Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal Di Kepala



Rambut yang cantik belum tentu sehat, apalagi pria yang mempunya rambut hitam tetapi sering menggaruk kepala. Masalah rambut seperti ketombe (Pityriasis Capitis) merupakan pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit mati ini secara alami terkelupas, tetapi sebagian orang mengalami penglupasan secara terus menerus disertai iritasi. Banyak orang mencoba berbagai cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal di kepala, umumnya dengan shampo dan pengobatan khusus.

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal

Ada beberapa penyebab ketombe dan cara menghilangkannya dikepala. Ciri ciri ketombe akut disertai iritasi yang disebabkan penyakit psoriasis, seborrhoeic dermatitis, infeksi jamur, bahkan kutu rambut. Yang hampir tidak bisa dihindari adalah menggaruk kepala, rasa gatal ini bisa membuat iritasi dan kerusakan kulit. Terkadang shampo ketombe paling bagus tidak dapat mengatasi permasalahan ini. Ketombe berkerak disertai bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus. Beberapa orang bahkan mencoba cara menghilangkan ketombe dengan garam, dan mencari obat ketombe parah di apotik. Tetapi umumnya mereka tidak mengetahui permasalah kulit tanpa berkonsultasi dengan ahlinya (dokter/spesialis).

Sel-sel epidermal terdorong keluar yang pada akhirnya mati dan terkelupas dari kepala. Pengelupasan ini terlalu kecil dan tidak terlihat mata, tetapi kondisi tertentu menyebabkan pergantian sel terlalu cepat. Penderita mengalami pergantian sel-sel kulit sekitar dua minggu sekali, sedangkan siklus normal berlangsung sebulan sekali. Sel-sel kulit mati akan terlepas dan menumpuk sehingga tampak serpihan-serpihan kecil berwarna putih.

Infeksi bakteri merupakan risiko terbesar penderita ketombe. Umumnya wanita merasa tidak percaya diri sehingga isu sosial menghantui dirinya. Nenek moyang kita telah menerapkan dan mengajarkan cara menghilangkan ketombe membandel di kepala denggan daun inggu. Ekstrak tanaman inggu biasanya digunakan untuk mengobati mata dan obat nyamuk. Tanaman ini mengandung antispasmodik, mengatasi masalah menstruasi, abortifacient, dan obat penenang.

Ciri-ciri daun inggu tampak bipinnate (menyirip) tiga kali lipat, daunnya berbulu dan berwarna hijau atau biru-hijau. Bungan tanaman ini berwarna kuning, terdiri dari 4 hingga 5 kelopak bunga dengan diameter sekitar 1 cm. Buah inggu berupa kapsul 4 hingga 5 lobed yang mengandung banyak biji.

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel


Adapun cara mengatasi ketombe dan gatal, obat alami menghilangkan ketombe membandel di kepala secara tradisional sebagai berikut:
  1. Siapkan 3 sampai 5 lembar daun inggu. 
  2. Ditambah rimpang kunyit seukuran 1 ruas jari.
  3. Seluruh herba dipipis hingga berbentuk pasta. 
  4. Gunakan pasta untuk membasahi rambut dengan air, dan garuklah ketombe dengan lembut. Atau dengan sisir secara perlahan. 
  5. Jika sudah terkelupas, cuci rambut dengan sampo biasa yang sesuai dengan kulit. Lakukan pengobatan ini selama 4 hari.

Baca juga:

Ciri ciri ketombe akut pada penderita dermatitis seboroik tampak kemerahan dan rasa gatal juga sering terjadi di sekitar lipatan hidung dan alis. Terjadi lesi kering, tebal, sisik keperakan besar bisa saja terjadi pada penyakit psoriasis. Peradangan ditandai dengan kulit kemerahan, kulit terasa panas dan nyeri, disertai pembengkakan kulit.

Referensi

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal Di Kepala Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal Di Kepala Reviewed by Suzy Amelya on 10/27/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.