Obat Tradisional Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita Dan Pria



Sulit buang air kecil atau dalam bahasa sehari-hari disebut susah kencing, merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih (ISK). Gejala ini merupakan infeksi bakteri yang menyerang bagian dari saluran kemih pada wanita dan pria. Tanpa disadari, beberapa orang menganggapnya hanya sebagai akibat kurang minum air putih. Tetapi dampaknya fatal, karena bakteri dan virus dalam saluran kemih berkembang menjadi serius. Nenek moyang kita telah menyiapkan obat tradisional infeksi saluran kencing pada wanita dan pria. Ramuan tradisional susah kencing dapat dengan mudah dibuat dan berbiaya murah.

Obat Tradisional Infeksi Saluran Kencing

Infeksi ini terbagi menjadi dua, yang pertama ketika infeksi menyerang saluran kemih bagian bawah yang disebut Sistitis atau infeksi kandung kemih. Dan infeksi yang menyerang saluran kemih bagian atas disebut Pielonefritis atau infeksi ginjal. Gejala pada saluran kemih bawah meliputi susah kencing, buang air kecil terasa sakit dan sering terasa mendesak. Ketika penderita mengalami gejala pielonefritis, tubuh akan terasa demam dan nyeri di panggul samping. Khususnya pada orang lanjut usia dan anak-anak, gejala tidak begitu dirasakan dan tidak spesifik. 

Bakteri yang menyerang umumnya dari spesis Escherichia coli, walaupun ada kemungkinan bakteri lain, virus, ataupun jamur sangat jarang terjadi. Penting diketahui bahwa infeksi saluran kemih paling sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, setengah wanita didunia setidaknya pernah mengalami sekali sepanjang hidupnya. Beberapa penyebab terjadinya susah kencing dan infeksi saluran kemih disebabkan oleh faktor anatomi wanita, hubungan seksual dan riwayat keluarga. Pielonefritis pada umumnya terjadi setelah infeksi kandung kemih ataupun karena penularan dari darah. 

Gejala infeksi saluran kemih bawah yang paling sering terjadi diantaranya rasa sakit terbakar ketika buang air kecil. Penderita merasakan desakan harus segera buang air kecil dan rasanya sangat nyeri. Penderita infeksi saluran kemih atas (pielonefritis) akan merasakan nyeri panggul, demam, mual dan mundah, dan juga merasakan gejala infeksi saluran kemih bawah. Kadang-kadang urin tampak berdarah atau bercampur nanah. Bakteri Escherichia coli telah menyebabkan setidaknya 80 persen infeksi saluran kemih, kemudian disusul Staphylococcus saprophyticus. Beberapa jenis bakteri lain penyebab infeksi saluran kemih diantaranya Klebsiella, Proteus, Pseudomonas, Enterococcus dan Enterobacter.

Kaum wanita yang sedang hamil merasa sangat khawatir menderita infeksi saluran kemih karena berisiko mengalami infeksi ginjal. Selama kehamilan, progesteron meningkat dan berisiko berkurangnya tonus otot ureter dan kandung kemih. Hal ini dapat mengakibatkan kemungkinan refluks, urin mengalir kembali ke ureter di bagian atas dan menuju ginjal. Jika terdapat bakteriuria, wanita berisiko mengalami kemungkinan 25-40 persen infeksi ginjal. Infeksi ginjal selama kehamilan dapat menyebabkan kelahiran prematur atau tekanan darah tinggi dan disfungsi ginjal yang berakibat kejang.

Obat Tradisional Infeksi Saluran Kencing


Saat ini tanaman Ki Tajam atau dandang gendis, nama latin disebut Clinacanthus Nutans Lindau, telah dianalisa oleh ilmuwan medis karena berpotensi sebagai obat. Ada banyak manfaat Ki Tajam yang bisa dirasakan sebagai obat manjur beberapa penyakit, sehingga menjadi alternatif pengobatan berbiaya ringan. Dandang gendis merupakan keluarga dari Acanthaceae, tanaman berbunga dikotil yang mencakup 250 marga dan terdiri dari sekitar 2500 spesies. Kebanyakan tanaman ini berkembang diwilayah tropis, tumbuh di semak belukar dan merambat dan paling banyak berkembang di Indonesia dan Malaysia.


Orang tua kita terdahulu telah mengajarkan resep manjur obat tradisional infeksi saluran kencing pada wanita dan pria. Berikut cara mengobati infeksi saluran kencing pada pria dan wanita dengan herba daun dandang gendis:
  1. Siapkan 15 gram daun dandang gendis yang masih segar, cuci bersih dan di iris-iris.
  2. Herba ini direbus dengan segelas air selama 15 menit.
  3. Setelah hangat, kemudian saring.
  4. Ramuan ini diminum seluruhnya, sehari sekali hingga sembuh. 

Baca juga:

Menurut studi farmakologi, obat tradisional infeksi saluran kencing dari dandang gendis memiliki aktivitas antimikroba untuk mengobati herpes genital. Berkhasiat melawan virus varicella-zoster (VZV), ekstrak daunnya dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan infeksi saluran kemih. Kandungan senyawa kimia dandang gendis diantaranya flavonoid, glikosida, gliserogliserolipid, serebrosida dan monoasil monogalatosil gliserol. Ekstrak tanaman membuktikan adanya sifat anti-inflamasi, anti-virus, antioksidan, dan anti-diabetes.

Referensi

Obat Tradisional Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita Dan Pria Obat Tradisional Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita Dan Pria Reviewed by Suzy Amelya on 11/30/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.