Manfaat Daun Sambung Nyawa, Ramuan Untuk Kanker, Kista, Jantung



Tanaman ini sering disebut daun sambung nyawa, salah satu tumbuhan herba yang sering dijadikan lalapan nusantara. Nama lain daun Sambung Nyawa atau nama lainnya disebut sambung nyowo, akar sebiak, dan Daun Dewa. Nama latin daun sambung nyawa disebut Gynura Procumbens, merupakan tanaman asli dari Indonesia untuk digunakan mengobati berbagai penyakit. Manfaat daun sambung nyawa telah lama digunakan nenek moyang kita untuk mengobati penyakit kronis, termasuk kanker. Penyebaran tanaman ini paling banyak ditemukan di pulau Jawa, Sumatera, Bali, juga ada di China dan Afrika. 

manfaat daun sambung nyawa

Dalam pengobatan tradisional, ekstrak tanaman ini diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan herba ampuh. Di era modern saat ini daun sambung nyawa juga telah dijadikan dalam bentuk kapsul untuk mempermudah konsumen. Ekstrak tanaman mengandung senyawa kimia berupa antimicrobial, anticarcirogenic, antiinflammatory dan antihypertensive. Tanaman ini digunakan untuk mengobati penyakit ginjal, disentri, infeksi kerongkongan. Juga digunakan untuk menghentikan perdarahan, memperlancar siklus haid, dan mengobati gigitan hewan berbisa.

Ciri-ciri daun sambung nyawa dapat dilihat dari pertumbuhan tanaman berbentuk perdu tegak bila masih muda. Tanaman ini bisa saja merambat setelah mencapai usia cukup tua. Apabila daunnya diremas akan mengeluarkan bau aroma khas. Daun sambung nyawa berbentuk helaian, bulat telur memanjang antara 3,5 hingga 12,5 cm. Lebar daun antara 1 hingga 5,5 cm, ujung daun tumpul dan meruncing pendek, di pangkalnya membulat. Sedangkan tepi daun tampak rata, bergelombang atau agak bergigi. Daun tanaman ini mempunyai susunan dan fragmen yang sesuai dengan anatomi keluarga bunga matahari atau Asteraccae.

Manfaat Daun Sambung Nyawa


Adapun manfaat daun sambung nyawa dan cara mengolah ramuannya adalah sebagai berikut:
  1. Dapat mencegah dan menyembuhkan kista, kanker dan tumor. Cara mengkonsumsi daun sambung nyawa untuk mengobati kanker rahim, kanker payudara dan kanker darah dengan memakan 3 lembar daun segar sehari. Lakukan cara mudah ini berturut-turut selama 7 hari. Metode ini dapat diperpanjang selama 1 hingga 3 bulan, tergantung kondisi kanker.
  2. Daun sambung nyawa digunakan untuk penyembuhan penyakit ginjal. 
  3. Daun ini dimanfaatkan sebagai antikoagulan, mencairkan pembekuan darah, stimulasi sirkulasi, menghentikan pendarahan, menghilangkan panas, membersihkan racun. 
  4. Manfaat daun sambung nyawa dapat digunakan untuk mengobati pembengkakan payudara, pembengkakan akibat pukulan/benturan. 
  5. Khasiat daun sambung nyawa dapat mengobati radang dan infeksi kerongkongan.
  6. Tanaman ini dapat melancarkan sirkulasi darah dan melancarkan haid. Hati-hati jika dikonsumsi oleh ibu hamil. 
  7. Selain itu, manfaat daun sambung nyawa lainnya diantaranya dapat mengobati batu ginjal. Juga mengobati radang mata, sakit gigi, rematik sendi, perdarahan kandungan.
  8. Tanaman ini juga sangat baik mengobati diabetes mellitus, hipertensi, dan ganglion.

Resep Ramuan Daun Sambung Nyawa


Beberapa resep ramuan berikut dapat digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit diatas. Ramuan ini telah digunakan sejak dahulu untuk pengobatan tradisional: 

1. Daun Sambung Nyawa Untuk Mengobati Kista, Kanker dan Tumor 

  1. Siapkan 4 gram daun segar 4, ditambah 7 gram akar daruju, dan 3 gram benalu.
  2. Masukkan kedalam 120 ml air mendidih, kemudian seluruh herba ditumbuk hingga halus. 
  3. Tunggu hingga dingin, kemudian ramuan disaring dan diminum seluruhnya sehari sekali, selama 30 hari.
  4. Cara lain mengobati kanker, baca juga: Resep Daun Belimbing Manis Untuk Kanker, Koreng Dan Bisul

2. Daun Sambung Nyawa Untuk Jantung, Darah Tinggi (Hipertensi)

  1. Siapkan 7 lembar daun segar, ditambah 1 buah mengkudu muda.
  2. Seduh kedalam 110 ml air mendidih. 
  3. Ramuan ini diminum 2 kali sehari selama 1 bulan.

3. Daun Sambung Nyawa Untuk Asam Urat, Kencing Manis/Diabetes

  1. Ambil 5 lembar daun sambung nyawa.
  2. Kemudian diseduh kedalam 110 ml air panas.
  3. Minum ramuan ini sekali sehari.
  4. Cara lain mengobati kencing manis, baca juga: Cara Membuat Teh Daun Kelor Untuk Diabetes, Kencing Manis

4. Daun Sambung Nyawa Untuk Pembersih Luka

  1. Ambil daun secukupnya, kemudian ditumbuk halus dan dimasukkan ke dalam air. 
  2. Rendam luka ke dalam air selama 30 menit.

Untuk pengobatan penyakit lain yang disebutkan diatas, dapat mengkonsumsi daun segar sebagai lalapan. Menurut studi, daun sambung nyawa mengandung senyawa flavonoid, sterol tak jenuh, triterpen, polifenol, tanin, saponin,steroid, dan minyak atsiri. 

Referensi

Manfaat Daun Sambung Nyawa, Ramuan Untuk Kanker, Kista, Jantung Manfaat Daun Sambung Nyawa, Ramuan Untuk Kanker, Kista, Jantung Reviewed by Suzy Amelya on 10/08/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.