Resep Obat Infeksi Usus Tradisional Dari Daun Sendok



Radang usus atau insfeksi usus, salah satu penyakit berbahaya jika perawatannya tidak ditanggapi serius. Salah satu resep obat infeksi usus tradisional dapat dibuat dari herba daun sendok. Selama ribuan tahun orang-orang Eropa dan Asia telah menggunakan daun sendok untuk mengobati luka luar dan dalam tubuh. Daun sendok, nama latin tanaman adalah Plantago Mayor, termasuk spesies tanaman berbunga dari famili Plantaginaceae. Tanaman ini berasal dari Eropa, Asia Utara dan Tengah, kemudian berkembang keseluruh dunia. 

Resep Obat Infeksi Usus Tradisional

Nama lain tanaman daun sendok di Jawa disebut Ki Urat Ceuli, Ceuli uncal (Sunda), Meloh kiloh, Otot-ototan, dan Sangka buwah. Juga sering disebut Sembung otot, Suri panduk, Daun urat, Ekor angin, dan Kuping menjangan (Melayu). Penduduk Minahasa menyebut tanaman ini sebagai tanaman Torongoat. Tanaman Plantago saat ini tersebar luas di seluruh dunia dan digunakan sebagai bahan herba. Ramuan obat daun sendok mampu menyembuhkan luka, sengatan, penyembuhan dan mencegah infeksi luar dan dalam tubuh. 

Radang usus disebabkan inflamasi atau peradangan dan biasanya terdiri dari dua jenis penyakit. Kondisi ini disebabkan peradangan kronis pada sistem pencernaan karena reaksi keliru dari sistem kekebalan tubuh. Dua jenis radang usus adalah kolitis ulseratif, peradangan kronis pada usus besar. Dan penyakit Crohn, peradangan dari mulut hingga ke anus (seluruh sistem pencernaan). Gejala radang usus pada umumnya:
  1. Sakit pada bagian perut yang menimbulkan rasa nyeri, dan perut terasa mual.
  2. Nafsu makan penderita inflamasi berkurang dan menyebabkan penurunan berat badan. Sistem usus tidak mampu mencerna dan menyerap nutrisi dengan baik.
  3. Tinja berwarna gelap kehitaman, bercampur darah, terkadang disertai diare.
  4. Tubuh mudah lelah dan mengalami demam.

Menurut studi, daun sendok mengandung senyawa kimia aktif Aucubin (anti-mikroba). Juga senyawa Allantoin untuk merangsang pertumbuhan sel dan regenerasi jaringan, dan lendir untuk mengurangi rasa sakit. Senyawa lain diantaranya ursolic acid, flavonoid, dan asperuloside. Ekstrak tanaman dan manfaat daun ki urat untuk penyembuhan luka, anti-inflamasi, analgesik, antioksidan, antibiotik lemah, immuno modulasi dan aktivitas antiulklerogenik.

Resep Obat Infeksi Usus Tradisional


Adapun cara mengolah daun ki urat, resep obat infeksi usus tradisional juga bisa digunakan untuk mengobati Hepatitis sebagai berikut:
  1. Ambil segenggam daun sendok segar.
  2. Ditambah 7 rimpang temu lawak segar, ditambah segelas air.
  3. Sangrai rimpang temu lawak, kemudian dicampur dengan daun sendok dan dipipis.
  4. Ramuan ini diminum seperempat cangkir, sekali sehari. 
  5. Lakukan secara rutin selama 7 sampai 14 hari.

Radang usus jika dibiarkan akan menimbulkan komplikasi penyakit. Diantaranya tukak pada mulut, usus halus dan juga anus. Juga menyebabkan obstruksi usus, kanker colon (usus besar), malnutrisi, pendarahan dalam dan luka pada dinding anus. Jika penanganan dengan obat-obatan medis dan tradisional tidak mampu, maka diperlukan operasi.
Resep Obat Infeksi Usus Tradisional Dari Daun Sendok Resep Obat Infeksi Usus Tradisional Dari Daun Sendok Reviewed by Suzy Amelya on 9/17/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.