Cara Mengeluarkan Cacing Kremi Dari Dubur Anak Dan Dewasa



Cacing kremi merupakan parasit paling umum yang berkembang pada manusia, termasuk anak-anak dan dewasa. Infeksi cacing kremi disebut Enterobiasis, merupakan penyakit parasit manusia dengan gejala gatal di daerah anus. Infeksi ini dapat menyebabkan penderita sulit tidur, tetapi beberapa orang tidak memiliki gejala sama sekali. Nenek moyang kita telah lama mengajarkan bagaimana cara mengeluarkan cacing kremi dari dubur dengan obat tradisional. Ramuan ini dapat digunakan untuk anak balita dan dewasa yang kesulitan mengkonsumsi obat cacing.

Cara Mengeluarkan Cacing Kremi Dari Dubur

Cacing kremi berkembang terhitung sejak menelan telur hingga munculnya telur baru di sekitar anus. Jangka waktu perkembangan parasit antara 4 sampai 8 minggu. Pada awalnya telur berada disekitar anus dan bisa bertahan hingga tiga minggu. Telur-telur ini tertelan setelah terkontaminasi dari tangan, makanan, atau lainnya. Paling banyak terjadi pada anak-anak, di usia bermain atau masih bersekolah. Sehingga orang tua sebaiknya memberikan perhatian khusus kepada mereka melalui obat anti parasit.

Resiko tertinggi lainnya juga terjadi pada anak-anak remaja yang bersekolah di lingkungan tidak sehat. Juga orang yang bekerja di institusi perawatan kesehatan atau penjara, ataupun yang merawat penderita kremi. Cacing kremi tampak kecil, parasit ini berukuran sekitar satu sentimeter. Sehingga bisa dengan mudah menandai cacing kremi keluar dari dubur atau berada disekitarnya.

Menurut medis, setiap orang yang tinggal dengan penderita atau sedang merawat orang yang terinfeksi harus diobati pada saat bersamaan. Sebaiknya mencuci barang pribadi kedalam air panas, cuci tangan yang bersih. Mandi setiap hari, terutama di pagi hari dan ganti pakaian dalam sehari-hari. Menjaga kebersihan tubuh sangat membantu untuk mencegah infeksi cacing kremi.

Cara Mengeluarkan Cacing Kremi Dari Dubur


Khususnya pada anak-anak balita, sering mengalami rasa gatal di dubur dan menyebabkan rewel. Gejala ini sangat mengganggu, tetapi ada cara cepat untuk mengatasi cacing kremi sebelum obat medis yang diminum mulai bekerja. Cara mengeluarkan cacing kremi dari dubur menggunakan ramuan dari daun jarak pagar. 

Jarak pagar, nama latin tanaman ini disebut Jatropha curcas L. Tanaman ini paling sering terlihat dipekarangan rumah, dan umumnya digunakan untuk obat tradisional pada bayi. Adapun cara mengeluarkan cacing kremi dari perut, cara memancing cacing kremi keluar dari dubur sebagai berikut:
  1. Ambil 4 lembar daun jarak pagar yang masih segar.
  2. Ditambah 2 sendok makan minyak kelapa.
  3. Kedua bahan dipipis, diaduk merata dan kemudian dipanaskan sebentar.
  4. Ramuan ini dioleskan pada dubur menjelang tidur malam.
  5. Cara mengambil cacing kremi dilakukan pada pagi hari. Siapkan kapas untuk mengoles sekitar dubur, dimana cacing keremi akan tampak keluar.

Cara mengeluarkan cacing kremi dari dubur dan perut dapat diterapkan untuk bayi dan dewasa. Hampir tidak ada efek samping yang disebabkan ramuan obat cacing kremi untuk anak 3 tahun. Karena ramuan ini ditujukan untuk pengobatan luar, dan memancing cacing kremi keluar. Ada banyak obat tradisional cacing kremi pada orang dewasa, tetapi cara ini dapat menghilangkan rasa gatal dengan cepat.

Baca juga:

Cara lain dapat menggunakan sebungkul bawang putih yang direbus kedalam 400 cc air, dicampur dengan akar pepaya seukuran 1 jari tangan. Minum air rebusan ini seluruhnya sebelum tidur, dan dilakukan berulang selama 7 hari. Ramuan ini menyebabkan rasa panas di pencernaan, dan tidak cocok diberikan pada anak-anak.

Infeksi cacing kremi terjadi di seluruh belahan dunia, termasuk penyakit yang paling umum di negara maju. Walaupun sebenarnya parasit ini tidak dianggap sebagai penyakit serius, tetapi umumnya diderita oleh anak-anak. Bahkan sekali pengobatan tidak menjamin suatu keluarga terhindar dari penyakit kremi. Menghentikan perkembangan dan perpindahan telur dalam rumah tangga memerlukan dosis berulang. Pengobatan cacing kremi dengan obat medis bisa saja lebih dari satu tahun, terlebih di lingkungan yang kotor. 

Referensi

  • Fact sheets: neglected tropical diseases. Publish by World Health Organization. WHO Media Centre, 2014.
Cara Mengeluarkan Cacing Kremi Dari Dubur Anak Dan Dewasa Cara Mengeluarkan Cacing Kremi Dari Dubur Anak Dan Dewasa Reviewed by Suzy Amelya on 11/14/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.