Cara Mengobati Panas Dalam Pada Tenggorokan Dengan Mudah



Semua orang dipastikan pernah mengalami panas dalam, dimana tubuh manusia mengalami panas yang berlebihan. Keadaan ini umumnya terjadi pada orang yang mengalami gangguan sistem pencernaan. Ada pula panas dalam karena disebabkan ketidak seimbang makanan yang bersifat panas dan dingin. Ataupun bahan makanan yang mengadung kimia yang tidak sesuai dengan kulit bagian dalam tubuh. Ada berbagai cara mengobati panas dalam pada tenggorokan yang sakit, bahkan disertai radang.

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Tenggorokan

Umumnya gejala panas dalam tidak terlihat secara fisik, suhu tubuh penderita tampak normal. Hal ini disebabkan karena kekurangan vitamin C, kekurangan serat dan kurang cairan tubuh (dehidrasi). Bisa saja karena bahan kimia yang terkandung dalam makanan, seperti gorengan dan makanan pedas atau berlemak. Cuaca panas berlebihan juga dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga mengalami panas dalam. Penyebab lain karena faktor lingkungan dan faktor emosional, seperti stres, daya tahan tubuh menurun, dan hormon tidak stabil.

Beberapa gejala pada tubuh dapat terlihat, misalnya gangguan pada mulut seperti seriawan, bau mulut, dan bibir pecah-pecah. Karena gangguan pencernaan, gangguan tenggorokan seperti batuk, dan tubuh kehilangan daya tahan tubuh. Infeksi bakteri juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan dan radang tenggorokan. Infeksi pada tenggorokan dan amandel yang disebabkan bakteri kelompok A Streptococcus. Sekitar 40 persen sakit tenggorokan dan radang terjadi pada anak-anak. Tonsilitis, dan infeksi menular seksual seperti gonore dan klamidia, keduanya dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

Udara kering bisa menyedot kelembaban dari mulut dan tenggorokan, dan membuat tenggorokan kering dan gatal. Zat kimia lain yang dapat mengiritasi tenggorokan termasuk rokok dan asap tembakau. Bahkan polusi udara dan produk pembersih, serta bahan kimia lainnya. Cedera juga bisa menyebabkan rasa sakit di tenggorokan, misalnya tertelan duri ikan sehingga mengakibatkan peradangan.

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Tenggorokan


Untuk mengatasinya, cara mengobati panas dalam pada tenggorokan yang sakit meradang dapat menggunakan ramuan herba dari umbi ganyong. Nama latin tanaman ini disebut Canna indica, telah dibudidayakan oleh suku-suku Amerika selama ribuan tahun. Adapun cara mengolah tanaman ganyong adalah sebagai berikut: 
  1. Ambil 30 gram umbi ganyong, cuci bersih dan di iris-iris.
  2. Tambahkan 30 gram rimpang temu lawak.
  3. Masukkan kedalam 700 ml air bersih, dan direbus sampai mendidih selama 15 menit. 
  4. Ramuan ini diminum hangat sebanyak 2 kali sehari.      

Baca juga:

Penyakit lain yang juga dapat menyebabkan panas dalam diantaranya gastroesophageal reflux (GERD). Asam dari lambung kembali ke kerongkongan dan mengeluarkan makanan yang telah masuk. Asam membakar kerongkongan dan tenggorokan, menyebabkan gejala seperti sakit maag. Penyebab lain karena penyakit tumor tenggorokan, pita suara, atau radang lidah. Jika panas dalam tenggorokan merupakan pertanda kanker, ini tidak akan hilang dalam beberapa hari.

Referensi

  • The Gardener's Guide to Growing cannas. Publish by Timber Press, 2001. 
Cara Mengobati Panas Dalam Pada Tenggorokan Dengan Mudah Cara Mengobati Panas Dalam Pada Tenggorokan Dengan Mudah Reviewed by Suzy Amelya on 10/20/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.