Cara Mengolah Kembang Sepatu Menjadi Obat Dan Teh



Beberapa orang menanam kembang sepatu didepan rumahnya sebagai hiasan dengan beragam warna. Dalam bahasa latin tanaman ini disebut Hibiscus Rosa-sinensis, termasuk tanaman berbunga suku Hibisceae dari keluarga Malvaceae. Secara tradisional, di India digunakan untuk perawatan rambut, dan digunakan dalam pengobatan Ayurveda. Ada beberapa cara mengolah kembang sepatu menjadi obat dan teh herbal menurut tradisi turun menurun.

Cara Mengolah Kembang Sepatu

Tradisi Ayurveda menyebut kembang sepatu sebagai Japa Pushpa, tanaman ini diperkaya dengan antioksidan, vitamin C. Mengandung asam linoleat, flavonoid, antosianin, asam malat dan pektin. Kembang sepatu digunakan dalam pengobatan penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Banyak digunakan dalam kondisi ginekologis seperti pendarahan. Kandungan kimia bersifat anti-hemorrhagic yang efektif untuk mengobati keputihan abnormal (leukorrhea) dan meredakan nyeri haid.

Cara Mengolah Kembang Sepatu


Tradisi terdahulu telah mewariskan kepada kita cara membuat ramuan untuk perawatan kesehatan. Cara-cara ini telah diajarkan secara turun temurun sejak ribuan tahun yang lalu. Ramuan herba kembang sepatu kali ini dapat digunakan dengan mudah dirumah. Ada tiga cara pengolahan kembang sepatu menjadi herba bermanfaat, yaitu:

1. Teh Kembang Sepatu

Teh kembang sepatu dapat digunakan untuk mengatasi wasir, gangguan kencing, insomnia dan kelainan kulit. Cara pembuatannya sebagai berikut:
  1. Siapkan 5 kelopak bunga kembang sepatu, atau setengah sendok teh yang sudah jadi bubuk.
  2. Rebus kedalam segelas air dan tunggu selama 2 menit hingga mendidih. 
  3. SBiarkan hingga air menjadi hangat, kemudian saring.

2. Konditioner Rambut Kembang Sepatu

Tanaman ini berkhasiat sebagai konditioner rambut, minyak rambut alami untuk mengatasi ketombe. Juga mengatasi kulit kepala gatal, rambut rontok, prematur uban. Cara mengolah kembang sepatu menjadi obat rambut sebagai berikut:
  1. Rendam 10 kelopak bunga kembang sepatu kedalam 500 ml atau 2 gelas air dalam semalam. 
  2. Keesokan paginya, remas bunga dengan tangan dan saring airnya. 
  3. Oleskan air yang disaring ke rambut, dan tutupi rambut dengan handuk. 
  4. Biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

3. Bubuk Kembang Sepatu

Kembang sepatu juga dapat dijadikan bubuk untuk persediaan herbal. Manfaatnya hampir sama dengan teh kembang sepatu. Cara mengolah kembang sepatu menjadi obat bubuk:
  1. Keringkan 20 hingga 30 kembang sepatu di tempat teduh.
  2. Setelah kering kemudian giling menjadi bubuk halus, dan simpan kedalam wadah kedap udara. 
  3. Cara mengkonsumsi: ambil setengah sendok teh bubuk, tambahkan dengan sedikit madu. Lakukan dua kali sehari untuk meningkatkan kadar hemoglobin darah.

Efek samping kembang sepatu dapat menyebabkan rahim tidak subur atau dapat berguna untuk kontrasepsi. Sangat sedikit efek yang ditimbulkan karena mengkonsumsi kembang sepatu, tetapi alergi juga perlu diperhatikan.

Referensi

  • Plant Myths and Traditions in India, by Shakti M. Gupta. Publish by E.J.Brill,Laden, Netherlands, 1971.
  • Hibiscus rosa-sinensis L, image courtesy of Wikimedia Commons.
Cara Mengolah Kembang Sepatu Menjadi Obat Dan Teh Cara Mengolah Kembang Sepatu Menjadi Obat Dan Teh Reviewed by Suzy Amelya on 9/27/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.