Manfaat Dan Khasiat Daun Ki Urat Untuk Pengobatan



Daun Ki Urat, nama latin tanaman adalah Plantago Mayor, termasuk spesies tanaman berbunga dari famili Plantaginaceae. Tanaman ini berasal dari Eropa, Asia Utara dan Tengah, kemudian berkembang keseluruh dunia. Manfaat dan khasiat daun Ki Urat atau daun sendok dapat selama ribuan tahun digunakan untuk mengobati penyakit. Nama lain daun sendok di Jawa disebut Ki Urat Ceuli, Ceuli uncal (Sunda), Meloh kiloh, Otot-ototan, dan Sangka buwah. Nama daerah daun sendok juga disebut Sembung otot, Suri panduk, Daun urat, Ekor angin, dan Kuping menjangan (Melayu). Penduduk Minahasa menyebut tanaman ini sebagai tanaman Torongoat. 

Manfaat Dan Khasiat Daun Ki Urat

Tanaman Plantago saat ini tersebar luas di seluruh dunia dan digunakan sebagai bahan herba. Ramuan obat daun sendok mampu menyembuhkan luka, sengatan, penyembuhan dan mencegah infeksi luar dan dalam tubuh. Menurut studi, manfaat dan khasiat daun Ki Urat mengandung senyawa kimia aktif Aucubin (anti-mikroba). Juga senyawa Allantoin untuk merangsang pertumbuhan sel dan regenerasi jaringan, dan lendir untuk mengurangi rasa sakit. 

Kandung daun sendok berupa senyawa ursolic acid, flavonoid, dan asperuloside. Kegunaan daun Ki urat bermanfaat untuk penyembuhan luka, anti-inflamasi, analgesik, antioksidan, antibiotik lemah, immuno modulasi dan aktivitas antiulklerogenik.

Manfaat Dan Khasiat Daun Ki Urat


Adapun manfaat dan khasiat daun ki urat (Plantago Mayor) untuk kesehatan tubuh dan penyembuhan adalah sebagai berikut:

  1. Daun sendok mengandung kalsium, vitamin A, C, dan K yang cukup tinggi. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sebagai lalapan ataupun dijadikan sayur rebusan. 
  2. Akar daun sendok secara tradisional digunakan untuk mengobati luka. 
  3. Akar tanaman bermanfaat untuk menurunkan demam berkepanjangan.
  4. Akar juga bermanfaat untuk mengobati infeksi saluran pernafasan.
  5. Tanaman ini bersifat astringent yang dapat digunakan untuk mengobati diare dan memperbaiki selaput internal.
  6. Daun sendok digunakan sebagai tapal untuk mengobati sengatan hewan.
  7. Senyawa mucilage pada tanaman ini bersifat menenangkan.
  8. Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dapat membantu pengembalian nutrisi yang hilang akibat diare.
  9. Biji ataupun bunga daun sendok berkhasiat sebagai pelembab, peluruh efektif, dan menyembuhkan sakit atau radang tenggorokan.
  10. Senyawa Aucubin pada daun sendok menyebabkan ekskresi asam urat meningkat dari ginjal. Sangat berguna untuk mengobati asam urat.
  11. Daun sendok dapat digunakan sebagai anti radang, peluruh dahak, menghentikan batuk.
  12. Daun sendok juga berkhasiat untuk melancarkan air seni dan kandung kemih. 
  13. Tanaman ini bisa digunakan untuk memperbaiki penglihatan, memyehatkan mata. 
  14. Manfaat dan khasiat daun ki uratt untuk menormalkan aktivitas hati yang berlebihan.


Ciri-ciri daun sendok dapat dengan mudah ditandai di lingkungan. Spesis ini merupakan tanaman gulma yang biasanya tumbuh liar di perkebunan teh dan karet. Tempat tumbuh daun sendok juga liar di hutan, ladang kosong, halaman berumput yang agak lembap. Daun sendok tumbuh subur hingga di ketinggian 3300 mdpl, tinggi tanaman sekitar 15 hingga 20 cm. Ciri-ciri daun sendok tunggal berwarna hijau, berbentuk bulat telur melebar. Ukuran panjang daun 5 hingga 10 cm, lebar 4 hingga 9 cm. Ciri-cir tepi daun tampak rata atau bergerigi kasar dan tidak teratur.

Plantago Mayor, image courtesy of Wikimedia Commons
Manfaat Dan Khasiat Daun Ki Urat Untuk Pengobatan Manfaat Dan Khasiat Daun Ki Urat Untuk Pengobatan Reviewed by Suzy Amelya on 9/15/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.