Manfaat Syngonium Untuk Kesehatan Dan Feng Shui Rumah



Tanaman ini juga banyak dibudidayakan sebagai tumbuhan hias diperkarangan dan dalam rumah. Pada umumnya orang menyebut tanaman ini sebagai Syngonium, bentuk daun mirip kepala anak panah dengan beragam corak. Nama latin tanaman adalah Syngonium Podophyllum, spesies aroid yang umumnya dijadikan sebagai tanaman rumah. Sebenarnya tidak hanya sebagai hiasan, tetapi manfaat syngonium untuk kesehatan juga telah digunakan sejak dahulu. Spesies ini berasal dari wilayah Amerika Latin, dari Meksiko sampai Bolivia. Kemudian berkembang hingga ke Hindia Barat, Florida, Texas, Hawaii, dan Asia.

Manfaat Syngonium Podophyllum

Tanaman ini termasuk kedalam genus Nephthytis Afrika, nama lain syngonium disebut sebagai tanaman kepala anak panah atau Arrowhead Vine. Juga sering disbut Goosefoot, African evergreen, American evergreen. Beberapa kultivar beraneka ragam, perbedaan utama berada pada posisi dan tingkat warna krim ataupun putih. Di beberapa kultivar, klasifikasi syngonium podophyllum hampir seluruhnya daun bercampur dengan warna putih, pink atau kuning. 

Goosefoot, nephthytis atau Syngonium podophyllum adalah tanaman Feng Shui. Tanaman ini memiliki daun yang berubah dari bentuk panah menjadi lima bentuk lobus saat matang. Kelima bentuk mewakili lima elemen yaitu air, api, tanah, kayu dan logam. Hal ini diyakini memberikan keseimbangan sempurna dari Yin Yang karena daun yang berkilau. Jika diletakkan diatas meja akan menimbulkan energi dan semangat, ide baru dan inspirasi positif.

Menurut studi, semua bagian tanaman dianggap beracun dan dapat menyebabkan sakit mulut yang parah. Getah yang keluar dari tanaman ini dapat menyebabkan kulit seperti terbakar. Syngonium juga mengandung asam oksalat dan berpotensi menyebabkan kerusakan mata karena efek raphides. Raphides merupakan zat yang berbentuk kristal seperti jarum dalam sel tanaman. 

Manfaat Syngonium Untuk Kesehatan


Tetapi anehnya, dibeberapa negara menjadikan obat tanaman ini sebagai bahan herba. Manfaat syngonium dapat membantu penyembuhan beberapa penyakit umum. Adapun beberapa manfaat syngonium untuk kesehatan antara lain sebagai berikut.
  1. Di Belize, akar dan kulit kayu syngonium digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati luka luar dan dalam. 
  2. Di Amerika Tengah, syngonium digunakan untuk berbagai kelainan kulit. 
  3. Tanaman ini mampu membersihkan udara, terbukti efektif dalam membantu menghilangkan polutan dalam dan luar ruangan. Seperti benzena, formaldehida, toluena, dan xilena. 
  4. Tanaman ini juga mengurangi mikroba udara dan meningkatkan kelembaban.
  5. Menurut studi, kulit Syngonium piodophyllum mampu menghambat pertumbuhan strain bakteri E coli, P aeruginosa, S aureus dan E faecalis. 
  6. Senyawa yang terkandung didalamnya dianggap menjanjikan untuk pengobatan hipertensi.
  7. Menurut studi, ekstrak tanaman dapat menghambat 43% pertumbuhan kanker paru-paru (NCI-H322). Dan kemampuannya 53% melawan kanker payudara (T4D).
  8. Penuduk asli Amerika Tengah menggunakan ekstrak tanaman ini sebagai anti-inflamasi terhadap edema telinga. 
  9. Tradisi di Suriname, getah diseka ke rongga gigi yang sakit untuk menghilangkan rasa sakit. 
  10. Orang-orang di Suriname menggunakan rebusan daun untuk mengobati sakit perut.
  11. Di Bangladesh, seluruh tanaman dianggap sebagai tonik untuk dermatitis.
  12. Manfaat syngonium di dalam ruangan, menempatkannya di depan sudut tajam atau sudut yang mungkin memotong Chi. Posisi ini akan membantu mengurangi stres, kegelisahan, gangguan tidur dan perdebatan dalam rumah.


Efek samping tanaman syngonium berupa toksisitas (racun) di semua bagian tanaman. Dapat menyebabkan sakit mulut parah jika dimakan. Araceae mengandung kristal kalsium oksalat, diyakini menyebabkan iritasi lokal pada penanganan langsung ataupun konsumsi. Beberapa reaksi terhadap senyawa lain berupa iritasi tidak terlihat pada tanaman yang dimasak. Kristal raphides dapat bertahan walaupun setelah pemanasan.

Referensi

Manfaat Syngonium Untuk Kesehatan Dan Feng Shui Rumah Manfaat Syngonium Untuk Kesehatan Dan Feng Shui Rumah Reviewed by Suzy Amelya on 10/01/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.