Obat Tradisional Penghancur Batu Empedu Dan Batu Ginjal



Penyakit yang satu ini datangnya memang sering tidak disadari, dan bahkan tanpa merasakan gejala. Masyarakat menyebutnya batu empedu, merupakan kristal kecil yang terbentuk dari kolesterol didalam saluran empedu manusia. Batu empedu akan menyumbat bagian ujung empedu, penderita akan merasakan teramat sakit beberapa saat ataupun hitungan jam. Cara penyembuhan dapat melalui operasi, tetapi ada beberapa orang yang mencoba obat tradisional penghancur batu empedu.

Obat Tradisional Penghancur Batu Empedu Dan Batu Ginjal

Batu yang dihasilkan dalam mepedu sangat bervariasi, ukuran tidak dapat ditentukan. Hampir sama dengan kristal yang terbentuk di ginjal, mulai dari butiran pasir hingga sebesar bola pingpong. Begitupula jumlah kristal didalamya, semakin banyak yang menumpuk maka penderita akan sering mengalami kolik. Penyakit ini diduga karena jumlah kolesterol dan senyawa kimia dalam cairan tidak seimbang.

Menurut studi medis, batu empedu umumnya disebabkan karena faktor usia, terutama orang yang sudah di atas 40 tahun. Penyakit ini paling sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Kaum wanita yang melahirkan beresiko menderita batu empedu, karea perubahan hormon estrogen selama kehamilan. Hati-hati bagi orang yang mengalami obesitas, kelebihan berat badan sangat beresiko menumpukkan kolestrol dalam kantong empedu.

Obat Tradisional Penghancur Batu Empedu


Tanaman ini memang tidak begitu dikenal, menurut tradisi tanaman gempur batu dapat mengatasi dan menghancurkan batu empedu. Gempur batu, dalam bahasa latin disebut Borreria hispida, tanaman gulma keluarga Rubiaceae. Tumbuhan ini digunakan sejak dahulu sebagai terapi alternatif untuk diabetes. Selain itu, juga dapat digunakan untuk terapi mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Beberapa manfaat gempur batu selain untuk obat tradisional penghancur batu empedu, antara lain:
  1. Di Filipina, daun yang diseduh digunakan sebagai obat untuk mengatasi haemorrhoids. Tanaman ini dapat dimakan dengan herba lainnya sebagai sayur lalapan. Beberapa wilayah di Filipina menggunakannya sebagai tonik dan stimulan.
  2. Akar tanmana bersifat mirip dengan sarsaparilla, dan diresepkan dalam seduhan sebagai herba alternatif. 
  3. Daun gempur batu dapat dijadikan sebagai obat sakit kepala, dengan cara dioleskan.
  4. Biji tanaman dapat bermanfaat sebagai obat kumur, pendingin dan menghentikan pendarahan. 
  5. Biji tanaman ini juga berkhasiat untuk mengatasi diare dan disentri. Juga elah direkomendasikan sebagai pengganti bubuk kopi.

Adapun ramuan obat tradisional penghancur batu empedu dari tanaman gempur batu sebagai berikut:
  1. Siapkan 2 genggam daun gempur batu yang masih segar. 
  2. Masukkan kedalam 110 ml air bersih, kemudian dibuat infusa atau pipisan. Atau bisa juga direbus dengan api kecil selama 15 menit.
  3. Ramuan ini diminum 2 kali sehari. 
  4. Untuk infusa dan rebusan, dosis sekali minum 100 ml. 
  5. Untuk pipisan, dosis sekali minum 1/4 cangkir.

Baca juga: 

Tanaman ini juga dapat membantu untuk mengobati penyakit batu ginjal. Cara pengolahan herba sebai berikut:
  1. Ambil 2 genggam daun gempur batu yang masih segar. 
  2. Ditambah 7 pohon meniran kecil yang masih segar. 
  3. Masukkan kedalam 110 air, dan dibuat infusa, atau direbus dengan api kecil selama 15 menit. 
  4. Dosis sekali minum 100 ml. 
  5. Ramuan ini diminum 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa pengobatan dengan gempur batu dapat memperbaiki fungsi jantung, dan berbagai faktor risikonya. Gempur batu dianggap sebagai agen nutraceutical dan herba potensial untuk penyakit kardiovaskular.
Obat Tradisional Penghancur Batu Empedu Dan Batu Ginjal Obat Tradisional Penghancur Batu Empedu Dan Batu Ginjal Reviewed by Suzy Amelya on 10/17/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.