Obat Tradisional Gangguan Pencernaan Untuk Anak Dan Dewasa



Hampir semua orang pernah mengalami gangguan pencernaan, walaupun terkadang datang sesekali tapi menyakitkan. Gejala ini dapat diatasi dengan obat tradisional gangguan pencernaan yang telah digunakan selama ratusan tahun. Nenek moyang kita telah mempersiapkan beberapa herba yang dapat membantu meringankan dan menghilangkannya. Umumnya berasal dari bahan herba yang udah ditemukan di dapur dan lingkungan sekitar kita.

Obat Tradisional Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan bisa mempengaruhi satu atau beberapa organ sistem pencernaan secara bersamaan. Jadi tidak heran, jika seseorang mengalami sakit pada lambung, juga terkadang menderita sakit pada tenggorokan. Sistem pencernaan manusia memanjang mulai dari mulut hingga ke anus, sehingga ada banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Alur pencernaan ini dimulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, rektum, dan anus. Beberapa organ lain yang mendukung sistem pencernaan diantaranya hati, pankreas, dan kandung empedu. 

Gangguan pencernaan yang paling umum adalah penyakit maag atau refluks gastroesofagus. Kondisi ini menyebabkan asam lambung naik ke atas kerongkongan, dapat menyebabkan radang tenggorokan dan radang lambung. Penyakit ini harus ditangani serius, apabila tidak maka bisa memunculkan penyakit lain seperti typus.

Gangguan pencernaan juga dapat disebabkan keracunan makanan. Keracunana dapat menyebabkan rasa mual dan muntah, nyeri lambung, dan gangguan BAB seperti diare. Keracunan tidak hanya disebabkan oleh bahan berbahaya, tetapi juga karena bakteri yang masuk kedalam pencernaan. Misalnya bakteri Salmonela dan E.Coli. Jenis makanan biasanya tidak dicuci bersih dan tidak dimasak, misalnya buah dan sayur lalapan. Kedua sumber makanan ini paling banyak menyimpan racun pestisida dan bakteri dari pupuk kompos.

Penyakit usus buntu merupakan peradangan dan pembengkakan pada usus buntu. Gejala ini menimbulkan rasa sakit di perut bawah sebelah kanan. Penyakit ini disebabkan oleh penyumbatan pintu masuk usus buntu oleh kotoran dan pembengkakan kelenjar getah bening. 

Beberapa orang menderita penyakit batu empedu, peradangan kantong empedu karena batu kristal yang terbentuk dari kolesterol. Kristal ini menyumbat saluran empedu sehingga menimbulkan rasa nyeri hebat di perut secara tiba-tiba. Gejala ini juga menyebabkan demam tinggi dan penyakit kuning. Umumnya diderita oleh orang yang mengalami obesitas berusia diatas 40-an tahun.

Selain itu, gangguan pencernaan juga disebabkan oleh penyakit wasir. Penyakit wasir merupakan pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus. Beberapa resep obat tradisional penyakit wasir telah diulas pada halaman yang lalu.

Ramuan Obat Tradisional Gangguan Pencernaan


Adapun ramuan obat tradisional gangguan pencernaan, tanaman herbal untuk pencernaan untuk lambung antara lain adalah sebagai berikut:

1. Obat Pencernaan Untuk Dewasa Dan Anak Dari Daun Seribu (Achillea millefolium)

  1. Ambil daun Seribu, haluskan hingga menjadi 1 sendok makan. 
  2. Tambahkan 1 sendok makan madu
  3. Campur keduanya hingga merata
  4. Ramuan ini diminum sehari 3 kali, dan hendaknya dibantu dengan makan buah pepaya.

2. Obat Pencernaan Anak Dan Dewasa Dari Cabai Jawa (Piper retrofractum Vahl)

  1. Ambil 6 gram buah mentah dan kering, ditambah madu secukupnya.
  2. Haluskan buah cabe jawa dan campurkan madu.
  3. Ramuan ini diminum setiap hari.
  4. Selain mengatasi gangguan pencernaan, juga dapat digunakan untuk obat bronkhitis, batuk, dan asma. Juga sebagai obat ayan (epilepsi) dan demam setelah melahirkan.

3. Obat Tradisional Gangguan Pencernaan Dari Daun Komfrey (Symphytum officinale L.)

  1. Ambil 4 lembar daun segar, lemaskan dengan garam dan dicuci. Kemudian dilalap sehari 2 kali. 
  2. Cara lain: 4 lembar daun segar di juice dan diminum 2 kali sehari.
  3. Atau dengan cara ini: 4 lembar daun segar direbus kedalam 4 gelas air hingga menjadi 3 gelas air. Minum air rebusan 2 kali sehari.
  4. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengobati Pneumonia, asma, batu ginjal, kencing darah, gangguan empedu. Juga dapat mengobati tumor dan kanker, ambeien dan pruritus (gatal dan ruam), diare, anemia, waniat mandul dan rematik.

Perhatikan perubahan ketika mengkonsumsi ramuan obat tradisional gangguan pencernaan. Jika dalam 3 hari tidak ada perubahan sama sekali, segera periksa kesehatan ke dokter. Penyebab gangguan pencernaan bisa saja karena tumor atau kanker. Dan ramuan yang digunakan untuk kanker bisa menggunakan herba dari daun Komfrey. 
Obat Tradisional Gangguan Pencernaan Untuk Anak Dan Dewasa Obat Tradisional Gangguan Pencernaan Untuk Anak Dan Dewasa Reviewed by Suzy Amelya on 9/14/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.