Manfaat Daun Dadap Untuk Wajah, Rambut, Dan Cara Mengolahnya



Tanaman dadap atau cangkring kerap digunakan sebagai tanaman peneduh di taman-taman ataupun halaman rumah yang cukup lebar. Nama latin dadap adalah Erythrina Variegata, sinonym dengan Erythrina indica Lam., dan Erythrina variegata var orientalis (L.) Merr. Erythrina berasal dari kata Yunani 'Eruthros' yang berarti merah, menjelaskan bunga merah dari spesies Erythrina. Nama lain daun dadap disebut Dadap ayam, Dadap laut, Kuku macan/harimau, Dadap blendung, Theutheuk, Dalungdung, Deris, Galala itam. Ternyata manfaat daun dadap untuk wajah dan rambut sangat menyehatkan, tentunya dapat membuat kulit sehat.

Manfaat Daun Dadap Untuk Wajah

Cara mengolah daun dadap untuk kesehatan telah diajarkan sejak ribuan tahun yang lalu, terutama dalam pengobatan tradisional Asia Barat. Tanaman dadap merupakan spesies asli Erythrina yang berkembang ke daerah tropis dan subtropis di Afrika bagian timur. Juga berkembang di benua India, Australia utara, dan wilayah Samudra Hindia dan Samudra Pasifik barat hingga ke Fiji. Dadap termasuk salah satu pohon hias yang bernilai tinggi, beberapa kultivar terpilih diantaranya Alba dengan warna bunga putih.

Manfaat daun dadap di Vietnam digunakan untuk membungkus daging yang diolah secara fermentasi. Di Filipina dikenal sebagai Dapdap, kulit kayu dan daunnya digunakan dalam pengobatan alternatif. Dalam pengobatan Siddha, tanaman ini digunakan untuk mengatasi gangguan haid dan fisura pada pada pria. 

Dadap merupakan keluarga Leguminosae, bahasa asing mengenalnya sebagai Tigers claw, Indian coral tree, Sunshine tree, atau Moochy dan Marathi. Tanaman ini memiliki kumpulan bunga berwarna merah tua, dan pohon berukuran sedang. Tanaman ini dapat gugur dan biasanya tumbuh setinggi 6 hingga 9 meter. Batang dan cabang muda tampak tebal dengan duri berbentuk kerucut berukuran 8 mm, dan gugur setelah 2-4 tahun. Beberapa duri bertahan dengan kulit kayu yang tidak berubah. 

Kulit tanaman ini tampak halus dan hijau saat muda dan mengelupas serpihan kecil. Ciri-ciri daun dadap agak kecil, berwarna hijau zamrud cerah, dan panjang daun sekitar 6 hingga 15 cm. Panjang tulang daun belakang sekitar 5 cm. Lembaran daun tampak halus, berkilau, lebar berkisar 8 hingga 20 cm, dan bagian ujung daun runcing.

Manfaat Daun Dadap Untuk Wajah

Ciri-ciri bunga dadap berwarna merah cerah hingga merah tua, tegak sepanjang 15 hingga 20 cm. Dapa juga berbuah seperti polong silinder, berwarna hijau yang berubah hitam dan keriput saat matang. Polong berdinding tipis dan terbatas di sekitar biji. Setidaknya terdapat 1 hingga 8 biji halus per polong, berbentuk lonjong, warna merah tua hingga hampir hitam. 

Beberapa manfaat daun dadap untuk kesehatan antara lain:
  1. Menurut tradisi di India, tanaman ini digunakan untuk menghancurkan parasit patogen dan mengurangi nyeri sendi. 
  2. Jus dari daun dadap dicampur dengan madu digunakan untuk membunuh cacing pita, cacing gelang dan ulat. 
  3. Jus daun dadap bermanfaat untuk merangsang ASI pada ibu menyusui.
  4. Ramuan jus daun dadap penurun panas tubuh, untuk anak dan dewasa.
  5. Meminum jus daun dadap dapat memperlancar menstruasi dan gangguan yang disebabkannya. 
  6. Jus daun dadap juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka dalam tubuh, termasuk radang tenggorokan.
  7. Tapal daun yang masih hangat dapat dioleskan untuk mengurangi nyeri sendi dan rematik. 
  8. Manfaat daun dadap untuk bayi dapat diaplikasikan dalam bentuk tapal. Penurun panas tubuh dan mengobati penyakit kulit.
  9. Ramuan kulit kayu digunakan sebagai obat pencahar, diuretik dan ekspektoran. 
  10. Tanaman dadap digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat penenang syaraf, kolikrium, opthalmia, anti-asma, antiepileptik, antiseptik dan zat astringen. 
  11. Kulit kayu digunakan untuk menurunkan demam, penyakit hati/lever. 

Baca Juga:

Ekstrak daun dadap memiliki sifat nematisida, ekstrak akar bersifat antimikroba. Kulitnya mengandung senyawa astringent dan digunakan sebagai obat penurun panas dan anthelmintik. Tanaman juga digunakan sebagai penangkal strychnine, kulit kayu sangat membantu dalam penghancuran batu empedu. Juga penyakit hati, ekspektoran, obat penurun panas, dan parasit usus.

Manfaat Daun Dadap Untuk Wajah Dan Rambut


Menurut studi, tanaman dadap mengandung phytochemical seperti alkaloid, karbohidrat, asam amino, tanin, steroid, dan flavonoid. Tanaman ini memiliki sifat anti mikroba dan anti-jamur, termasuk membasmi Salmonella typhi, Pseudomonas putida, Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli. Sehingga manfaat daun dadap untuk wajah dan rambut dapat membantu penyembuhan lebih cepat. Adapun cara mengolah daun dadap untuk kesehatan sebagai berikut:

Cara Membuat Jus Daun Dadap:

  1. Siapkan segenggam daun dadap yang masih segar, kemudian cuci bersih.
  2. Giling hingga halus, dan tambahkan segelas air panas.
  3. Diamkan jus ini beberapa saat, dan minum selagi hangat.
  4. Minum jus ini sehari sekali.
  5. Cara lain juga dapat direbus kedalam 3 gelas air, didihkan hingga menjadi segelas air.

Cara Membuat Tapal, Pasta Daun Dadap:

  1. Ambil 4-5 lembar daun dadap segar, cuci bersih.
  2. Giling hingga halus, tambahkan sedikit air hangat.
  3. Pasta ini digunakan untuk membalur kulit, termasuk wajah dan kulit rambut.

Baca Juga:

Manfaat meminum jus ataupun air rebusan daun dadap dapat membantu membersihkan darah. Efek ini sangat baik untuk wajah sensitif dan mengatasi jerawat dari dalam tubuh. Untuk pengobatan dari luar, gunakan pasta yang bermanfaat untuk membunuh bakteri dan jamur di kulit. Pasta dapat membuat akar rambut sehat, mengatasi ketombe dan membunuh bakteri penyebab gatal di kepala.

Referensi

  • Traditional Uses, Medicinal And Phytopharmacological Properties Of Erythrina Indica Lam: An Overview. Publish by Suryawanshi, International Journal of Research in Ayurveda & Pharmacy, 2011.
  • Erythrina Indica, image courtesy of Wikimedia Commons.
Manfaat Daun Dadap Untuk Wajah, Rambut, Dan Cara Mengolahnya Manfaat Daun Dadap Untuk Wajah, Rambut, Dan Cara Mengolahnya Reviewed by Suzy Amelya on 10/30/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.