Cara Merawat Bunga Peace Lily Agar Rajin Berbunga



Bunga lily merupakan salah satu tanaman yang banyak menghiasi ruangan dan taman. Tanaman ini tampak indah, selain bisa dijadikan sebagai hiasan ruangan juga mampu menyerap zat beracun di sekitarnya. Cara merawat bunga peace lily tergolong sangat mudah, tetapi beberapa orang kesulitan agar bunga lily rajin berbunga. Lily merupakan genus Spathiphyllum yang terdiri dari sekitar 40 spesies tumbuhan berbunga monokotil dalam keluarga Araceae. Tanaman ini diduga berasal dari daerah tropis Amerika dan Asia tenggara. 

Cara Merawat Bunga Peace Lily Agar Rajin Berbunga

Nama latin peace lily disebut Spathiphyllum Cochlearispathum, jenis ini asli dari Meksiko selatan dan banyak dibudidayakan. Peace lily adalah herba abadi dengan ciri daun besar sepanjang 12 hingga 65 cm dan lebar 3 hingga 25 cm. Bunga lily muncul dalam spadix yang dikelilingi Spathx sepanjang 10 hingga 30 cm. Bunga lily umumnya berwarna putih, kekuningan, ataupun kehijauan. Kelebihan lily ternyata tidak membutuhkan banyak cahaya atau air untuk bertahan hidup.

Spesies ini pada awalnya ditemukan oleh Frederik Michael Liebmann dalam gen terpisah dari Hydnostachyon. Spesies lily kemudian dipindahkan kedalam genus Spathiphyllum oleh Heinrich Gustav Adolf Engler. Peace Lily merupakan tanaman rumahan favorit yang berbunga mekar berwarna putih dan biasanya muncul di musim semi. Daun tanaman lily berbentuk oval glossy, berkilau ketika berada di dalam ruangan.

Cara Merawat Bunga Peace Lily


Beberapa cara merawat bunga peace lily agar rajin berbunga, tentunya harus memperhatikan kondisi media tanam dan cuaca. Berikut tips yang bisa diikuti: 
  1. Tanaman peace lily sangat alami, lebih memilih cahaya terang walaupun ditempatkan didalam rumah. Tetapi beberapa varietas dapat bertahan dengan cahaya matahari yang lebih sedikit.
  2. Jaga kelembaban tanaman dengan menyiramnya secara rutin. Terlebih di musim panas, karena lily akan tumbuh subur dengan kelembaban tinggi seperti di hutan hujan. tetapi perlu diperhatikan juga, jangan terlalu banyak menyiram karena dapat menyebabkan pembusukan akar.
  3. Media tanam yang digunakan sebaiknya menggunakan campuran tanah, pasir dan kompos yang mengandung banyak bahan organik.
  4. Agar bunga lili rajin berbunga, dapat menambahkan pupuk yang diberikan mingguan. Perlu diperhatikan dalam pemberian pupuk, sebaiknya pupuk organik. Penggunaan pupuk kimia bisa menyebabkan tanah tidak subur, sehingga harus diganti dalam beberapa bulan.
  5. Apabila daun tampak pucat, ciri-ciri ini umumnya menunjukkan bahwa tanaman tersebut terlalu banyak terkena cahaya matahari. Cahaya matahari yang terlalu panas juga dapat menyebabkan daun berwarna cokelat atau hangus. 

Baca juga:

Jauhkan peace lily dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Walaupun bunga ini tidak beracun, tetapi efek samping peace lily bisa menyebabkan iritasi perut atau menyebabkan air liur berlebihan jika tertelan.

Budidaya Peace Lily


Cara memperbanyak bunga lily cukup mudah, budidaya peace lily dengan tunas yang keluar dari tanah atau anak. Peace lily dapat tumbuh besar, banyak bertunas dan menjadi rumpun, tunas baru sebaiknya pisahkan dari induk kedalam pot baru. Budidaya peace lily sudah banyak di hibridisasi dan kini setidaknya ada puluhan varietas yang bisa ditanam. Beberapa hibrida yang paling populer, klasifikasi peace lily yang dibudidayakan adalah:
  1. Spathiphyllum Mauna Loa, spesis ini tampak besar yang dapat tumbuh hingga lebih dari setengah meter.
  2. Spathiphyllum Mojo, spesis ini besar dengan ciri daun hijau cerah.
  3. Spathiphyllum Golden Delicious, spesis lily yang memiliki warna hijau keemasan dan menakjubkan. Atau orang menyebutnya sebagai bunga peace lily merah.
  4. Spathiphyllum Starlight, spesis ini memiliki ciri daun tampak sempit, pinggir daun bergelombang. Dan mampu menghasilkan 20 bunga dalam satu tanaman.

Baca juga:

Pada umumnya, tanaman peace lily dapat mekar dua kali setahun. Cara merawat bunga peace lily agar rajin berbunga juga harus memperhatikan hama. Lily dianggap sangat rentan terhadap serangga termasuk kutu daun dan tungau. Tanaman ini juga rawan pembusukan jika dibiarkan terlalu banyak air hingga menyebabkan peace lily layu. Peace lily tidak berbunga atau gagal mekar disebabkan karena tidak dibuahi dengan benar.

Referensi

  • Botanical Latin: History, grammar, syntax, terminology and vocabulary, Fourth edition. By David and Charles, 1992.
  • Spathiphyllum Cochlearispathum, image courtesy of Wikimedia Commons.
Cara Merawat Bunga Peace Lily Agar Rajin Berbunga Cara Merawat Bunga Peace Lily Agar Rajin Berbunga Reviewed by Suzy Amelya on 11/07/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.