Manfaat Jeruk Kingkit Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya



Jeruk kingkit telah lama dibudidayakan nenek moyang kita sebagai tanaman herba. Nama latin jeruk kingkit disebut Triphasia Trifolia, disebut juga limberi atau limau berry, kerabat dekat jeruk. Kingkit merupakan spesies Triphasia dari keluarga Rutaceae, tumbuhan asli yang berasal dari Asia Tenggara. Manfaat jeruk kingkit untuk kesehatan biasanya digunakan dalam pembuatan obat tradisional.

Manfaat Jeruk Kingkit

Jeruk kingkit paling banyak dibudidayakan di Malaysia dan Indonesia. Nama daerah jeruk kingkit diantaranya limau kiah, limau kunci, kalijage, kingkip, jeruk kingkit. Juga disebut jeruk rante, lemo-lemo, dan joji koyo. Saat ini jeruk kingkit telah dijadikan salah satu tanaman hias yang bernilai tinggi. Tidak hanya manfaatnya dalam kesehatan, tetapi seni menanam juga berharga mahal.

Jeruk kingkit tercatat sangat berpotensi invasif di beberapa kepulauan Samudra Hindia. Perkembangannya kini sampai di sepanjang Pantai Teluk Amerika Serikat dari Florida sampai Texas. Di luar negeri dikenal sebagai Limberry, dan telah meraih popularitas sebagai tanaman bonsai. Di daerah dingin, tanaman ini harus disimpan di rumah kaca, karena tidak sesuai dengan suhu lembab. Paling sesuai dengan sinar matahari penuh dan tidak harus sering disiram.

Manfaat Jeruk Kingkit Untuk Kesehatan


Buah kingkit dapat dimakan, dalam Serat Centini disebutkan bahwa putri keraton menggunakan buah jeruk kingkit untuk merawat kuku. Menurut setudi, buah kingkit dianggap berkhasiat sebagai obat batuk, dan daunnya untuk obat sakit perut. Daging buah seperti pulpy, rasa jeruk kingkit mirip kapur yang sedikit manis. Adapun manfaat jeruk kingkit untuk kesehatan dan cara mengolahnya sebagai berikut:

1. Jeruk kingkit mengatasi diare, sembelit.

  1. Ambil 7 lembar daun jeruk kikit, kemudian cuci bersih. 
  2. Masukkan kedala 110 air dan direbus dengan api kecil selama 15 menit. 
  3. Ramuan ini diminum 3-4 kali sehari.

2. Mengobati batuk dan mengeluarkan dahak.

  1. Ambil 10 buah jeruk kikit yang sudah matang, cuci bersih dan buang bijinya.
  2. Ditambah 200 gram gula jawa.
  3. Masukkan semua bahan kedalam 300 ml air, kemudian direbus sampai mendidih.
  4. Ramuan ini diminum 3 kali sehari.

Baca juga:

3. Mengatasi diabates dan menurunkan kadar gula darah.

  1. Ambil segenggam daun jeruk kingkit dan 7 buah kingkit segar.
  2. Cuci bersih seluruhnya, kemudian masukkan kedalam 4 gelas air.
  3. Rebus ramuan ini hingga air menjadi 2 gelas.
  4. Dosis segelas untuk sekali minum, dua kali sehari.

4. Manfaat jeruk kingkit untuk merawat kecantikan wanita

  1. Ambil segenggam jeruk kingkit yang sudah matang, kemudian cuci bersih.
  2. Buah ini dibuat jus, diminum sehari sekali.
  3. Bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit yang disebabkan jamur. Menghaluskan kulit, dan membuat kuku tampil menarik.

Baca juga:

Para orang tua kita terdahulu menanam jeruk kingkit untuk mengambil manfaat buahnya yang dapat dimakan. Selain manfaat diatas, tanaman ini juga dipercaya memiliki beberapa khasiat lain dalam pengobatan tradisional. Kingkit telah dibudidayakan secara luas ke daerah subtropis di Asia, bahkan hingga ke daerah tropis di dunia. Saat ini perkembangan tanaman telah di naturalisasi ke beberapa pulau di Samudera Pasifik. 

Referensi

  • Plants for a Future: Triphasia trifolia
  • Triphasia Trifolia, image courtesy of Wikimedia Commons.
Manfaat Jeruk Kingkit Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya Manfaat Jeruk Kingkit Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya Reviewed by Suzy Amelya on 11/06/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.