Pengobatan Tradisional Amandel Kronis Tanpa Operasi



Banyak orang yang pernah mengalami radang amandel, salah satu penyakit yang mengganggu sehingga sulit memakan. Radang amandel atau tonsillitis merupakan infeksi pada amandel yang mengakibatkan sakit tenggorokan dan demam. Sering kali peradangan akut, sehingga beberapa orang melakukan pengobatan tradisional amandel kronis tanpa operasi. Obat ini berupa ramuan yang dipilih dari herba pilihan nusantara.

Pengobatan Tradisional Amandel Kronis Tanpa Operasi

Radang amandel akut ditandai dengan nyeri ketika menelan makanan, dan sering disertai demam. Berbeda dengan kondisi yang sudah menahun, gejala ini tidak nyeri menelan tetapi ukurannya cukup besar dan sulit menelan. Pembedahan radang amandel berdasarkan atas dua indikasi yaitu harus dibedah dan tidak mutlak. Secara medis juga tersedia obat-obatan agar pasien tidak menjalani operasi amandel. 

Radang amandel akut biasanya disebabkan oleh bakteri dan virus. Terkadang disertai gejala sakit telinga saat menelan, bau mulut, air liur, radang tenggorokan dan demam. Permukaan amandel tampak merah meradang, ditandai dengan lapisan kuning atau putih keabu-abuan. Penderita akan mengalami pembengkakan pada leher, sulit menelan makanan, batuk, hiang tersumbat dan sakit kepala. Gejala ini terkadang bisa berlangsung selama seminggu, bahkan bisa lebih parah jika dibiarkan tanpa pengobatan.

Beberapa penyebab yang paling umum berupa virus pilek, virus Epstein-Barr, herpes simpleks, Cytomegalovirus, ataupun HIV. Dalam kondisi sehat, penyebab paling umum berasal dari bakteri. Virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan mulut, kemudian berada di amandel dan melakukan penyerangan. Jika sistem kekebalan tubuh tidak kuat, maka menyebabkan demam dan peradangan tonsil. Radang amandel juga dapat mengakibatkan radang tenggorokan dan infeksi faring. 

Pengobatan Tradisional Amandel Kronis


Sejak dahulu para orang tua kita menggunakan beberapa ramuan tradisional untuk menyembuhkan radang tonsil. Ramuan ini telah turun temurun diajarkan kepada kita sehingga tidak perlu melakukan operasi. Khasiat daun duduk digunakan untuk mengobati penyakit wasir, mengobati radang tenggorokan, radang usus, TBC tulang, gondongan, mengobati pegal linu dan rematik. Telah lama dipercaya mampu mengatasi berbagai radang disekitar tenggorokan, termasuk amandel. 

Pengobatan tradisional amandel kronis dapat menggunakan ramuan herba berikut ini:
  1. Siapkan 7 lembar daun duduk segar.
  2. Ditembah 2 lembar daun sirih segar, segenggam daun pegagan segar, 5 rimpang kunci pepet.
  3. Seluruh herba dicampur kedalam segelas air, kemudian dipipis. 
  4. Gunakan ramuan ini untuk berkumur 2 kali sehari sebanyak setengah gelas. 
  5. Lakukan setiap pagi dan sore, hingga amandel berkurang dan sembuh.


Daun duduk dan khasiatnya sebagai antipiretik, anti-inflamasi, anti-parasitoid, stomakik dan diuretik. Kandungan kimia daun duduk diantaranya senyawa saponin, flavonoida dan tanin. Ramuan daun duduk berasa sedikit pahit dan sejuk di mulut. 
Pengobatan Tradisional Amandel Kronis Tanpa Operasi Pengobatan Tradisional Amandel Kronis Tanpa Operasi Reviewed by Suzy Amelya on 9/22/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.