tinea versicolor, disebabkan oleh Malassezia furfur
  10. Tinea nigra, disebabkan oleh Hortaea werneckii

Obat Tradisional Kurap Alami


Kunyit atau sering disebut sebagai kunir, nama latin tanaman ini disebut Curcuma longa Linn. Kunyit termasuk salah satu tanaman rempah dapur dan sebagai salah satu herba tradisional asli dari Asia Tenggara. Semua orang yang pernah berada di dapur pasti mengenal rempah ini untuk dijadikan bumbu masakan. Selain sebagai bumbu masak, kunyit juga dipercaya bisa meningkatkan kecantikan kulit. Termasuk mengatasi permasalahan kulit seperti jamur kurap, kadas, dan panu.

Adapun obat tradisional kurap yang bisa dibuat sendiri dirumah dengan meracik herba alami dari bumbu dapur. Ramuan ini dapat digunakan sebagai obat luar atau salep, cara mengobati kurap dengan kunyit sebagai berikut:
  1. Siapkan rimpang kunyit seukuran 1 jari.
  2. Ditambah dengan segenggam daun asam jawa
  3. Kedua herba dicuci bersih, kemudian dipipis atau dihaluskan dengan menambahkan sedikit air hangat.
  4. Tempelkan ramuan salep alami pada luka kurap, dan diganti setiap 3 jam.

Untuk membantu proses penyembuhan bekerja cepat, sebaiknya mengkonsumsi obat tradisional kurap rebusan kunyit. Karena kunyit mengandung anti-mikroba dan menghambat perkembangan sel parasit dari dalam tubuh. Cara mengobati kurap yang sudah parah dengan membuat ramuan minuman sebagai berikut:
  1. Siapkan segenggam kunyit, lalu kupas kulitnya dan cuci bersih.
  2. Kemudian rimpang ini diparut halus dan tambahkan air secukupnya.
  3. Rebus ramuan hingga mendidih, dan tambahkan garam kira-kira seujung sendok.
  4. Setelah air mulai hangat, saring dan peras ampasnya. 
  5. Air perasan dapat ditambah dengan jeruk nipis sebagai penambah rasa. Juga dapat ditambahkan dengan gula atau madu.
  6. Minum ramuan selagi hangat sekali sehari, dan lakukan secara rutin hingga sembuh.

Kedua resep obat kurap alami diatas dapat juga digunakan sebagai obat kurap di selangkangan dan kepala, obat kurap ayam pada manusia. Ramuan ini termasuk obat kurap alami paling ampuh dan mujarab, dan sebagai cara mengobati kurap di kepala.

Baca juga:

Pencegahan kurang sangat mudah, cukup dengan cara menjaga kulit tetap kering, tidak bertelanjang kaki dan tidak berbagi barang pribadi. Pengobatan dengan medis biasanya dengan krim antijamur dan pil yang kini telah diproduksi secara umum. Infeksi dan peradangan kurap selangkangan dan kepala paling sering terjadi pada pria. Tetapi khusus anak-anak, kurap pada kulit kepala paling sering terjadi, dan orang tua lebih sering mengalami kurap pada selangkangan. 

Referensi

  • Treatment for Ringworm. Publish by CDC, December 2015.
Obat Tradisional Kurap Alami Dari Kunyit Dan Ramuannya Obat Tradisional Kurap Alami Dari Kunyit Dan Ramuannya Reviewed by Suzy Amelya on 11/15/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.