Cara Menanam Jeruk Kingkit, Cangkok Dan Stek Untuk Bonsai



Tanaman yang satu ini kerap dijadikan sebagai bonsai hias yang indah dan berharga mahal. Ada beberapa cara menanam jeruk kingkit, diantaranya dengan metode sebar benih, stek batang dan cangkok batang. Kini sudah mulai banyak orang yang belajar bagaimana cara mencangkok dan stek jeruk kingkit. Beberapa orang juga mulai tertarik dan belajar bagaimana merawat bonsai jeruk kingkit.

Cara Menanam Jeruk Kingkit

Nama latin jeruk kingkit disebut Triphasia Trifolia, yang juga disebut limberi atau limau berry, kerabat dekat jeruk. Tanaman ini merupakan spesies Triphasia dari keluarga Rutaceae, tumbuhan asli yang berasal dari Asia Tenggara. Jeruk kingkit paling banyak dibudidayakan di Malaysia dan Indonesia. Nama lain jeruk kingkit disebut limau kiah, limau kunci, kalijage, kingkip, jeruk kingkit. Juga disebut jeruk rante, lemo-lemo, dan joji koyo.

Tanaman ini dianggap sebagai semak, tumbuh setinggi 3 meter. Daunnya berwarna kekuningan, hijau tua glossy, daun setebal 2 hingg 4 cm dan lebarnya 1,5 hingg 2 cm. Bunga jeruk kingkit berwarna putih, dengan tiga kelopak yang panjangnya 10 hingga 13 mm dan lebar 4 mm. Buah kingkit berwarna merah dan dapat dimakan, berukuran kecil dengan diameter antara 10 hingga 15 mm. Daging buah seperti pulpy, rasanya mirip kapur yang sedikit manis.

Cara Menanam Jeruk Kingkit


Budidaya tanaman ini tidak begitu sulit, hanya saja cara merawat bonsai jeruk kingkit harus mendapat perhatian lebih. Adapun beberapa cara menanam jeruk kingkit antara lain:

1. Menabur Benih Jeruk Kingkit

Menabur benih dari buah merupakan cara memperbanyak jeruk kingkit. Semai biji yang telah dikeringkan ke media tanam berupa kompos. Siram dengan sedikit air, dan pastikan penyemaian benih terkena sinar matahari. Pindahkan bibit ke polybag kecil setelah tumbuh tunas 4-5 daun, kira-kira berumur 5-6 minggu.

2. Cara Stek Jeruk Kingkit

Cara stek jeruk kingkit merupakan metode menanam yang paling umum untuk memperbanyak tanaman. Caranya dengan memilih batang yang telah tua, kemudian potong dengan panjang sekita 15 cm. Tinggalkan 3-5 daun pada batang, kemudian rendam potongan batang kedalam air selama sehari. Batang ini ditanam pada media campuran tanah, kompos dan pasir. 

Sebaiknya menutup daun dengan plastik untuk menghindari penguapan agar cepat merangsang tunas. Lepas penutup plastik setelah 4 minggu, dimana tunas telah tampak. Jangan buru-buru memindahkan tanaman, sebaiknya dipindah ke media baru setelah melewati 4 bulan.

3. Cara Mencangkok Jeruk Kingkit

Cara mencangkok jeruk kingkit tidak begitu sulit, hanya saja kebanyakan batang tanaman ini berukuran kecil. Sebaiknya memperhatikan cara penglupasan kulit batang, bisa saja terpotong seluruhnya. Pilih batang yang telah tua atau ukuran batangnya lebih besar agar mudah dibentuk bonsai. Media yang paling baik digunakan dalam mencangkok adalah coco peat dibandingkan kompos. Dalam 3 bulan, cangkok jeruk kingkit sudah bisa dipindahkan ke media tanam.

Baca juga:

Cara merawat bonsai jeruk kingkit perlu memperhatikan media tanam. Karena tanaman ini lebih menyukai tanah liat/lempung dengan kompos dan pasir yang banyak. Lebih menyukai pH antara 5 hingga 6, intoleran air, sangat tidak menyukai suhu panas tropis dibanding lembab. Pastikan tidak terlalu sering menyiram jeruk kingkit, tanaman ini tidak menyukai tanah yang terlalu basah.

Referensi

  • Plants for a Future: Triphasia trifolia
  • Triphasia Trifolia, image courtesy of Wikimedia Commons.
Cara Menanam Jeruk Kingkit, Cangkok Dan Stek Untuk Bonsai Cara Menanam Jeruk Kingkit, Cangkok Dan Stek Untuk Bonsai Reviewed by Suzy Amelya on 11/06/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.