Manfaat Daun, Bunga, Kulit Ploso, Dan Resep Ramuannya



Tanaman Ploso paling banyak ditemukan di Indonesia Timur, salah satu tumbuhan indah yang mewarnai alam Indonesia. Sejak dahulu, nenek moyang Asia telah memilih beragam herba untuk digunakan dalam pengobatan. Manfaat daun, bunga, kulit Ploso telah lama digunakan orang-orang Asia Barat, termasuk diantaranya India. Bunga, batang dan daun tanaman digunakan untuk mengobati peradangan, pembengkakan, penyakit kulit, dan lainnya.

Manfaat Daun, Bunga, Kulit Ploso

Tanaman Ploso atau nama lainnya disebut Palasa, plasa, dan nama latin Ploso disebut Butea Monosperma. Tanaman ini termasuk kedalam anggota dari suku Fabaceae. Penyebaran tanaman Palasa mulai dikenal di India, Asia Tenggara, hingga ke Indonesia bagian barat. Uniknya ketika musim semi, tanaman ploso akan menggugurkan daunnya dan berbunga, sehingga tampak dari kejauhan seperti nyala api diatas pohon. (Baca Juga: Mitos Tanaman Ploso)

Manfaat Daun, Bunga, Kulit Ploso


Beberapa resep pembuatan ramuan dari tanaman ini telah diajarkan secara turun temurun sejak dahulu. Bagi Anda yang memiliki atau menanam dihalaman rumah, dapat memaksimalkan manfaat daun ploso untuk pengobatan. Manfaat tanaman, resep dan cara mengolah tanaman ploso adalah sebagai berikut:

  1. Manfaat daun untuk minuman kesehatan, ambil segenggam daun segar dan kemudian dijadikan jus. Jus ini diminum dua kali sehari.
  2. Mengobati bisul, ambil 2-3 lembar daun Ploso segar kemudian dijadikan pasta. Oleskan pada permukaan bisul, lakukan sehari 3 kali.
  3. Manfaat bunga ploso dapat digunakan untuk mengobati peradangan, pembengkakan dan keseleo. Ambil bunga segar, cuci bersih dan dihaluskan. Kemudian dipanaskan dengan uap air atau dapat menggunakan dandang nasi yang sudah terisi air panas dan tertutup rapat. Setelah 30 menit, oleskan bunga pada bagian yang sakit.
  4. Pengobatan disentri dengan serbuk getah ploso yang dicampur dengan bubuk kayu manis. Dosis masing-masing sebanyak 1/4 sendok teh, dan tambahkan sedikit air hangat. Kemudian diminum sehari dua kali.
  5. Mengobati penakit kurap dengan cara menghaluskan biji ploso pada kulit yang terinfeksi.
  6. Di India, untuk mengobati gigitan ular dengan cara mencampurkan kulit kayu ploso dan jahe dengan takaran yang sama. Kemudian diaduk dengan sedikit air, dan dioleskan pada luka gigitan.
  7. Untuk membersihkan urin (urinary) termasuk batu ginjal, sulit buang air kcil. Rebus segenggam bunga ploso segar kedalam satu liter air. Saring ramuan ini dan ditambahkan sedikit garam. Minum ramuan sehari tiga kali. 
  8. Manfaat bunga ploso kering digunakan untuk menghilangkan racun tubuh. Caranya dengan menggilingnya hingga menjadi tepung halus. Ambil 1 -2 gm setiap hari, kemudian dicampur air dan diminum.
  9. Bubuk bunga kering juga dapat mengobati disfungsi seksual, infeksi usus dan maag. Caranya dengan mencampur 1 sendok teh bubuk dengan susu dan gula batu. Minum campuran ini sehari dua kali.
  10. Untuk mengatasi penyakit diabetes, dengan mencampur tepung bunga kering sebanyak 2 gram kedalam susu. Diminum sehari sekali. 

Selain manfaat daun, bunga, kulit ploso, dapat menyembuhkan penyakit. Ternyata herba ini juga mempunyai efek samping bagi tubuh. Diantaranya, biji tanaman memiliki dapat menyebabkan rahim tidak subur. Secara tradisional, biji ploso digunakan sebagai obat kontrasepsi.

Referensi

  • Flowering Trees and Shrubs in India, Sixth Edition. Publish by Bombay: THACKER and Co. Ltd, 1984.
  • Butea monosperma, image courtesy of Wikimedia Commons.
Manfaat Daun, Bunga, Kulit Ploso, Dan Resep Ramuannya Manfaat Daun, Bunga, Kulit Ploso, Dan Resep Ramuannya Reviewed by Suzy Amelya on 10/06/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.