Ramuan Obat Tradisional Kencing Manis Dari Dandang Gendis



Di Indonesia, saat ini penderita kencing manis bertambah. Bahkan di usia 30-an pun sudah ada yang mengidap penyakit ini. Kencing manis atau disebut juga penyakit diabetes melitus (DM) merupakan kelainan metabolik dimana kadar gula darah tinggi dalam jangka waktu lama. Gejala gula darah tinggi diantaranya sering buang air kecil, sering lapar dan bertambah haus. Yang lebih penting dalam mengenal bahaya penyakit kencing manis, jika tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi. Beberapa ramuan obat tradisional kencing manis ternyata dapat membantu mengurangi gejala penyakit. Misalnya dandang gendis, tanaman obat diabetes yang mudah dalam peracikannya.

Ramuan Obat Tradisional Kencing Manis

Kencing manis dapat berakibat komplikasi akut, berupa ketoacidosis diabetes, hiperglikemik hyperosmolar, ataupun berujung pada kematian. Komplikasi jangka panjang dapat mempengaruhi penyakit kardiovaskular, menyebabkan stroke dan penyakit ginjal kronis. Tidak jarang penderita kencing manis mengalami ulkus kaki dan kerusakan mata. Diabetes disebabkan karena pankreas tidak memproduksi cukup insulin. Atau bisa juga disebabkan karena sel tubuh yang tidak merespon dengan benar terhadap insulin yang dihasilkan. 

Kencing manis ata diabetes terbagi menjadi tiga tipe, yaitu diabetes melitus tipe 1, diabetes melitus tipe 2, dan diabetes gestational. Gestational terjadi saat wanita hamil tanpa riwayat diabetes mengembangkan kadar gula darah tinggi. Gestational diabetes biasanya sembuh setelah kelahiran bayi. Pencegahan yang paling mudah untuk penyakit kencing manis dengan cara menjaga pola makan sehat dan berolah raga teratur. 

Sejak dahulu, para orang tua kita telah mempersiapkan berbagai obat herba yang bisa diracik sendiri dirumah. Ada banyak pilihan yang ditawarkan untuk mengurangi gejala, dan juga dapat mencegah penyakit diabetes. Salah satu ramuan obat tradisional kencing manis dengan ramuan tanaman dandang gendis. Tanaman dandang gendis dalam bahasa latin disebut Clinacanthus Nutans. Tanamannya memiliki beragam manfaat untuk mengobati ruam kulit, gigitan serangga dan ular, lesi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Juga mengurangi gejala diabetes dan asam urat. Dandang gendis tumbuh subur dan berkembang di Malaysia, Indonesia, Thailand dan China.

Ramuan Obat Tradisional Kencing Manis


Dandang Gendis (Clinacanthus Nutans) merupakan tanaman perdu tahunan. Tinggi tanaman sekitar 2,5 meter. Ciri batang berkayu tegak dan beruas, berwarna hijau. Sementara ciri daun tunggal berhadapan, berbentuk lanset dengan panjang daun antara 8 hingga 12 cm. Dan lebar 4 hingga 6 cm, bertulang menyirip dan berwarna hijau. Bunga tanaman majemuk berbentuk malai, keluar dari ketiak daun dan diujung batang. Mahkota bunga berbentuk tabung, panjangnya kira-kira 2 hingga 3 cm dan berwarna merah muda. Tanaman ini berbuah kotak, bulat memanjang berwarna cokelat.

Adapun ramuan obat diabetes, cara membuat ramuan obat tradisional kencing manis adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan 7 gram daun dandang gendis yang masih segar.
  2. Cuci bersih, kemudian masukkan kedalam 110 ml air. 
  3. Herba dijadikan infusa, caranya dengan memanaskan selama 15 menit dengan api kecil.
  4. Dapat juga diseduh dengan air mendidih selama 15 menit.
  5. Ramuan ini diminum sekali sehari, takaran sekali minum 100 ml.

Tidak ada cara ampuh yang diketahui untuk mengatasi diabetes tipe 1. Tetapi diabetes tipe 2 dapat dicegah atau ditunda dengan mempertahankan berat badan normal. Misalnya dengan cara berolah raga, setidaknya mengeluarkan keringat banyak setiap hari. Dalam menjalani dan mengkonsumsi ramuan obat tradisional kencing manis, disarankan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan. 

Cara lain mengatasi kencing manis atau diabetes, dapat dilihat pada halaman berikut:

Sebaiknya makanan kaya biji-bijian dan serat, lemak tak jenuh ganda, kacang-kacangan, minyak nabati dan ikan. Terlebih menjauhi makanan dan minuman manis, makanan daging merah dan sumber lemak jenuh lainnya. Merokok juga sangat berkaitan dengan peningkatan risiko diabetes dan komplikasi. 

Referensi

Clinacanthus nutans: A review of the medicinal uses, pharmacology and phytochemistry. Publish by Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, 2016.
Ramuan Obat Tradisional Kencing Manis Dari Dandang Gendis Ramuan Obat Tradisional Kencing Manis Dari Dandang Gendis Reviewed by Suzy Amelya on 10/11/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.