Budidaya Tanaman Philodendron Dan Manfaat Untuk Kesehatan



Budidaya tanaman Philodendron merupakan salah satu tumbuhan yang sering dijadikan hiasan taman dan pekarangan yang agak luas. Nama latin tanaman ini disebut Philodendron bipinnatifidum, atau Philodendron selloum, berasal dari keluarga Araceae dan subgenus Meconostigma. Juga merupakan salah satu dari tiga subgenera dalam genus Philodendron. Tanaman hias yang satu ini diduga berasal dari Amerika Selatan, paling banyak tumbuh di Brasil, Bolivia, Argentina, dan Paraguay. Kemudian berkembang dan dibudidayakan sebagai tanaman hias di daerah beriklim tropis, subtropis.

Budidaya Tanaman Philodendron

Dalam budidaya tanaman Philodendron bipinnatifidum biasanya akan tumbuh subur dengan cahaya matahari. Tetapi sangat beradaptasi dibawah naungan yang tidak penuh, tetap membutuhkan cahaya untuk foto sintesis. Tanaman ini tumbuh di tanah yang kaya bahan organik, kelembaban lingkungan bisa sedikit basa. Tetapi tidak bisa ditanam diwilayah yang memiliki konsentrasi garam tinggi. Tanaman Philodendron dapat tumbuh tinggi dan besar, kelebihan tanaman ini juga dapat merambat pohon besar yang ada disekitarnya. 

Budidaya Tanaman Philodendron Bipinnatifidum


Ciri-ciri tanaman Philodendron memiliki batang yang bisa mengeluarkan banyak akar kuat yang berguna untuk menyangga bobot tanaman. Akar ini juga berfungsi sebagai penyerap air air dan nutrisi dari tanah. Philodendron dikenal sangat mudah beradaptasi dan biasanya menebarkan batang pohon ke sekitarnya. Budidaya tanaman Philodendron tidak bisa tumbuh di iklim dingin, apalagi membeku. Karena dapat menyebabkan tanaman membusuk dan mati.

Ciri-ciri daun Philodendron tampak sederhana, besar, sangat lobed, dan biasanya jatuh kebawah. Daunnya bisa mencapai hingga 1,5 meter yang menempel pada tangkai daun yang panjang dan kecil. Ciri daun berwarna hijau tua, hampir tidak ada perubahan warna ketika di musim kemarau. Batang tanaman ini relatif tebal dan berkayu, mampu hidup dan berkembang hingga 15-20 tahun. Tanaman ini juga memiliki bunga kecil, biasanya bunga Philodendron berwarna putih. Beberapa jenis kumbang juga menyukai bunga tanaman Philodendron, sehingga membantu penyerbukan alami.

Beberapa tips berikut dapat digunakan dalam budidaya dan cara merawat Philodendron agar dapat berkembang subur di pekarangan rumah Anda:
  1. Cara memperbanyak Philodendron dengan stek batang. Potong ujung batang dan berikan sedikit hormon perangsang akar untuk menunjang keberhasilan. Bekas potongan batang nantinya akan muncul tunas baru.
  2. Tanaman ini tumbuh subur dalam cahaya tidak langsung, daun tampak hijau gelap. Sinar matahari langsung atau terlalu banyak terkena cahaya matahari yang membakar menyebabkan warna daun memudar.
  3. Philodendron Selloum menyukai tanah yang lembab tetapi tidak basah, apalagi tergenang air. 
  4. Berikan pupuk organik dari kompos kotoran atau pupuk cair untuk pertumbuhan setiap bulan. 
  5. Hati-hati dalam memberikan nutrisi pupuk, terlalu banyak nutrisi organik dapat menyebabkan kelebihan garam terbentuk di tanah. Dan bisa mengakibatkan luka bakar pada daun.
  6. Pindahkan Philodendron di tempat yang lembab atau diatas nampan kerikil, ketika memasuki musim hujan. Kelebihan air dapat membuat akar membusuk.

Manfaat Philodendron Untuk Kesehatan


Adapun manfaat tanaman Philodendron ternyata dapat membantu peningkatan kesehatan tubuh manusia. Philodendron bipinnatifidum dapat menyerap zat beracun Formaldehida, dimana senyawa ini dihasilkan oleh perabotan rumah tangga. Termasuk furnitur dari kayu, particle board, karpet, produk berbahan kertas, bahan pembersih, resin, minyak tanah, dan asap rokok. Fungsi tanaman ini akan membuat ruangan tampak bersih, segar dan nyaman bagi anak-anak dapat menghirup udara bersih.

Tanaman ini sangat direkomendasikan agar diletakkan dalam rumah, posisi yang terbaik didekat jendela yang terkena sinar matahari. Salah satu gelar yang disandang tanaman Philodendron bipinnatifidum telah mendapatkan penghargaan Royal Horticultural Society's Award of Garden Merit. 

Baca juga:

Tetapi perlu diingat, bahwa spesis tanaman ini beracun jika dikonsumsi, tingkat keracunan berbeda-beda karena mengandung kristal kalsium oksalat. Berhati-hatilah terhadap getah tanaman Philodendron, getah ini dapat menyebabkan iritasi kulit. Mengkonsumsi bagian dari tanaman ini atau menelan secara tidak sengaja dapat menyebabkan pembengkakan parah dan fungsi pernapasan terganggu.

Referensi

  • Philodendron selloum. Publish by University of Florida; The Institute of Food and Agricultural Sciences, 1999.
  • Philodendron bipinnatifidum, image courtesy of Wikimedia Commons.
Budidaya Tanaman Philodendron Dan Manfaat Untuk Kesehatan Budidaya Tanaman Philodendron Dan Manfaat Untuk Kesehatan Reviewed by Suzy Amelya on 11/15/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.