3 Obat Tradisional Radang Usus Dan Cara Membuat Ramuannya



Beberapa orang terkadang sering mengalami gangguan pencernaan, perut terasa sakit dan menduganya sebagai gangguan perut biasa. Peradangan ini membuat kinerja usus terganggu dan penderita merasakan berbagai masalah pencernaan. Pencernaan mengalami masalah sakit perut, diare, dan nafsu makan berkurang. Nenek moyang kita telah mewariskan beberapa obat tradisional radang usus yang dapat dibuat sendiri dirumah. Diantaranya mengobati radang usus dengan kunyit, daun iler, dan daun sirsak untuk radang usus juga sering digunakan.

Obat Tradisional Radang Usus

Tetapi gejala yang sering timbul tidak bisa dianggap remeh jika sering terjadi pada diri kita. Penyakit radang usus atau Inflammatory Bowel Disease (IBD) merupakan kondisi radang yang terjadi pada usus besar dan usus kecil. Perlu diwaspadai bahwa radang usus merupakan peradangan kronis dari seluruh atau sebagian saluran pencernaan. Meliputi kolitis ulseratif yang menyebabkan peradangan kronis dan menimbulkan borok pada lapisan terdalam usus besar dan rektum. Kemudian penyakit Crohn yang menyebabkan peradangan pada lapisan seluruh saluran pencernaan, mulai dari mulut hingga ke anus. Chron perlu diwaspadai karena gejalanya menyeluruh dan dapat menyebabkan kematian.

Menurut beberapa praktisi, saat ini belum diketahui penyebab dasar munculnya radang usus. Radang usus beresiko meningkat akibat pola makan dan tingkat stres seseorang, tapi keduanya bukan penyebab utama. Para ahli berpendapat bahwa malfungsi sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan radang usus, begitupun belum diketahui penyebab malfungsi ini. Ada juga yang berpendapat bahwa radang usus disebabkan oleh faktor keturunan yang juga pernah menderita IBD. Faktor penyebab lain diantaranya karena kebiasaan merokok dapat menyebabkan penyakit Chron. Dan obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) bisa meningkatkan risiko mengalami radang usus. Yang termasuk OAINS diantaranya ibuprofen, diklofenak, dan naproksen.

Gejala penyakit ini berlangsung jangka panjang, muncul dan menghilang sehingga banyak penderita yang tidak menyadari. Ciri usus luka atau gejala yang umumnya terjadi diantaranya nyeri atau sakit pada bagian perut. Nafsu makan berkurang, berat badan menurun, sering diare, mual dan demam, serta lelah. Setiap orang tidak merasakan gejala yang sama, bahkan ada beberapa orang yang mengalami gejala yang sangat parah. Dalam studi penellitian modern, beberapa ilmuwan melakukan terapi diantaranya adalah:
  1. Terapi cacing untuk penyakit Chron, dengan meminum dengan sekitar 2500 ova cacing Trichuris suis sebanyak dua kali sehari. Metode ini menyebabkan penurunan gejala secara nyata pada beberapa pasien.
  2. Terapi prebiotik dan probiotik untuk radang usus. Tetapi tidak ada data yang cukup untuk merekomendasikan probiotik pada orang yang menderita penyakit Crohn. 
  3. Pada tahun 2005, New Scientist menerbitkan studi bersama oleh Bristol University dan University of Bath mengenai efek penyembuhan ganja pada penderita radang usus. Ganja mengurangi gejala yang mengindikasikan kemungkinan adanya reseptor cannabinoid di lapisan usus.

Obat Tradisional Radang Usus


Ada beberapa tanaman obat radang usus besar dan kecil yang bisa diracik menjadi herbal. Terapi obat tradisional radang usus yang bisa digunakan dan diracik sendiri dirumah sebagai berikut:

1. Mengobati radang usus dengan kunyit dan daun jawer kotok.

  • Ambil 12 daun iler/jawer kotok yang masih segar.
  • Ditambah 1 bawang merah yang telah disangrai, 2 gram rimpang kunyit, 7 gram patikan cina, dan 1/2 gram menyan madu.
  • Seluruh herba dibuat infusa atau dipipis. Contoh cara pembuatan infusa lihat disini: Cara Membuat Infusa
  • Ramuan ini diminum 2 kali sehari setiap pagi dan sore.
  • Dosis sekali minum infusa sebanyak 100 ml, dan pipisan sebanyak 1/4 gelas.

2. Obat herbal radang usus dan lambung dari daun sendok.

  • Ambil segenggam daun sendok segar.
  • Ditambah 7 rimpang temu lawak segar, ditambah segelas air.
  • Sangrai rimpang temu lawak, kemudian dicampur dengan daun sendok dan dipipis.
  • Ramuan ini diminum seperempat cangkir, sekali sehari. 
  • Lakukan secara rutin selama 7 sampai 14 hari.

3. Obat tradisional radang usus dari bunga ekor kucing (Acalypha hispida Burm. F).

  • Siapkan 10-30 gram untai bunga ekor kucing
  • Rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi segelas air. 
  • Minum seluruhnya sehari sekali.

Baca juga: 

Menurut studi terkini, penderita radang usus mungkin memiliki peningkatan risiko disfungsi endotel dan penyakit arteri koroner. Penderita berusia di atas 65 tahun dan wanita lebih berisiko tinggi mengalami penyakit arteri koroner. Meskipun penderita ini tidak memiliki faktor risiko genetik. 

Referensi

3 Obat Tradisional Radang Usus Dan Cara Membuat Ramuannya 3 Obat Tradisional Radang Usus Dan Cara Membuat Ramuannya Reviewed by Suzy Amelya on 11/02/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.