Menyembuhkan Diare Anak Dan Dewasa Dengan Tepung Garut



Tanaman umbi garut saat ini telah dijadikan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan makanan berupa tepung. Nama latin tanaman garut disebut Maranta Arundinacea, nama lain disebut sagu betawi, ubi sagu, arrowroot (Inggris). Merupakan herba abadi yang ditemukan berkembang luas di hutan hujan. Secara tradisional, umbi garut dapat digunakan untuk ramuan menyembuhkan diare anak dan dewasa

Menyembuhkan Diare Anak Dan Dewasa

Menurut sejarah, tanaman ini merupakan salah satu herba paling awal yang dibudidayakan untuk makanan. Terutama pertanian di Amerika Utara, telah membudidayakan tanaman garut antara tahun 8200 SM dan 5600 SM. Beberapa arkeolog meyakini bahwa tanaman garut pertama kali digunakan oleh penduduk asli Amerika bukan sebagai makanan. Melainkan sebagai tapal untuk mengambil racun dari luka yang disebabkan oleh tombak atau panah.

Penyebaran tanaman ini mungkin dilakukan dalam skala kecil dari beberapa tanaman yang dibudidayakan pada tanah aluvial dekat sungai. Dahulu, pembuatan tepung pati dari akar harus ditumbuk atau digiling kemudian direndam dalam air untuk memisahkan pati dari serat. Saat ini tepung pati garut digunakan dalam olahan makanan dan kembang gula. Juga digunakan untuk bahan industri seperti kosmetik dan lem. Residu ekstraksi pati memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat diberikan untuk ternak.

Ciri-ciri tanaman garut adalah tanaman abadi yang tumbuh didataran rendah, ketinggian antara 0,3 hingga 1,5 meter. Bentuk daun lanset, umbi tanaman dapat dimakan, kluster bunga putih kecil dan mekar sekitar 90 hari setelah tanam. Tanaman ini jarang menghasilkan benih, budidaya tanaman umumnya dengan menanam umbi bertunas. Umbi garut siap panen antara usia 10 hingga 12 bulan setelah tanam, ditandai dengan daun mulai layu dan mati. Ciri-ciri umbi garut bentuknya berdaging, silindris, panjangnya antara 20 hingga 45 cm.

Menyembuhkan Diare Anak Dan Dewasa


Umbi garut menghasilkan pati yang berkualitas tinggi, berukuran halus dan berharga terbilang mahal. Umbi ini telah dijadikan sumber karbohidrat untuk menggantikan tepung terigu. Adapun kandungan yang terdapat dalam umbi garut diantaranya adalah air (69–72%), pati (19,4–21,7%). Mengandung serat (0,6–1,3%), protein (1,0–2,2%), lemak (0,1%), dan abu (1,3–1,4%).

Adapun cara menyembuhkan diare anak dan dewasa dengan ramuan tepung garut sebagai berikut:
  1. Ambil 1 sendok makan tepung garut 
  2. Ditambah dengan 1 sendok makan gula, 1/4 sendok teh garam, dan 7 lembar daun jambu biji. 
  3. Masukkan kedalam 110 ml air, kemudian dibuat infusa atau direbus dengan api kecil selama 15 menit. 
  4. Ramuan ini diminum 3 kali sehari, dosis sekali minum 100 ml. 

Baca juga:


Tepung garut mudah dicerna oleh penderita gangguan perut dan usus. Menambahkan sedikit air kedalam tepung dapat digunakan sebagai obat oles luka dan bernanah. Menurut pengobatan tradisional, tepung yang dicampur dengan air atau susu, untuk mengobati gangguan perut seperti keracunan dan disentri. 

Referensi

  • The Origins of Agriculture in the Lowland Neotropics. Publish by San Diego: Academic Press, 1998.
Menyembuhkan Diare Anak Dan Dewasa Dengan Tepung Garut Menyembuhkan Diare Anak Dan Dewasa Dengan Tepung Garut Reviewed by Suzy Amelya on 10/19/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.