Cara Membuat Obat Tradisional Insomnia Alami Cepat Tidur



Saat ini banyak orang tanpa disadari mengidap penyakit insomnia, merupakan gangguan kesehatan dimana orang mengalami masalah kesulitan tidur. Kebanyakan orang mengalami kesulitan tidur atau tertidur selama yang diinginkan tanpa mengikuti jadwal rutin. Gejala yang ditandai biasanya berupa kantuk di siang hari, kurang energi, mudah tersinggung dan depresi. Sejak dahulu nenek moyang kita telah memberikan petunjuk cara membuat obat tradisional insomnia, obat tidur alami buatan sendiri. Ramuan ini dibuat secara alami menggunakan akar tanaman valerian atau Ki Saat.

Cara Membuat Obat Tradisional Insomnia

Tanpa disadari, insomnia dapat mengakibatkan meningkatnya risiko tabrakan kendaraan bermotor, masalah fokus dan pembelajaran disekolah. terutama pelajar yang saat ini lebih banyak menggunakan gadget di malam hari tanpa mengenal waktu istirahat. Penyakit insomnia bisa saja bersifat jangka pendek, berlangsung berhari-hari ataupun berminggu-minggu. Bahkan tidak sedikit mengalaminya dalam jangka panjang yang berlangsung lebih dari sebulan.

Beberapa penyebab insomnia dapat mengakibatkan stres psikologis, sakit kronis, gagal jantung, hipertiroidisme, sakit perut, sindrom kaki gelisah, menopause. Beberapa diantaranya yang paling umum disebabkan oleh obat tertentu dan obat-obatan seperti kafein, nikotin, alkohol, bekerja shift malam dan Apnea. Ada banyak obat tradisional yang bisa dipraktekkan dirumah secara praktis tanpa mengkonsumsi obat medis. Salah satunya dengan ramuan herba alami dari akar tanaman valerian.

Menurut medis, salah satu usaha yang pertama kali dilakukan untuk mengobati penyakit insomnia adalah dengan cara merubah gaya hidup. Tidur cukup waktu dan konsisten, terapi paparan sinar matahari, ruang yang sepi dan gelap, dan olahraga teratur. Penting juga memeriksakan ke dokter apabila telah kronis, obat tidur apa saja yang dapat membantu, pemeriksaan demensia dan kecanduan. Pengobatan insomnia sangat tidak dianjurkan selama lebih dari empat atau lima minggu. 

Orang yang berusia di atas 65 tahun lebih sering terkena insomnia dibandingkan usia muda. Dan kaum wanita lebih sering terkena insomnia daripada laki-laki. Penyakit insomnia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
  1. Insomnia Transien, berlangsung kurang dari seminggu karena gangguan lain, perubahan lingkungan tidur, depresi berat, atau stres.
  2. Insomnia Akut, ketidakmampuan tidur secara konsisten selama kurang dari sebulan. Insomnia jangka pendek atau stres yang berhubungan dengan insomnia.
  3. Insomnia Kronis, berlangsung lebih dari sebulan yang disebabkan oleh gangguan lain atau merupakan kelainan primer. Insomnia kronis bisa menyebabkan penglihatan ganda.

Untuk mengetahui apakah diantara kita terkena penyakit insomnia, beberapa gejala berikut paling umum dirasakan penderita:
  1. Penderita mengalami kesulitan tidur, termasuk kesulitan menemukan posisi tidur yang nyaman.
  2. Terbangun di malam hari dan tidak dapat melanjutnkan tidur.
  3. Penderita merasa tidak puas saat bangun tidur, kurang tidur.
  4. Merasakan kantuk di siang hari dan mudah tersinggung atau cemas.
  5. Orang yang mengidap insomnia paling sulit tertidur di awal waktu malam hari, merasakan gangguan berupa cemas. 
  6. Bangun di pagi hari biasanya terjadi lebih awal daripada waktu yang diinginkan, dan merasa tidak mampu tidur kembali. 
  7. Biasanya waktu tidur penderita insomnia hanya mencapai 6,5 jam dan terbangun di pagi hari sering merasa depresi.


Cara Membuat Obat Tradisional Insomnia


Nenek moyang kita telah mewariskan ramuan khusus untuk mengatasi insomnia, sehingga nantinya dapat digunakan oleh anak cucu. Tanaman Ki Saat atau Valerian, nama latin disebut Valeriana officinalis L. Ciri-ciri tanaman Valerian ditandai dengan bentuk kepala bunga berwarna pink atau putih dan harum. Dalam pengobatan herbal, ekstrak kasar akar valerian dijual sebagai suplemen diet dalam bentuk kapsul. 


Akar valerian dianggap memiliki efek penenang, sehingga dapat digunakan untuk megatasi insomnia. Sejak zaman Yunani kuno dan periode kekuasaan Roma, tanaman Valerian telah dijadikan herba menyembuhkan penyakit. Berikut ini cara membuat obat tradisional insomnia, obat alami cepat tidur dari akar valerian:
  1. Ambil sedikit akar tanaman Valerian yang masih segar atau yang sudah dikeringkan.
  2. Bersihkan akar dari tanah yang menempel, jika masih ada terlihat.
  3. Akar ini di iris-iris kecil, atau bisa juga di haluskan.
  4. Siapkan air panas yang baru mendidih, kemudian seduh dengan takaran minuman teh 250 ml.
  5. Ramuan ini diminum minimal sehari sekali, secara rutin hingga sembuh.

Baca juga:

Sangat penting untuk mengidentifikasi penyebab secara medis dan psikologis sebelum memutuskan pengobatan untuk insomnia. Obat-obatan medis dan tradisional biasanya digunakan untuk mengurangi gejala insomnia dalam durasi pendek. Ramuan ini juga dapat mengobati kecanduan obat-obatan terlarang, sehingga sangat baik dikonsumsi sehari-hari.

Referensi

  • A Modern Herbal: The Medicinal, Culinary, Cosmetic and Economic Properties, Cultivation and Folk-lore of Herbs, Grasses, Fungi, Shrubs, & Trees with All Their Modern Scientific Uses, Volume 2. By Grieve & Maud, 1971.
  • Management of Chronic Insomnia Disorder in Adults: A Clinical Practice Guideline From the American College of Physicians. Publish by Annals of Internal Medicine, 3 May 2016. DOI:10.7326/M15-2175
Cara Membuat Obat Tradisional Insomnia Alami Cepat Tidur Cara Membuat Obat Tradisional Insomnia Alami Cepat Tidur Reviewed by Suzy Amelya on 11/28/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.