11 Manfaat Daun Kremah, Rumput Obat Sejak Ribuan Tahun Lalu



Rumput kremah paling sering dijadikan sebagai sayuran, campuran kluban atau urap karena cita rasa yang dimilikinya. Nama latin rumput kremah disebut Alternanthera Sessilis, merupakan tanaman air yang juga dikenal seluruh dunia sebagai herba. Tidak hanya di Indonesia, dibeberapa negara Asia juga menjadikan rumput kremah sebagai sayuran khusus, seperti Sri Lanka. Adapun manfaat daun kremah tidak hanya sebagai sayuran, tetapi juga baik untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit.

Manfaat Daun Kremah

Altenanthera sessilis (kremah) masih tergolong family Amaranthaceae (bayam-bayaman). Nama lain rumput kremah disebut Daun rusa, Kremak, Sayur udang, Jukuk demah, Kremek, Kremi, Matean. Rumput kremah dapat ditemukan di seluruh daerah tropis dan subtropis, karena tanaman ini termasuk salah satu herba kuno. 

Kremah telah diperkenalkan sebagai herba ke Amerika, dan asal-usulnya muncul di Amerika Tengah dan Selatan tidak pasti. Spesies ini tergolong gulma di beberapa wilayah Amerika Serikat, dan biasanya sangat mudah ditemukan ditempat yang basah atau lembab.

Tanaman ini dianggap sebagai ramuan herba abadi dengan batang merunduk, sangat jarang diteukan batang tumbuh keatas. Beberapa ciri-ciri daun kremah tampak miring, melebar membentuk bulat panjang. Kadang-kadang linier dan panjangnya 1 hingga 15 cm, lebar 0,3 hingga 3 cm. Ciri permukaan daun terasa sedikit kasar, petioles berukuran panjang antara 1 hingga 5 mm. Ciri-ciri bunga krema memiliki warna putih mengkilap, panjang 0,7 hingga 1,5 mm, mulai berbunga antara bulan Desember sampai Maret.

Manfaat Daun Kremah


Manfaat daun kremah telah sejak zaman kuno digunakan sebagai obat herbal karena bersifat diuretik, pendinginan, tonik dan pencahar. Beberapa manfaat rumput kremah antara lain sebagai berikut:
  1. Daun kremah digunakan sebagai obat penyakit disuria, atau  rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil.
  2. Tanaman ini digunakan untuk mengobati penyakit hemoroid atau wasir. 
  3. Daun dan batang kremah dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, dan mengobati penyakitnya.
  4. Rumput kremah digunakan sebagai ramuan pembuatan minyak rambut dan tonik. Untuk memperkuat dan menyehatkan rambut, serta mencegah terjadinya uban dini.
  5. Mengkonsumsi daun kremah dapat menambah nafsu makan. Sangat baik untuk menambah berat badan atau membantu penyembuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  6. Dapat digunakan sebagai obat terapi Glossitis Atrofi, atau gangguan lidah yang ditandai dengan permukaan lidah tampak licin (aus).
  7. Sangat baik digunakan untuk menghangatkan tubuh, terutama untuk penyembuhan masuk angin dan kurang darah.
  8. Selain itu, manfaat daun kremah juga membantu melancarkan peredaran darah. Dapat menghancurkan lemak yang menyumbat pembuluh darah karena kaya serat.
  9. Sejak dahulu, daun kremah telah digunakan sebagai herba untuk mengobati radang perut. Termasuk krema perut dan penyakit melena, gangguan pencernaan yang ditandai dengan keluarnya darah bersamaan dengan feces.
  10. Mengkonsumsi daun kremah ternyata dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak, menambah daya ingat untuk anak dan dewasa.
  11. Rasa daun kremah yang khas dapat menyegarkan nafas dan mulut, melegakan tenggorokan.

Spesis Alternanthera sessilis (krema) hampir mirip dengan Aerva lanata, yang juga merupakan keluarga Amarantheceae. Sehingga banyak orang terkadang keliru dalam penggunaan manfaat daun kremah sebagai obat tradisional. Perbadaannya terletak pada bentuk bunga, dimana bunga Alternanthera sessilis (Kremah) terletak diatas batang dan bentuknya bulat. Bunga kremah terlihat seperti mata ikan (Matsyakshi).

Baca juga:

Dibeberapa negara Asia, manfaat daun kremah telah dibudidayakan untuk makanan, obat-obatan herbal, pakan ternak, dan sebagai tanaman hias. Varietas krema merah digunakan sebagai hiasan, dan terkadang diletakkan kedalam akuarium. Di Asia Tenggara, daun tunas muda telah lama dikonsumsi sebagai sayuran, begitu pula di Tamil dan wilayah India.

Referensi

  • Edible Wild Plants of Vietnam: The Bountiful Garden. By Orchid Press, 2007.
  • Alternanthera Sessilis, image courtesy of Wikimedia Commons.
11 Manfaat Daun Kremah, Rumput Obat Sejak Ribuan Tahun Lalu 11 Manfaat Daun Kremah, Rumput Obat Sejak Ribuan Tahun Lalu Reviewed by Suzy Amelya on 11/16/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.