Cara Menanam Dan Merawat Sirih Gading Di Air Dan Pot



Sirih gading atau sri gading merupakan salah satu tanaman hias favorit yang tumbuh menghiasi ruangan dan pekarangan. Tanaman hias srigading tumbuh merayap, tidak rewel, cara menanam dan merawat sirih gading sangat mudah. Nama latin sirih gading disebut Epipremnum Aureum, salah satu spesies tumbuhan berbunga dari keluarga Araceae yang berasal dari Mo'orea, Polinesia Perancis. 

Cara Menanam Dan Merawat Sirih Gading

Spesies ini dianggap sebagai tanaman hias rumahan yang populer di daerah beriklim sedang. Perkembangannya di hutan tropis dan sub-tropis di seluruh dunia, termasuk Australia utara dan Asia Tenggara. Begitu pula berkembang hingga ke India, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Hawaii dan Hindia Barat. Nama lain sri gading sering disebut sebagai Sirih belanda, Devil's ivy, Golden pothos, Ivy arum, Solomon Islands ivy . 

Banyak orang menyebutnya sebagai Devil's Ivy (pohon setan) karena hampir tidak mungkin untuk dibasmi perkembangannya. Sirih gading termasuk paling invasif pertumbuhannya, bisa menutupi permukaan tanah dengan cepat. Tanaman ini juga dikenal sebagai Money Plant (tanaman uang) di Nepal, India dan Bangladesh. Karena dipercaya bisa membawa peruntungan berupa rezeki, dan ditanam di depan toko sebagai penghias.

Ciri-ciri sirih gading bisa tumbuh merayap setinggi 20 meter, dengan diameter batang mencapai 4 cm. Tanaman ini memanjat dengan akar yang menempel pada permukaan kulit kayu. Sehingga tampak indah bagaikan tanaman liar di hutan tropis. Ciri daun berbentuk hati pada tanaman muda, tetapi bisa tidak teratur pada tanaman dewasa. Panjang daun bisa mencapai mencapai 100 cm dan lebar mencapai 45 cm. Sementara pada daun remaja jauh lebih kecil, biasa panjang daun dibawah 20 cm. 

Spesis ini juga dikenal berbunga, tetapi sangat jarang muncul di usia muda. Ketika berusia dewasa dan memanjat pohon, batang sirih gading berakar kuat dan daun membesar. Kebanyak orang menanamnya dalam pot ataupun hanya sekedar menutupi permukaan tanah. Sehingga tanaman ini tampak hanya sebagai tanaman kecil. 

Cara Menanam Dan Merawat Sirih Gading


Menurut budidaya tanaman sirih gading, daerah beriklim sedang merupakan rumah yang paling bagus. Kita dapat memilih berbagai kultivar daun dengan variegasi putih, kuning, ataupun hijau muda. Sehingga dapat membuat tampilan beberapa dekorasi ruangan semakin menarik dengan berbagai jenis kultivar. Tanaman ini menjadi idola karena cara menanam dan merawat sirih gading tidak sulit. Dan tidak memerlukan banyak cahaya dan bertahan lama didalam ruangan. 

Selain itu, manfaat sirih gading untuk kesehatan dapat menghilangkan polutan dalam ruangan seperti senyawa formaldehida, xilena, dan benzena. Efek ini dapat mengurangi berat molekul zat pencemar dalam ruangan, sangat cocok untuk ruangan perokok. Sirih gading juga telah mendapat penghargaan dari Royal Horticultural Society's Award of Garden Merit. Karena termasuk tanaman rumah yang bisa memanjat hingga ketinggian 20 m atau lebih. 

Baca juga:

Yang paling menarik dari sirih gading adalah dapat ditanam dalam media air. Terkadang digunakan dalam akuarium, ditempatkan dibagian atas akuarium dan dibiarkan tumbuh akar didalamnya. Metode ini dianggap sangat bermanfaat karena akar tanaman dapat menyerap nitrat akuarium.

Cara Menanam Dan Merawat Sirih Gading Di Air

Cara Stek Sirih Gading


Cara membudidayakan sirih gading atau memperbanyak tanaman cukup mudah. Cukup dengan memotong bagian batang yang telah berakar sepanjang 15 cm. Kemudian tanam stek batang di pot atau masukkan kedalam air. Cara menanam sirih gading di air sebaiknya menggunakan air sumur yang mengandung mineral asli dari tanah. Cara menanam srigading kedalam pot menggunakan campuran tanah, kompos dan pasir. Pasir sangat berguna untuk mencegah air tergenang.

Baca juga:

Cara merawat tanaman sirih gading dengan menjaga kelembaban tanah, menyiram tanaman secara rutin. Apabila menanamnya di air, pastikan menggantinya seminggu sekali. Tanaman ini hampir tidak membutuhkan pupuk tambahan, cukup dengan kompos atau air yang mengandung mineral dan nitrat seperti akuarium.

Perlu diwaspadai, menurut penelitian bahwa sirih gading mengandung racun dan sangat berbahaya bagi jewan peliharaan. Termasuk racun bagi kucing dan anjing dengan gejala berupa iritasi oral, muntah, dan kesulitan menelan. 

Referensi

  • How To Grow Fresh Air. Publish by Penguin Books, New York, 1997.
  • Epipremnum Aureum, image courtesy of Wikimedia Commons.
Cara Menanam Dan Merawat Sirih Gading Di Air Dan Pot Cara Menanam Dan Merawat Sirih Gading Di Air Dan Pot Reviewed by Suzy Amelya on 11/03/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.