Cara Mengolah Buah Maja, Resep Daun Dan Khasiatnya



Dalam buah tanaman ini terkandung senyawa kimia yang dapat membantu penyembuhan penyakit dan mejaga kesehatan. Sejak dahulu, tanaman dan buah maja telah diyakini sebagai obat berkhasiat. Ada beragam cara mengolah buah maja, resep khasiat buah maja telah diturunkan hingga ke anak cucu. Setidaknya lebih dari 100 senyawa kimia telah diidentifikasi dalam buah tanaman ini. Diantaranya adalah senyawa fenol, flavonoids, saponin, cardiac glycoside, alkaloid, tanin, steroid dan terpenoid.

Cara Mengolah Buah Maja, Resep Khasiat Buah Maja

Senyawa-senyawa kimia ini bermanfaat sebagai obat-obatan, efek farmakologis yang ditimbulkan dapat mengobati penyakit kronis seperti gangguan gastrointestinal atau penyakit terkait usus. Juga dapat mengobati kanker, menurunkan kolesterol, tukak lambung, diabetes mellitus tipe 2, dan jenis penyakit kardiovaskular. Selain untuk kesehatan dan pengobatan, pohon maja juga dipercaya membawa kemakmuran bagi pemiliknya.


Buah maja merupakan salah satu sumber makanan buah yang sangat baik. Terutama mengandung banyak mineral penting dibutuhkan setiap tubuh manusia. Menurut studi, buah maja mengandung kalium dan sodium yang tinggi. Mineral ini dianggap sangat bermanfaat untuk penderita hipertensi. Dan kalsium juga sangat diperlukan untuk perkembangan tulang, gigi dan transmisi impuls saraf. Mineral lain yang terkandung dalam buah maja adalah zat besi. Selain itu juga mengandung vitamin B1 atau Tiamin, vitamin B2 atau Riboflavin. Juga mengandung vitamin B3 niasin dan vitamin C,sehingga sangat baik dikonsumsi untuk tubuh.

Selain itu, daun dan buah maja dapat mengobati penyakit lever atau gangguan hati. Penyakit ini biasanya disebabkan karena terlalu banyak terkena toksin atau karena infeksi. Tanaman maja memiliki khasiat sebagai anti jamur, anti bakteri, anti-mikroba dan anti-virus yang melindungi hati terhadap infeksi. Buah maja diyakini dapat meningkatkan tingkat antioksidan dalam aliran darah. Misalnya glutathione dan superoxide dismutase, dapat menghambat reaksi beracun. Pengobatan dengan ekstrak buah maja berupa jus, dapat mengurangi tingkat enzim hati. 

Ekstrak daun dan buah maja dapat meningkatkan aktivitas antioksidan superoksida dismutase. Karotenoid, vitamin C, tiamin, riboflavin dan niacin, melindungi lapisan usus terhadap kerusakan dan pembengkakan. Sangat baik untuk mengatasi dan mengobati penyakit radang usus. Menurut studi, kandungan diuretik dalam buah maja dapat melancarkan urin. Ekstrak akar dan daun maja beraksi meningkatkan ekskresi elektrolit, seperti Natrium dan Kalium. Aktivitas diuretik akar tanaman lebih tinggi dari pada daunnya, baik untuk pengobatan gagal jantung kongestif. Juga dapat mengobati gagal ginjal dan tekanan darah tinggi.

Cara Mengolah Buah Maja


Berikut ini manfaat buah maja, kumpulan tips olahan dari tanaman. Adapun cara mengolah buah maja, resep khasiat buah maja untuk kesehatan diantaranya adalah:

1. Buah Maja Untuk Mengobati Diare dan Disentri

  • Ambil buah kering tanpa biji, ataupun dapat berupa bubuk. 
  • Satu sendok bubuk ini dicampurkan dengan air. 
  • Diminum dua kali sehari.

2. Obat Tradisional Asma Dari Daun Maja 


3. Mempercepat Pemuluhan Luka Dalam Dan Luar.

  • Ambil 1 buah maja segar, ditambah daun dan akar dengan takaran yang sama. 
  • Cuci bersih seluruh herba, kemudian dijadikan jus. 
  • Tambahkan madu sebanyak dua sendok teh, dan aduk rata. 
  • Jus ini mengobati infeksi usus, luka lambung, dan penyakit lever.

4. Khasiat Daun Maja Untuk Pengobatan Darah Tinggi 

  • Ambil beberapa lembar daun maja, kemudian cuci bersih.
  • Daun segar dijadikan jus dan tambahkan madu secukupnya.
  • Aduk merata dan minum setiap hari di pagi hari.

5. Cara Mengolah Buah Maja Untuk Mengatasi Mual & Muntah Selama Kehamilan

  • Siapkan buah maja yang masih mentah dan segar. 
  • Kemudian ambil dagingnya sebanyak satu sendok teh.
  • Makan dua kali sehari selama kehamilan untuk mengatasi nyidam berlebihan.

6. Khasiat Buah Maja Untuk Meningkatkan Konsentrasi

  • Ambil buah maja yang sudah matang. 
  • Campuran dengan mentega tawar dan gula.
  • Makan setiap hari, setidaknya sehari sekali.

7. Resep Khasiat Buah Maja Mengobati Anemia

  • Ambil buah yang sudah kering.
  • Campurkan dengan segelas susu sapi.
  • Diminum dua kali setiap hari.

Tanaman ini diperkaya dengan antioksidan tinggi yang mampu mencegah penyakit kanker. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa tanaman maja dapat diandalkan sebagai bahan herba alami. Manfaat buah maja dan kumpulan tips berbagai resep serta khasiat buah maja telah dibuktikan selama ribuan tahun di India. Terlebih legenda tanaman ini juga terkenal dari legenda wujud seorang Dewi.


Referensi

Cara Mengolah Buah Maja, Resep Daun Dan Khasiatnya Cara Mengolah Buah Maja, Resep Daun Dan Khasiatnya Reviewed by Suzy Amelya on 10/05/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.