Manfaat Tanaman Jalaran Api Untuk Kesehatan Kulit Wanita



Tanaman ini tidak hanya indah sebagai hiasan di pagar Anda, tetapi juga berkhasiat dalam pengobatan. Jalaran api adalah spesis Pyrostegia Venusta, nama populer tanaman ini disebut Flamevine atau Orange Trumpetvine. Merupakan genus Pyrostegia, keluarga Bignoniaceae yang berasal dari Brasil dan menyebar keseluruh dunia. Adapun manfaat tanaman jalaran api untuk kesehatan telah lama digunakan oleh orang-orang Amerika Selatan. Sangat ampuh mengatasi permasahan kulit dan pernafasan.

Manfaat Tanaman Jalaran Api

Tanaman jalaran api digunakan orang-orang Brazil sebagai obat tradisional selama ratusan tahun. Manfaat tanaman jalaran api dianggap sebagai sumber alami antioksidan, mengandung senyawa phytochemicals. Juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk penghambat radikal bebas. Beberap penelitian telah menggunakan spesis ini sebagai salah satu sumber potensial untuk produk farmasi. 

Menurut penelitian, isolasi asam oleanolic terdapat pada bagian atas tanaman dan bunga. Tanaman jalaran api bermanfaat sebagai sitotoksik, antitumer, antioksidan, anti-inflamasi, anti-HIV, asetil cholinesterase. Alphaglucosidase, antimikroba, hepatoprotektif, anti-inflamasi, antipruritic, aktivitas spasmolitik. Juga untuk aktivitas anti-angiogenik, antiallergic, antiviral dan imunomodulator. Selain itu terdapat senyawa Acacetin- 7-O-ß-glukopiranosida dan ß-sitosterol. Senyawa ini terdapat pada bunga, akar dan bagian atas tanaman jalaran api yang menunjukkan aktivitas anti-inflamasi.

Kandungan senyawa kimia tanaman jalaran api (keluarga Bignoniaceae) umumnya adalah Naphthoquinones. Jenis senyawa lapachol, iridoid glucosides, alkaloid, flavon, triterpen, polifenol, tanin dan minyak biji. Pyrostegia C.Presl (Bignoniaceae) merupakan salah satu genus dari empat spesies yang seluruhnya berasal dari Amerika Selatan. Termasuk spesis Pyrostegia venusta (Ker Gawl.) Miers, tanaman hias yang populer di dunia dan dibudidayakan di seluruh daerah tropis. Tanaman ini berasal dari Cerrado Brasil, yang disebut Cipo-desao-joao.

Manfaat Tanaman Jalaran Api


Ekstrak tanaman dapat digunakan dalam pengobatan penyakit kulit yang berbeda. Sangat memungkinkan dalam pengelolaan penyembuhan luka untuk kulit tropis. Sifat penyembuhan berkaitan dengan aktivitas senyawa asam oleanolic yang telah teruji secara klinis. Beberapa manfaat tanaman jalaran api untuk kesehatan adalah sebagai berikut: 
  1. Jalaran api dapat digunakan dalam pengobatan penyakit hipopigmentasi seperti vitiligo atau leukoderma, melalui stimulasi melanogenesis. 
  2. Mengobati penyakit kulit yang umum terjadi di iklim tropis. 
  3. Dapat mempercepat proses penyembuhan luka.
  4. Dapat mengobati penyakit umum pada sistem pernafasan yang terkait dengan infeksi. Termasuk batuk, sesak nafas, bronkitis, flu dan demam. 
  5. Bermanfaat dalam pengobatan sakit perut dan diare.
  6. Manfaat tanaman jalaran api dapat membantu mengurangi gejala menopause.

Spesis pyrostegia venusta dianggap sangat berpotensi dalam farmakologis dan menjanjikan. Terutama dalam pengobatan penyakit kulit dan penyakit pernafasan. Bunga jalaran api yang berwarna orange memproduksi nektar lebih tinggi dibandingkan bunga berwarna kuning. Pada bunga terdapat kandungan sukrosa dan asam amino yang lebih tinggi, serta konsentrasi karotenoid yang lebih tinggi pada kelopak. Warna kelopak orange dan kuning pada tanaman ini disebabkan oleh senyawa karotenoid.

Referensi

Manfaat Tanaman Jalaran Api Untuk Kesehatan Kulit Wanita Manfaat Tanaman Jalaran Api Untuk Kesehatan Kulit Wanita Reviewed by Suzy Amelya on 9/30/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.